Artikel Terbaru

5 Cara Menjadi Penulis Novel Terkenal berdasar Opini Saya

Cara Menjadi Penulis Novel Terkenal

Seorang novelis muda pernah bertanya kepada saya. Isi pertanyaannya, agak sulit saya jelaskan. Sebab, saya pribadi belum mencapai pada titik itu. Dan bahkan, saya tidak menginginkannya. Dia bertanya begini, "Kak, bagaimana cara menjadi penulis novel terkenal?".

Sumpah. Mendengar pertanyaan tersebut, saya langsung kaget. Tapi, pertanyaan novelis muda itu sungguh mengingatkan keinginan saya saat awal-awal menyukai dunia penulisan novel.

Jujur saja, sewaktu menulis novel pertama, saya pengin banget menjadi penulis yang famous bak novelis-novelis lainnya. Namun, faktanya, itu sulit. Sangat sulit. Lagipula, setelah saya pikirkan, ukuran "terkenal" itu luas. Dan nggak ada ujungnya.

Maksud saya begini..

Mungkin saja si penulis novel A (yang menurut kalian terkenal) hanya terkenal di kalangan pembacanya saja. Tapi, belum tentu dianggap terkenal, kan, di hadapan pembaca novel B, di depan pembaca platform menulis online C, dan seterusnya, dan juga seterusnya.

Jadi, pada saat itu, saya praktis mengurungkan diri untuk tidak ingin menjadi penulis beken. Lebih baik berkarya semampunya saja, terlebih saya menikmatinya.

Akan tetapi dari keengganan saya untuk menjadi penulis novel yang tersohor (katakan lah begitu), saya justru memiliki beberapa cara yang mungkin saja, apabila kalian mampu mengaplikasikannya, kalian malah bisa terkenal.

Lantas, caranya apa saja? Berikut opini saya agar seorang novelis dapat menjadi penulis novel populer.


Cara menjadi penulis novel terkenal

1. Naskah novel terbit di penerbit mayor

Mari kita ambil dari sisi "rata-rata" atau "kebanyakannya". Bahwa, penulis novel yang masyhur itu rata-rata novelnya berhasil menembus dinding penerbit mayor. Inilah yang saya maksud agak susah. Dan dari cara pertama saja, bener-bener sulit, kan?

Ya gimana nggak sulit coba? Banyak pertimbangan dari pihak penerbit mayor, seperti Gramedia misalnya, untuk mengatakan begini kepada para penulis yang mengirimkan naskahnya, "Selamat naskah Anda akan kami terbitkan".

Pertimbangan-pertimbangan itu antara lain; pengambilan genre novel, isi cerita, bahkan di luar daripada itu; followers kalian di ig atau di sosial media lainnya, sudah berapa banyak?

Ya, ya, ya, meski ini bukan patokan utama, tapi terkadang menjadi patokan mereka. Sebab, pihak penerbit, nggak mau novel yang mereka terbitkan kurang laris di pasaran.

Memang ada sih penulis terkenal yang sukses menerbitkan naskahnya lewat penerbit indie. Tapi, tidak begitu banyak.

Jadi, cara pertama agar kalian menjadi penulis populer, adalah naskah kalian kudu berhasil tembus penerbit mayor.

2. Novel masuk kategori best seller

Naskah tidak hanya cukup dengan berhasil tembus penerbit mayor.

Untuk jadi penulis terkenal, novel kalian harus masuk kategori best seller. Sebab, tidak sedikit penulis novel yang, naskahnya memang diterima penerbit mayor, tapi mohon maaf, novelnya tidak begitu banyak peminat.

Bayangkan, ketika novel ada di jajaran buku-buku best seller, otomatis nama pena kalian dikenal oleh pengunjung toko buku, lalu ada di sosial media penerbit, dan juga kemungkinan diperbincangkan banyak orang.

Tapi, ketika novel kalian tidak ditaruh di dalam rak buku best seller berdinding kaca, kadang novel kalian cuma dilabeli sebagai novel yang sudah tembus penerbit mayor, itu saja. Dalam artian, belum best seller.

Lagi-lagi, cara kedua juga lumayan sulit, ya?

Catatan: dari kedua cara di atas, hal paling masuk agar naskah kalian tembus ke penerbit mayor sekaligus best seller, adalah kualitas tulisan dan isi novel harus benar-benar bagus.

Cara Menjadi Penulis Novel Terkenal


3. Menulis novel di Wattpad

Wattpad kini menjadi salah satu aplikasi menulis novel online yang cenderung akan membuat kontributornya atau penulis-penulisnya bakal terkenal.

Bukankah pada dasarnya memang sudah banyak penulis novel famous yang bermula berkarir di Wattpad, seperti Erisca dan Luluk HF misalnya.

Nah, cara ketiga ini gampang kalian tiru. Iya, maksud saya, soal pendaftarannya mudah. Tapi, untuk menjadi terkenal mah, ya balik lagi, susah!

Oleh sebab itu, buat kalian yang berencana pengin berkiprah di Wattpad atau sudah pernah menulis di Wattpad lalu ingin terkenal, wajib baca artikel saya tentang cara menulis di Wattpad agar terkenal. Artikelnya ini, silakan baca: panduan menjadi penulis terkenal di Wattpad.

Kenapa Wattpad berpotensi membuat penulisnya terkenal?

Sebab, banyak penerbit mayor yang memantau tulisan-tulisan atau cerita-cerita yang dipost di WP. Saat viewers sebuah cerita dibaca jutaan orang, penerbit bakal langsung menghubungi penulis cerita tersebut.

4. Novel harus direkomendasikan oleh tokoh-tokoh ternama

Ini adalah cara yang masuk akal menurut opini saya. Ia tidak memandang apakah novel kalian terbit di penerbit mayor atau indie.

Yang jelas, saat novel kalian berhasil direkomendasikan oleh tokoh-tokoh penting, apalagi oleh sesama penulis, penulis yang tentu saja sudah sangat beken, maka nama pena kalian bakal terkenal.

Sebut saja novel kalian misalnya dibaca atau dibeli oleh Mbak Najwa Shihab. Apalagi sampai diunggah ke Instagramnya, nah saya jamin tuh novel kalian bakal langsung viral.

Atau novel kalian ada di sebuah film, kayak film AADC, dulu ada tuh buku yang dibaca oleh Rangga, kan bukunya langsung banyak dicari oleh pembeli.

Jadi, ya inilah cara keempat. Kalau pengin menjadi penulis populer, pastikan ada salah satu tokoh penting yang sukses merekomendasikan novel kalian.

5. Novel diadaptasi menjadi film

Sudah pasti nama pena kalian bakal langsung ramai diperbincangkan publik. Apalagi novel difilmkan oleh sutradara yang sudah punya nama. Beuh!

Untuk cara kelima ini, saya mengajak kalian untuk membaca artikel saya yang lainnya. Coba baca artikel ini terkait cara agar novel bisa difilmkan. Silakan simak baik-baik: cara agar novel dijadikan film.

-

Barangkali itulah materi hari ini terkait cara menjadi penulis novel terkenal. Ingat bahwa, ini hanya sekadar opini saya aja. Ya sekadar hasil analisa saya aja.

Sekian. Semoga ada manfaatnya!

BACA JUGA: Cara Menjadi Penulis Novel.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.