Artikel Terbaru

List Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang, Lebih Bagus Mana sih?

Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang


Berhubung semua aplikasi menulis yang menghasilkan uang sudah saya review atau sudah saya ulas semuanya di blog ini, lantas pada artikel ini saya ingin membandingkan semuanya, dan kemudian berpendapat: lebih bagus aplikasi yang mana?

Saya yakin bahwa, kalian setidaknya sudah tahu beberapa aplikasi menulis cerita yang dapat memberikan uang. Entah itu mengetahuinya dari teman sesama penulis, dari media sosial, dari grup penulisan, dan masih banyak lagi.

Perlu digarisbawahi dulu bahwa, tujuan saya membagikan artikel ini untuk ngasih panduan dan arahan saja kepada penulis pemula yang mungkin ingin mencoba meraih peruntungan di dunia menulis online. Juga, tujuan lainnya adalah, ingin berbagai perspektif saja selama saya berkarir di aplikasi menulis.

Begini.

Sebagai perkenalan, katakan lah saya adalah salah satu novelis yang sudah kenyang menulis cerita di beberapa platform menulis online. Saya sudah paham betul keunggulan dan kekurangan pada sebuah aplikasi menulis.

Terlebih lagi, saya memiliki data yang cukup akurat terkait kiblat orang-orang yang menulis novel online kini lebih banyak menulis di aplikasi mana?

Hal itu tentu dapat saya pastikan dari pembaca blog ini. Atau lebih tepatnya, dari pembaca artikel terkait ulasan-ulasan aplikasi menulis yang sudah saya publish.

Baik.

Langsung saja, berikut list aplikasi menulis cerita/novel dari yang terbaik ulasannya, dari yang terbanyak jumlah penulisnya, hingga aplikasi yang mendapatkan ulasan terburuk.


Aplikasi menulis yang menghasilkan uang

1. Aplikasi GoodNovel

Jumlah pembaca postingan GoodNovel di blog ini hingga detik ini sudah mencapai 20 ribu orang. Hampir tiap hari saya di-dm oleh penulis-penulis baru di ig karena artikel tersebut tayang di halaman dan posisi pertama Google.

Mereka menanyakan tentang kontrak di GoodNovel, lalu menanyakan tentang kepastian naskahnya (padahal saya bukan editornya), mereka menanyakan juga apakah saya masih menulis di GoodNovel?

Lalu, apa jawaban saya? Tidak. Saya sudah tidak menulis lagi di GoodNovel. Ini bukan karena aplikasi GoodNovel sudah jelek, tapi persaingannya semakin ke sini semakin mengerikan.

Nah, ditinjau dari banyaknya persaingan, itu membuktikan bahwa geliat penulis novel yang berkiprah di aplikasi ini sudah sangat banyak. Dan bagaimana komentar mereka ke GoodNovel? Hampir 85% positif.

Mengapa bisa begitu?

Sebab, GoodNovel cukup besar dalam hal menghasilkan uang atau memberikan uang kepada para penulisnya.

Lantas, berapa uang yang diberikan GoodNovel bagi penulis yang lolos naskahnya? Silakan simak artikel berikut: review GoodNovel.

Rate saya untuk GoodNovel: 9/10.

2. Aplikasi NovelMe

NovelMe saya taruh di posisi kedua karena, meski tidak sepopuler GoodNovel, ia justru peminatnya melimpah juga

Banyak komentar-komentar yang masuk ke blog ini terkait artikel NovelMe yang tiga bulan lalu saya posting. Dan wajar saja sih aplikasi menulis ini masih banyak penulisnya karena, uang yang diberikan oleh pihak NovelMe semakin ke sini semakin tinggi.

Ibaratnya, NovelMe adalah platform menulis tersenyap yang pernah saya kenal. Tapi, diam-diam, dia mengembangkan kualitas situs atau platformnya.

Bayaran NovelMe sejauh ini cukup menggiurkan. Kalian tinggal daftar saja, lalu mulai lah menulis di sana. Atau, perhatikan dulu atau baca-baca dulu cerita-cerita yang ditayangkan sama pihak NovelMe. Baru setelah itu, silakan menulis semampu kalian.

Ingat, tulisan yang baik, akan berdampak kebaikan juga pada karir kalian di NovelMe. Untuk informasi lengkapnya, baca artikel saya: Menulis di NovelMe.

Rate saya bagi NovelMe: 8,5/10.

3. Aplikasi NovelToon

NovelToon Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang


Tercatat, ada sekitar 14 ribu orang yang telah membaca ulasan saya tentang NovelToon.

Ini memperlihatkan bahwa ternyata, masih banyak juga orang-orang yang pengin meraup penghasilan di aplikasi ini. Padahal, lumayan banyak juga yang berkomentar buruk terhadap NovelToon.

Salah satu komentar buruk pada aplikasi NovelToon adalah tentang kabar informasi ditolak dan diterima naskah, yakni dikasih kabarnya lama. Atau para penulis novel online bilangnya: ah review-nya lama!

Akan tetapi, meski ada ulasan buruk dari penulis NovelToon, tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi ini masih menunjukkan keseriusannya di jagat aplikasi menulis.

