Artikel Terbaru

Pengalaman Menulis di GoodNovel, Berbagi Tips agar Penulis Dapat Banyak Uang

 

Pengalaman Menulis di GoodNovel


Setelah kemarin membahas tentang serbi-serbi menulis di NovelMe, hari ini saya tertarik ingin berbagi tentang pengalaman menulis di GoodNovel yang menurut saya, platform menulis ini keren banget.

Nggak keren gimana coba?

Aplikasi membaca dan menulis yang didirikan di Singapura ini kini menduduki peringkat pertama di Google Play dan App Store, sedangkan secara global ia berada di posisi ketiga sebagai aplikasi novel online paling laris.

Sebagai penulis di GoodNovel, saya bangga banget atas pencapaiannya sejauh ini. Sebab, awalnya, platform menulis yang satu ini nggak begitu dikenal sama para penulis di Indonesia.

Tapi, lihat sekarang, jumlah penggunanya (pembaca dan penulis) makin hari makin terus meningkat. Bahkan, dari dua juta pengguna GoodNovel, 40 persennya berasal dari Indonesia.

Perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya GoodNovel itu sudah ada sejak lama. Saya cek domainnya melalui WHOIS, ia sudah terdaftar sejak 2005 lalu.

Namun, mungkin, karena GoodNovel baru memperluas jaringannya ke Indonesia pada pertengahan 2020 lalu sehingga para penulis di Indonesia agak telat mengetahuinya.

By the way, saat ini GoodNovel memfasilitasi para penulisnya dengan menyediakan delapan bahasa, tentu saja termasuk bahasa Indonesia.

Jadi, bagi penulis yang pernah bertanya kepada saya pada 2020 lalu, “GoodNovel pake bahasa Inggris ya, Kak? Kirain pake bahasa Indonesia” silakan sekarang mah udah bisa menggunakan bahasa Indonesia.

Tips Menulis di GoodNovel


Pengalaman menulis di GoodNovel beserta tipsnya, dan review GoodNovel menurut seorang penulis

Baik lah, mari kita masuk ke pembahasan tentang bagaimana karir saya di GoodNovel? Dan bagaimana komentar penulis aktif di GoodNovel yang saat ini lagi berjuang untuk menghasilkan banyak uang? Lalu apa saja tips menulis dan cara dapat uang dari GoodNovel? 

Mari saya kupas tuntas semuanya di sini. 

*seruput kopi dulu*

Oke, sepertinya saya tidak perlu menjelaskan tentang cara menjadi penulis di GoodNovel. Silakan, untuk menjadi penulis dan menulis di aplikasi ini, tinggal daftar dan menulis aja. Mampir ke: berkarya di GoodNovel.

Yang bakalan saya jelaskan di sini adalah pertama, jika kalian ingin berkarir di GoodNovel hanya karena untuk mendulang penghasilannya aja, rahasianya simple! Yakni, kenali dulu aplikasinya dengan membaca novel-novelnya.

Ada semacam rasa ingin tahu dalam diri kalian tentang GoodNovel, lalu stalking terus, dan perhatikan terus.

Yah, seperti yang kalian lakukan sekarang. Berkunjung ke blog ini karena penasaran: GoodNovel itu apa sih, cara dapetin uangnya gimana, pengalaman orang yang menulis di GoodNovel seperti apa, dan lain-lain.

Pun dengan berkarir di platform menulis, kenali aja dulu platform-nya. Sebab, memang ini langkah awalnya.

Tapi, jika untuk mengenalinya dengan cara tadi, catatannya adalah perhatikan aja dulu novel-novel yang paling banyak peminatnya. Lalu, bikin lah genre novel yang serupa dengan novel tersebut (ini tips pertamanya!).

Saya pun dulu begitu. Ketika novel bergenre romance lagi laku-lakunya, langsung aja fokus nulis novel romance, lalu kirim. Dan, recehan pun mulai masuk ke akun GoodNovel saya.

Bagaimana? Tips pertama ini mudah kalian pahami, kan?

Tips kedua agar penulis dapat uang di GoodNovel, buat lah konsep novel yang unik. Ini sebagai perbandingan dengan novel-novel yang sudah ada.

Kalau novel yang kalian bikin, lagi-lagi, klasik banget, kayak kisah percintaan lalu terjadi perselingkuhan, itu udah banyak banget.

Tapi, ketika kalian membuat konsep novel yang berbeda dengan penulis lain, ini ada kemungkinan dilirik sama pihak GoodNovel. Kalian tahu novel lelaki yang terlihat kaya? Itu konsep novelnya unik banget!

Lantas, contoh novel yang unik itu gimana?

Begini.

Dulu, saya pernah menulis novel dengan tema yang, begini sederhananya: saya ingin punya pasangan yang sefrekuensi, tapi malah punya pasangan yang tidak sefrekuensi dengan saya.

Saking pengin punya pasangan yang sefrekuensi, saya malah jatuh cinta sama sosok saya dalam versi perempuan. Setelah dijalani, ternyata pasangan yang tidak sefrekuensi lah yang dapat melengkapi kekurangan-kekurangan saya.

