Jasa Edit Naskah Buku, Apakah Perlu?

Jasa Edit Naskah Buku,

Beberapa Minggu lalu, saya berdiskusi dengan seorang penulis yang pernah menerbitkan naskahnya melalui penerbit indie. Dalam diskusi tersebut, dia melayangkan pertanyaan kepada saya. Katanya, “Apakah perlu seorang penulis menggunakan jasa edit naskah buku?”.

Tanpa berpikir panjang, saya menjawab; perlu. Perlu apabila seorang penulis merasa tulisannya kurang enak dibaca. Perlu apabila seorang penulis ingin mendekati ‘sempurna’ naskahnya.

Memang, di lain sisi, ketika penulis menerbitkan naskahnya di penerbit indie, tim penerbit memiliki editor sendiri. Namun, perlu saya sampaikan bahwa masih banyak editor di penerbitan mandiri, kualitas ngeditnya asal-asalan. Masih banyak typo-nya.

Lebih dari itu, mereka ngedit naskah hanya sekadar ngedit saja, tanpa ngasih masukan, saran, ajakan diskusi kepada penulis, dan sebagainya.

Mungkin, salah satu alasan editor di penerbitan mandiri ngedit asal-asalan disebabkan karena saking banyaknya naskah yang masuk, sehingga ngejar target. Dengan begitu, tentu penulislah yang rugi dan repot, sebab sudah bayar biaya penerbitan.

Nah di dalam postingan ini, saya akan menjelaskan dengan detail betapa pentingnya menggunakan jasa edit naskah buku ke editor yang sudah profesional.

Saya akan merekomendasikan juga, blog atau website mana yang perlu diajak kerjasama untuk menyempurnakan naskah penulis.

Untuk memahami lebih lanjut postingan ini, simak penjelasan berikut.

Baca Juga: Jasa Review Buku

Mengenal, Apa Itu Jasa Edit Naskah Buku?

Jasa edit naskah buku atau novel tentu erat kaitannya dengan profesi seorang editor.

Editor adalah pembaca pertama dari sebuah naskah yang bertugas untuk memeriksa kualitas naskah. Mulai dari tata bahasa hingga tanda baca.

Pada dasarnya, editor memiliki tiga tugas penting yaitu mencari, memperbaiki, dan menerbitkan naskah.

Jasa edit naskah buku sendiri adalah layanan yang disediakan oleh situs web kepenulisan. Seperti Media Penulis Garut, saya sebagai pemilik media ini, membuka juga layanan jasa yang satu ini.

Apa Saja Feedback yang Didapat Penulis saat Memaksimalkan Layanan Jasa Edit Naskah Buku?

Jika ada penulis yang menghubungi saya untuk menggunakan layanan ini, berikut feedback yang akan didapat penulis dari pengerjaan saya sebagai seorang editor.

  1. Saya akan memperbaiki gaya bahasa naskah agar lebih mudah dimengerti pembaca
  2. Saya akan memastikan pemilihan kata yang sesuai dengan usia target pembaca
  3. Saya akan memeriksa dan memastikan naskah telah memenuhi EYD (Ejaan Yang Disempurnakan)
  4. Saya akan memastikan bahwa naskah tidak mengandung SARA atau hal lain yang sifatnya merugikan
  5. Saya akan memberikan masukan atau ide kepada penulis. Dalam hal ini, kita diskusi bareng

Rekomendasi Blog atau Website yang Membuka Jasa Edit Naskah Buku

Rekomendasi Blog atau Website yang Membuka Jasa Edit Naskah Buku

Sebetulnya, ada banyak blog atau website kepenulisan yang menjual jasa edit naskah buku. Namun, tidak semua situs web kepenulisan atau penerbit terurus. Dan ini akan membuat ragu penulis.

Penulis harus pandai mencari situs web yang benar-benar aktif dan terurus, baik itu aktif di websitenya sendiri maupun di Instagram.

Jika saat ini sedang mencari jasa edit naskah novel atau buku, tentu bisa menghubungi saya melalui nomor WhatsApp 0895635986914.

Blog ini sudah memiliki banyak pembaca, dan telah bekerjasama dengan penulis dan dipercayai juga oleh banyak penerbit. Tidak sedikit penulis yang menghubungi blog Penulis Garut.