Terbukti, saat ini, pihak NovelToon masih suka beriklan di Google Ads. Masih sering mempromosikan aplikasi ciptaannya.

Jadi, mereka masih serius. Ditambah lagi, uang yang diberikan oleh pihak NovelToon masih lumayan banyak. Plus, persaingan nggak begitu susah banget

So, silakan berkarir saja di NovelToon. Panduan lengkapnya, baca ini: cara menulis di NovelToon.

Rating untuk NovelToon 8/10.

4. Aplikasi Dreame atau Innovel

Dari segi fitur dan tampilannya, aplikasi menulis yang menghasilkan uang ini cukup mudah dipelajari dan simple banget saat diakses. Loadingnya juga cepet, kok!

Hal istimewa pada Dreame adalah hadiah atau uang yang diberikan masih terbilang besar. Lumayan lah buat mengisi kekosongan pada dompet kalian mah.

Terhitung, pada dashbord blog ini, penulis dan pembaca Dreame masih terus mengalami kenaikan yang drastis.

Wajar saja sih aplikasi ini bisa begitu sebab ia bukan hanya menyediakan ruang bagi penulis novel, tapi menyediakan juga bacaan-bacaan yang menarik bagi pembacanya.

Lantas, jika kalian berminat menulis di Dreame, silakan baca artikel saya yang lumayan dapat eksposur: Review Dreame.

Nilai saya untuk aplikasi Dreame: 8/10.

5. Aplikasi Joylada

Saya masih memberikan rate 8/10 untuk Joylada. Bahkan, jika dibandingkan dengan NovelToon dan Dreame, Joy lebih menjanjikan cuannya.

Sebab, saat kita membagikan cerita ke media sosial, lalu ada pembaca yang masuk (padahal dia tidak terdaftar sebagai anggota Joylada), itu tetep dihitung. Sehingga, view cerita bakal dinyatakan bertambah meski pembaca hanya dari sosmed belaka. Itulah enaknya menulis di Joylada.

Selain karena itu, ada banyak tanggapan positif dari penulis dan kontributor Joylada. Hanya saja, sayang, Joy tidak begitu serius dalam mempromosikan aplikasinya.

Coba kalau seperti NovelToon, penulis Joy akan semakin bertambah banyak.

Bagi yang pengin tahu ulasan saya tentang Joylada, kalian dapat membacanya melalui artikel berikut ini: Joylada.

6. Aplikasi Storial.co

Storial Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang


Salah satu aplikasi menulis yang usianya sudah sangat lama, tapi masih aktif sampai saat ini, adalah Storial.co.

Saya rasa, sudah tidak perlu dijelaskan lagi keunggulan aplikasi menulis ini. Dan kini, penulis Storial sudah melimpah luas.

Hanya saja, saya tidak pernah punya pengalaman menulis di Storial. Sebab, penulisnya hebat-hebat. Itu membikin saya insecure setengah mampus.

Untuk penulis pemula, saya tidak menyarankan kalian berkarir di Storial. Lebih baik berkreasi saja di dua aplikasi berikutnya. Dua aplikasi terbaru yang wajib kalian coba. Sebab, keduanya mumpung masih fresh.

Nah berhubung saya belum punya pengalaman menulis di Storial, tapi pernah mewawancarai penulis Storial, dan tanggapan mereka bagus-bagus, maka saya kasih rate 7,5/10.

Silakan baca wawancara saya dengan penulis Storial.co: review Storial.co.

7. Aplikasi Finovel

Awalnya, aplikasi yang satu ini hanya dikhususkan untuk membaca novel saja. Alias, hanya menyediakan novel-novel untuk bacaan pembaca yang mendaftarkan diri di Finovel.

Tapi, kini, Finovel melebarkan sayapnya ke dunia menulis. Alias, mereka menyediakan ruang untuk para penulis.

Dulu, aplikasi ini ramai diperbincangkan banyak orang. Namun, progresnya atau perkembangannya masih belum begitu baik.

Tapi, aplikasi ini benar memberikan uang kepada pembaca dan penulisnya. Untuk itu, aplikasi ini cocok bagi penulis pemula.

Silakan jika berminat menulis di Finovel, langsung saja ke artikel berikut ini: Finovel.

Rate untuk Finovel: 6,5/10.

8. Aplikasi Fictum

Ini adalah salah satu aplikasi menulis yang menghasilkan uang dengan kategori aplikasi terbaru.

Iya, Fictum baru beberapa bulan ini menunjukkan tajinya. Dan saya rasa, mereka sangat serius mempromosikan aplikasinya.

Terlihat, dari iklan yang mereka pasang di Google Ads, lalu dari keaktifan mereka di seluruh media sosial, lalu dari tampilan situsnya yang menarik dan wusss sekali loadingnya. Sehingga, semua ini menjadi kelebihan dari Fictum.

Untuk memahami apa saja keunggulan Fictum, lalu cara daftar untuk menjadi penulis di Fictum, silakan simak artikel lengkapnya di: aplikasi Fictum.

-

Itulah barangkali list aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.