Kira-kira singkatnya begitu, ini agar terhindar dari spoiler.

Terus, gimana hasilnya?

Pembaca langsung membludak. Sebab, saya mengemas cerita tersebut dengan baik. Dan, alasan banyak dibaca orang karena…perhatikan tips ketiga.

Kualitas tulisan!

Ya, tips menulis di GoodNovel yang ketiga adalah perhatikan kualitas tulisan kalian. Sebab, pihak GoodNovel tidak hanya melihat atau menilai naskah dari jumlah pembaca, tapi tulisan novel yang rapi menjadi nilai plus tersendiri bagi mereka.

Review GoodNovel


Sintya, salah satu penulis aktif di GoodNovel berkomentar tentang platform menulis ini dengan demikian. Terlebih lagi, tim editor GoodNovel, ungkap Sintya, sangat profesional sejauh ini.

Editor GoodNovel sendiri mengulas naskah yang masuk memang sangat baik. Lalu, mereka sering memutuskan jenis kontrak kepada penulis dengan tepat.

Pun dengan para penulis, kita bebas mengajukan kontrak untuk menghasilkan uang dari novel yang sudah kita tulis.

FYI, di Indonesia sendiri, kini sudah ada 3000 penulis aktif di GoodNovel. Dan saya yakin, ini akan terus bertambah seiring dengan kepopulerannya platform menulis ini. Sekarang, sudah banyak penulis yang menghasilkan puluhan ribu dollar di GoodNovel.

Barangkali, itu lah sedikit pengalaman saya di GoodNovel. Dan juga berbagi 3 tips menulis di GoodNovel. Lalu dilengkapi juga dengan review singkat menurut Sintya (Sintya ini sebagai perwakilan penulis GoodNovel yang saya tanya-tanya awal Juli lalu).

Mengenal kontrak eksklusif dan non-eksklusif menulis di GoodNovel beserta keuntungannya

Ada dua opsi untuk menghasilkan uang di GoodNovel, yaitu dengan kontrak eksklusif dan non-eksklusif. Terkait dua jenis kontrak ini, saya akan menyederhanakannya sebagai berikut.

Kontrak eksklusif

Ini adalah jenis kontrak yang diikat oleh GoodNovel. Artinya, naskah yang sudah kalian kirim ke GoodNovel tidak boleh dikirim ke platform menulis lain atau dicetak dalam bentuk buku. Kesimpulannya, cerita kalian harus terus dipublikasikan melalui GoodNovel.

Apa keuntungannya?

Jelas, puluhan dollar akan masuk ke akun GoodNovel kalian karena kalian fokus menulis di GoodNovel. Apalagi kalau jumlah kata yang terdapat di novel kalian terhitung banyak, maka makin banyak juga pendapatan yang akan kalian terima.

Untuk jenis kontrak ini berlaku selama 5 tahun. Dan pembagian hasilnya dihitung dari bab berbayar. 

[Update] Mengajukan kontrak eksklusif maka mendapatkan banyak bonus, seperti bonus penyelesaian, bonus keaktifan bulanan, dan profit pun dibagi.

Kontrak non-eksklusif

Sebaliknya, jenis kontrak ini penulis dipersilakan naskahnya dipublikasikan lewat platform menulis lain setelah diunggah di GoodNovel.

Tapi, kekurangannya adalah, mau berapa kata pun yang kita tulis, nggak akan ada artinya. Penulis hanya akan mendapatkan uang melalui pembelian bab berbayar aja.

Jadi, silakan tentukan sendiri; mau pilih kontrak eksklusif atau non-eksklusif?

Apakah kalian bersedia memberikan hak terbit ke pihak GoodNovel (eksklusif)? Atau nggak bakalan dapat 150$ per 60 ribu kata (non-eksklusif).

[Update]: ketika buku diselesaikan hingga 120 ribu kata, maka pihak GoodNovel akan memberikan bonus sesuai kualitas naskah.

Langkah awal menulis di GoodNovel


Langkah apa saja yang harus kita lakukan ketika menulis di GoodNovel?

Ini adalah pertanyaan yang pernah masuk ke email saya. Untuk gambarannya sebagai berikut.

1). Tulis novel sampai mencapai 15 ribu kata (ini syarat utama untuk mengajukan kontrak). 

[Update Mei 2021]: Sekarang penulis GoodNovel hanya perlu 5000 kata untuk mengajukan kontrak. Setiap kata dihitung.

2). Buat sampul novel yang menarik perhatian pembaca

3). Bikin sinopsis novel yang membuat pembaca penasaran

4). Bikin alur cerita yang unik

5). Mencoba aja dulu (syarat mutlak)

Setelah itu, silakan aplly kontrak melalui website GoodNovel. Lalu isi data-data yang telah disediakan.

Tolong dicatat juga: jangan lupa bikin outline novel. Karena outline novel akan diminta oleh pihak GoodNovel.

Lantas, cara bikin outline novel yang menggugah redaksi platform menulis itu gimana?

Silakan baca tulisan saya tentang outline novel yang sudah dibaca ribuan orang: cara simple membuat outline novel.