Akhir-akhir ini saja, tim saya mendapatkan klien untuk memeriksa naskah buku BMKG. Hal ini tentu menambah portofolio Tim Penulis Garut.

Jadi, saya hanya merekomendasikan blog saya sendiri saja dalam proses penyuntingan naskah penulis.

Baca Juga: Jasa Penulisan Buku Pengalaman Hidup

Apa Keunggulan Blog Penulis Garut dalam Memeriksa Naskah?

Sebagai mantan editor di salah satu penerbit buku ternama, berikut keunggulan blog saya yang saya kelola dalam memeriksa naskah.

  1. Saya menguasai ejaan dengan baik seperti EYD, pemenggalan kata, singkatan, penggunaan huruf kapital, dan juga penggunaan tanda baca yang tepat
  2. Saya memiliki penguasaan tata bahasa yang baik, terutama yang berkaitan dengan penataan kata dan kalimat
  3. Saya memiliki kepekaan tinggi terhadap bahasa, sehingga mudah menyadari kalimat yang tergolong harus dihindari dalam sebuah naskah
  4. Saya memiliki pengalaman kerja di bidang yang bersangkutan
  5. Saya memiliki tim sendiri yang saya beri nama Tim Penulis Garut. Sebanyak apapun klien yang meminta naskahnya diedit/diperiksa, saya dapat mengarahkan tim saya

Berapa Tarif Jasa Editor Buku di Media Penulis Garut?

Biaya edit naskah buku di Media Penulis Garut relatif murah, mari bandingkan dengan situs web lain yang membuka jasa serupa.

Di website kepenulisan atau penerbit yang membuka jasa ini—setelah saya riset seharian—mereka rata-rata mematok harga kisaran 5K-15K per halaman.

Bayangkan andai 100 halaman dikali 5K, maka 500K. Itu paling murahnya. Apalagi kalau 15K per halaman dengan embel-embel tergantung ‘kesulitan naskah’, jelas semakin mahal lagi tentunya.

Ada juga situs web lain full editing dengan memasang tarif 450K. Sementara itu, Media Penulis Garut dengan kualitas edit yang detail sambil diskusi bareng penulis, hanya memasang harga 350K saja. Ini setara dengan bayaran editor di penerbit indie yang bekerjasama dengan blog ini.

Berapa lama pengerjaannya?

Rata-rata di situs web lain, untuk pengerjaan katanya seminggu saja. Terbilang cepat memang, namun bukankah memeriksa naskah adalah pengerjaan yang cukup melelahkan?

Maka dari itu, pengerjaan Tim Penulis Garut dalam memeriksa naskah adalah dua Mingguan saja.

Lama?

Lumayan. Tapi, kan, kami sangat detail. Apalagi sembari berdiskusi dengan penulis.

Apakah harga segitu untuk 100 halaman?

Tidak, tetapi full naskah.

Langkah-Langkah Menggunakan Jasa Edit Naskah Novel atau Buku di Tim Penulis Garut

Langkah-Langkah Menggunakan Jasa Edit Naskah Novel atau Buku di Tim Penulis Garut

Jika tertarik menggunakan layanan jasa edit naskah novel atau buku kepada blog ini, berikut langkah-langkah yang mesti dilakukan oleh penulis.

1). Naskah harus sudah selesai (jangan naskah yang baru separuh)
2). Mengirimkan naskah melalui email thepenulisgarut@gmail.com
3). Melakukan pembayaran full
4). Penulis bersiap diajak diskusi
5). Penulis bersabar menunggu selama dua Minggu

Penutup

Mencari jasa edit naskah buku terbilang gampang-gampang susah, apalagi naskah ditujukan untuk dikirimkan ke penerbit besar. Salah satu kesulitan dalam menentukan jasa ini adalah, apakah sang editor sudah berpengalaman atau belum. Sebab, pengalaman mempengaruhi dalam pemeriksaan naskah.

Untuk itu, berhubung sepak terjang Tim Penulis Garut sudah mumpuni di dunia penyuntingan naskah, maka tidak ada salahnya mencoba dan menghubungi tim saya. Akan dengan senang hati kami melayani penulis, sehingga naskah penulis mendekati ‘sempurna’.

Sekian informasi lengkap mengenai jasa edit naskah buku.

Semoga postingan ini memberikan manfaat.

BACA JUGA: Jasa Beta Reader
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url