Artikel Terbaru

Ulasan Lengkap Menulis di Joylada - Aplikasi Penambah Uang Jajan

Ulasan lengkap menulis di Joylada


Review aplikasi Joylada - Sebenarnya ada satu trik jitu apabila karir kepenulisan kita di platform menulis online ingin sukses. Caranya, berkarya lah di aplikasi menulis yang tidak banyak penulis mengetahuinya. Salah satunya menulis di Joylada.

Iya, Joylada ini tidak sepopuler GoodNovel yang saat ini lagi ramai diperbincangkan. Padahal, eksistensi Joy sudah sangat lama. Dan bahkan, usianya mungkin setara dengan Storial.co.

Nah, bagi pembaca setia blog saya yang tertarik ingin melebarkan karir kepenulisannya di Joylada, atau bagi pembaca yang lagi nyari tahu tentang aplikasi menulis yang satu ini, hari ini saya ingin membuat review atau ulasan lengkap tentang menulis di Joylada.

Ulasan ini seperempatnya lah diambil dari pengalaman para penulis Joylada. Dan dengan mengetahui pengalaman dari penulis-penulis lainnya, maka kalian tentu jadi punya semacam gambaran saat akan berkarir di platform menulis online ini.

So, simak baik-baik, lalu baca pelan-pelan, dan mari kita mulai..

Pengalaman menulis di Joylada, aplikasi penambah uang jajan

Saya bakalan mengawali cerita pengalaman para penulis yang berkiprah di Joylada dari Teh Irma dulu.

Teh Irma

Irma ini--salah satu penulis Joylada--yang saya tanya-tanya beberapa hari kemarin mengatakan bahwa di Joylada, paling seru itu kalau nulis dalam versi chat.

Sebab, ketika menulis dalam versi chat maka seolah dirinya masuk ke dalam percakapan tersebut. Ibaratnya, versi chat itu seperti kita sedang chattingan via WA.

Kata Irma, nulis di Joylada itu nggak ribet. Cukup download aplikasinya, lalu install, dan mulai lah menulis. Enaknya lagi, pendapatan nulis di Joylada lumayan lah kalau dibandingkan dengan Wattpad katanya.

Selain nulis dalam versi chat, penulis Joylada boleh juga menulis dalam versi cerita layaknya membuat novel. Dan tolong garisbawahi, untuk mendapatkan banyak uang di aplikasi menulis yang satu ini, tulisan kita harus banyak pembaca dulu.

Ya! Lagi-lagi, di platform menulis mana pun, jumlah pembaca selalu paling utama. Dan untuk mengetahui cara memperbanyak pembaca di Joylada, silakan simak tulisan saya tentang cara memperbanyak pembaca Wattpad.

Btw, Joylada dan Wattpad untuk dapetin viewersnya hampir sama.

Irma menyampaikan juga kepada saya, pendapatan dari Joylada hitungannya bukan dari "joy" saja, tapi dari candy dan juga koin.

Awal-awal Irma nulis di Joylada, pendapatannya langsung nampak. Alias transparan. Itu yang membikin dia semangat. Ditambah lagi, semangatnya semakin menggebu-gebu ketika saat karyanya diapresiasi sama pembaca.

Irma pernah, katanya, diberi permen oleh pembacanya (permen ini semacam gift atau hadiah di Joylada), dan kadang juga dikasih koin.

Hadiah-hadiah yang diberikan pembaca lah yang nanti dapat dikonversikan menjadi uang, dan uang inilah yang nantinya masuk ke rekening penulis Joylada.

Hanya 100 ribu aja minimal penarikannya di Joylada.

Nah, aplikasi menulis ini sangat-sangat cocok untuk penambah uang jajan, kan?

Kak Seni

Pengalaman Seni sama persis dengan Teh Irma.

Seni menyampaikan beberapa asalan mengapa dirinya senang menulis di Joylada. Dan mungkin, ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para penulis Joylada.

Saya akan membuatkan subjudulnya di bawah ini.

Keuntungan menulis di Joylada menurut pengalaman Seni

1). Pembaca yang ingin membaca novel di Joylada tak perlu menginstall aplikasi. Hanya melalui link yang dishare aja, bisa langsung baca.

Jadi, Seni sering nyuruh keluarga dan temennya ngeklik link tulisannya, lalu terkumpul lah para pembacanya.

2). Nggak ada sistem kontrak seperti platform menulis lainnya

Artinya, kalau nggak ada sistem kontrak, kita bebas mau menghapus cerita yang jumlah pembacanya sedikit, lalu boleh lanjut membuat cerita yang lain.

3). Nulis dan baca gratis di Joylada

Tak perlu koin untuk membaca cerita, selama cerita tersebut nggak dikunci oleh authornya, pembaca dapat mengaksesnya. Pun para penulis, tinggal nulis cerita yang seru aja.

Cara mendapatkan uang menulis di Joylada



Tips mudah mendapatkan uang saat menulis di Joylada

Untuk mendulang banyak penghasilan saat bikin cerita di Joylada perlu beberapa tips.