Kelebihan dan kekurangan GoodNovel yang perlu kalian ketahui

Memahami langkah-langkahnya saja tidak cukup. Kalian sebagai penulis maupun pembaca perlu mengetahui dulu kelebihan dan kekurangan aplikasi ini.

Hal ini perlu saya sampaikan agar kalian mempunyai gambaran sebelum fiks terjun berkarya maupun beranjak buat ngepoin GoodNovel.  Berikut di bawah ini keuntungan menulis di GoodNovel yang sekiranya perlu kalian ketahui.

Keunggulan GoodNovel

Yang menarik bagi saya adalah sudah banyak penulis hebat di seluruh dunia yang bergabung dengan GoodNovel.

Kualitas novel mereka bagus-bagus. Kadang, novel karya mereka bikin saya insecure. Terus, mereka produktif banget update cerita tiap dua hari sekali.

Pilihan genre novel di GoodNovel juga banyak. Sehingga, penulis bebas mau nulis novel apa saja. Mulai dari genre romance, fantasy, misteri, dan genre novel lainnya.

Selain banyak keunggulan bagi penulis, pembaca pun boleh membaca novel, entah saat sedang online maupun offline. Ditambah lagi tampilan aplikasi GoodNovel user friendly. Artinya, mudah sekali digunakan.

Font tulisannya juga enak dipandang. Entah lewat mode gelap maupun mode terang.

Bagi para penulis, sistem pembayaran di GoodNovel jelas, cepat, dan transparan.

Kekurangan GoodNovel

Dari pengalaman saya sebagai pembaca, kekurangan GoodNovel hanya satu; mereka membatasi jumlah koin. Sehingga tidak semua novel dapat kita baca.

Terus pembaca juga harus membeli novel dengan membayar dalam bentuk koin.

Sistem pembayaran GoodNovel bagi penulis

Pembahasan ini juga tak kalah penting saya sampaikan. Mungkin pembaca yang mampir ke blog ini pengin tahu sistem pemberian uang GoodNovel itu kayak gimana sih.

Nah, jadi, setelah kita menulis 15 ribu kata, kita kan ngajuin kontrak nih. Soal info di acc-nya, itu beragam. Ada yang satu Minggu udah diacc, bahkan lebih.

Kalau sistem pembayarannya sendiri menggunakan mata uang USD. Dan minimal pencairannya yaitu senilai $100.

[UPDATE]:  Hanya perlu 5000 kata untuk mengajukan kontrak.

GoodNovel apk


GoodNovel Apk unlimited coins, yuk download sekarang!

Saya rasa, sepertinya saya sudah lengkap membahas GoodNovel. Kalian tinggal download aja aplikasinya sekarang juga untuk mendapatkan koin dari GoodNovel.

Langkah pertama untuk mendowload aplikasi GoodNovel, silakan kalian unduh file Mod Apk dan pastikan kalian udah mengaktifkan kalimat sumber "tidak dikenal" untuk mengizinkan pemasangan aplikasi GoodNovel.

Caranya tinggal klik aja menu pengaturan, keamanan, dan geser ke tombol sumber tidak dikenal tersebut.

Setelah file-nya sukses didownlaod, selanjutnya buka file, terus klik “install” untuk proses instalasi. Daan, tunggu beberapa saat, hingga proses penginstallan tersebut selesai.

Semoga bermanfaat, ya!

Itu lah pengalaman saya menulis di GoodNovel dan juga review singkat tentang GoodNovel. Bagi yang berminat menulis di Dreame: silakan baca pengalaman menulis di Dreame yang saya tulis pekan ini.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Situs Web untuk Menulis Novel bagi Penulis Pemula

6 komentar:

  1. Thanks sharringnya Kak. Aku baru turun kontrak non eksklusif 6 hari lalu. Sedihnya memang jumlah pembaca novelku masih sedikit. Ya semoga bisa terus semangat berkarya karena novelku msh ongoing... Tapi gak ada yg ninggalin review ttg ceritaku. Jadi aku gak tau apa ceritaku bagus apa gak. Genre ku romance. Judulnya Love Me Please, Professor!!! Kalo ada waktu tolong review ya Kak. Thanks b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps, Kak. Semangat terus ya. Nanti saya baca hehehe. Terima kasih sudah berkunjungg

      Hapus
  2. Kak kl periode kontrak itu kita bisa nawar ya kak? Soalnya d pf lain ada yg seumur hidup. Terus eks sm non eks ada beda periodenya nggak kak? Sm misal naskah diterbitin boleh dihapus nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang seumur hidup itu kebanyakan udah kepercayaan editor GoodNovel. Terus periode kontraj bisa nawar. Kalo naskah udah diterbitin, usahakan jangan dihapus.

      Hapus
  3. Kak, apa harus menghubungi editor dulu ya sebelum posting tulisan kita? Soalnya aku pernah nemu ada editor goodnovel nyari penulis gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penulis dan editor keduanya saling membutuhkan, Kak. Kakak sebagai penulis, coba cari aja editor GoodNovel. Saran saya itu.

      Hapus