Tips-tips di bawah ini hasil dari ngobrol-ngobrol dengan para penulis Joylada. Jadi, silakan diaplikasikan aja ilmunya.

1). Buatlah genre cerita yang menarik, K-POP misalnya

Sebagai cowok, saya penasaran banget mengapa cerita-cerita berunsur K-POP paling banyak digemari pembaca sih haha.

Setidaknya, inilah tips pertama yang disampaikan oleh para penulis Joylada.

So, nulis lah karakter-karakter K-POP dan kasih nama-nama ala-ala opa Korea. Dan memang, faktanya, banyak banget pembaca yang menyukai cerita drama Korea.

2). Saling baca cerita dengan sesama penulis 

Meski tips kedua ini dianggap nggak fair, tetapi mau gimana lagi?

Betapa susahnya, kata mereka, menarik ribuan pembaca, ya mungkiiin dengan saling baca cerita sesama penulis Joylada, sedikit demi sedikit, uang kemudian terkumpul.


3).  Share cerita di sosial media

Oleh karena orang yang nggak punya aplikasi Joylada bisa membaca cerita, jadi ada baiknya rutin melakukan promosi di media sosial.

Tandai teman-teman kamu di Facebook usai membuat cerita, lalu bergabung dengan penulis-penulis Joylada di grup Facebook atau Telegram, maka pembaca pun akan bermunculan.

Hanya dengan tiga tips mudah ini untuk mendapatkan pembaca, lalu, sekali lagi, saat sudah banyak pembaca, maka recehan pun akan masuk ke akun Joylada kalian.

Cara simple menarik uang di Joylada

1). Daftarkan diri kamu melalui formulir pembayaran

2). Klik opsi pencapaian

3). Tunggu proses pembayaran selama maksimal 7 hari

Hal terpenting saat menarik uang di Joylada adalah mengisi data-data secara komplit.

Kalau sudah komplit, maka nanti ada email pemberitahuan kalau uang tersebut sudah masuk.

Sesederhana itu menarik fee di aplikasi menulis online ini.

Cara daftar menjadi penulis lalu mulai menulis di Joylada

Setelah membaca pengalaman penulis lain dan upaya dalam mendapatkan banyak cuan di Joylada, saya perlu juga ngasih tahu tentang cara daftar dan menulis di platform menulis ini.

Baik, langsung saja.

1). Meluncur ke aplikasi Joylada, lalu log in.

Kalian log ini aja menggunakan akun Facebook atau email.

2). Isi data-datanya. Mulai dari KTP, alamat rumah, no. telepon, nama pena juga perhatikan, dan jangan lupa: nomor rekening

3). Mulai lah menulis

Sesuai yang disampaikan oleh Teh Irma di atas, menulis di Joylada hanya dengan chat dan cerita. Hanya dua opsi saja.

Kesimpulan tentang Joylada

Platform menulis online ini salah satu platform yang paling saya rekomendasikan.

Jika dibandingkan dengan Wattpad yang harus diliirik penerbit dulu agar dapat dibukukan dalam versi cetak lalu menghasilkan uang, di Joylada tidak perlu.

Untuk dapat uangnya paling harus banyak pembaca yang mampir ke cerita yang sudah kalian tulis. Ditambah lagi aplikasi menulis ini tampilannya bagus dan user friendly, kagak loading lah.

Terlebih lagi, fitur pendapatannya sangat transparan. Sehingga, kita bisa kejar target untuk menuju penarikan.

Selain Joylada, kalian ada baiknya mulai mengetahui platrom menulis lainnya yang lagi pesat perkembangannya, yaitu Finovel. Buat yang pengin tahu tentang Finovel, silakan baca: nulis novel di Finovel.

Saya pribadi belum punya penglaman di Joylada, kecuali kalau di NovelMe dan GoodNovel. Sehingga kalau kalian bertanya tentang NovelMe dan GoodNovel, saya dapat menjawabanya.

Untuk Joylada sendiri, saya lebih menyarankan kepada kalian untuk membaca Q&A tentang Joylada melalui websitenya. Silakan kunjungi aja: Q&A Joylada.

[Update]

Menurut salah satu pembaca blog penulis Garut, di Joylada jug ada sistem kontrak eksklusif yang biasanya dipasang pada banner. Lalu, penghasilan akan masuk tiap bulan jika kalian sudah terdaftar di aplikasi ini.

Minimal penarikan di Joylada, yaitu 100 ribu rupiah.


-

Barangkali itu lah ulasan lengkap menulis di Joylada.

Semoga bermanfaat!

4 komentar:

  1. Di Joylada, setelah pendaftaran sebagai penulis disetujui, maka penghasilan akan masuk secara otomatis setiap bulannya, Kak. Jadi gak perlu repot menarik fee.
    Minimal penghasilan 100ribu rupiah, maka uang itu akan otomatis masuk ke ke rekening setelah dipotong pajak 15%.

    BalasHapus

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.