Artikel Terbaru

Serba-Serbi Menulis di NovelMe, Begini Cara Mendapatkan Uangnya

Menulis di NovelMe


Serba-serbi menulis di NovelMe - Sebenarnya aplikasi untuk menulis itu banyak, bulan lalu saja saya pernah merekomendasikan 10 situs web untuk menulis novel bagi penulis pemula. Dari 10 situs yang saya rekomendasikan, NovelMe salah satunya.

Alasan saya ingin mereview NovelMe atau membahas tentang NovelMe di sini karena platform menulis yang satu ini eksistensinya lumayan bagus buat para penulis. Entah bagi penulis pemula maupun penulis yang sudah malang melintang di dunia kepenulisannya. Terlebih keuntungan menulis di NovelMe banyak juga.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari tahu tentang NovelMe, hari ini akan terjawab semuanya di blog ini. Sebab, saya bakalan ngasih tahu kepada kalian tentang serba-serbi menulis di NovelMe beserta tips dan cara mendapatkan uangnya.

By the way, postingan ini diambil dari pengalaman para penulis yang sudah pernah berkarir di NovelMe. Berikut di bawah ini ulasan atau review NovelMe menurut para penulis.

Cara daftar untuk menjadi penulis dan menulis di Novelme

Agar resmi menjadi penulis dan mendapatkan uang dari aplikasi NovelMe, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah daftar dulu di websitenya untuk melakukan verifikasi, baru setelah itu menulis.

Caranya?

Daftar di NovelMe



1. Silakan kunjungi website NovelMe.

2. Isi data pribadi, mulai dari foto penulis hingga KTP.

3. Untuk mengefektifkan waktu, ada baiknya selama menunggu verifikasi, menulis novel aja dulu.

Catatan: tulis lah sebuah cerita novel hingga tiga ribu kata (karena butuh waktu sekitar 2-3 hari untuk bisa mendapatkan notifikasi email verifikasi)

4. Kalian dianggap “resmi” menjadi penulis NovelMe setelah dapat email verifikasi.

Langkah berikutnya setelah terverifikasi, ajukan kontrak melalui link: penulis NovelMe.

5. Silakan menulis bab 1 hingga bab 17.

6. Jangan lupa, ajukan bab berbayar melalui aplikasinya.

Untuk cara mengirimnya sekaligus apabila pengin tahu siapa editor kalian, langsung aja meluncur ke CS NovelMe.

7. Terakhir, apabila ada pertanyaan-pertanyaan tentang NovelMe, hubungi saja CS-nya.

Sampai sini, kalian sudah resmi menjadi penulis NovelMe dan dapat berkontribusi di sana. Selamat!

Pengalaman para penulis saat menulis di NovelMe

Mari kita berbicara tentang pengalaman beberapa penulis yang sering mengunggah karyanya di NovelMe. Sebab, bagi kalian yang berencana ingin bergabung dengan NovelMe, pasti pengin tahu dulu—istilahnya beberapa testimoni dari penulis lain—sebelum benar-benar terjun dan berkarir di NovelMe.

Salah satu penulis yang berasal dari Surabaya, yang sukses saya wawancarai melalui inbox Facebook, mengimbau bahwa penulis NovelMe harus siap ketika karyanya diambil alih oleh pemilik platform, artinya hak komersil penulis bakal diambil sepenuhnya oleh perusahaan NovelMe.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa yang diambil alih itu hanya hak komersilnya saja. Sedangkan hak cipta tetap atas nama kalian sebagai penulis. Maksudnya, “nama pena” kalian tetap tercantum pada karya yang sudah kalian buat.

Saya pikir, ketentuan ini sah-sah saja. Karena bagi penulis, utamanya adalah nama pena jangan sampai diambil alih oleh pemilik platform.

Buat yang belum “ngeh” mengenai hak komersil, jadi hak komersil itu semacam pengiklanan, kontrak perjanjian, dan penjualan, itu semua sepenuhnya wewenang NovelMe.

Jadi, dalam hal ini, fokus utama penulis NovelMe adalah menulis novel yang bagus. Ini yang menjadi acuan agar penulis mendapatkan banyak uang.

Lebih lanjut, penulis asal Surabaya itu mengatakan bahwa selama pengalamannya menulis di NovelMe, ia tidak pernah punya masalah apa-apa terkait keuangan.

Artinya, NovelMe benar membayar. Bahkan, ia sudah mendapatkan puluhan juta dari awal karirinya meski, dia sendiri bukan penulis populer yang banyak pengikut di Twitter maupun di Instagram.

Ini artinya juga, NovelMe sangat terbuka bagi penulis yang tidak populer-populer amat. Dan ini menjadi salah satu kelebihan dari platform menulis yang satu ini. Terkait kelebihan dan kekurangan NovelMe, saya bahas di ujung tulisan.

Penulis kedua, ia berasal dari Bandung. Ia baru bergabung pada 2020 lalu. Ia pun sama, sudah mendapatkan uang meski tidak sebanyak penulis yang berasal dari Surabaya. Saya berhasil mewawancarainya pada Maret lalu.

Penulis dari Bandung ini mengatakan bahwa agar penulis NovelMe mendapatkan banyak uang, tips atau trik, dan juga caranya yakni harus memiliki cerita yang unik.

Ditambah lagi tulisan harus rapi. Karena nanti ada penilaian dari editor NovelMe; penilaian ini biasanya tentang apakah novel kalian layak diajak kerjasama dengan pihak NovelMe atau tidak.

Utamanya adalah mencoba saja dulu, ucapnya. Jangan mundur ketika ada “penilaian” dari editor. Bahkan sekalipun ditolak, itu nanti dijadikan pembelajaran saja agar tulisan kita semakin baik.

Nah apabila ingin di-notice oleh pihak editor, kita harus rajin menulis dan promosi. Jangan sampai malas melakukan promosi. Karena banyaknya pembaca yang mampir ke tulisan kita akan menjadi penilaian tersendiri bagi pihak NovelMe.

Lantas bagaimana dengan pengalaman saya menulis di NovelMe?

Selama ini cukup kerepotan. Saya menulis di blog ini lah, nulis artikel di media online lah, jadi nggak keurus. Tapi, overall, NovelMe keren kok!

Untuk panduan berikutnya, mari pahami beberapa ketentuan di NovelMe. Ini agar karya kalian meraup banyak penghasilan.

Ketentuan menulis di NovelMe

Kelebihan dan kekurangan menulis di NovelMe


Ketentuan ini dapat saya simpulkan sebagai gambaran serta aturan buat penulis yang akan menulis di NovelMe. Mari perhatikan baik-baik!

1. Novel nggak boleh berhenti update, maksimal selama lebih dari 4 hari dalam satu bulan.

2. Jangan berhenti update selama dua hari berturut-turut.

3. Tentu saja, novel nggak boleh hasil dari plagiarisme atau copy paste dari novel penulis lain.

4. Nggak usah membuat novel yang bertele-tele.

5. Pada akhir bulan, novel harus mempunyai bab berbayar.

Di ketentuan ini, dapat saya simpulkan bahwa NovelMe semacam menuntut penulisnya harus produktif menulis.

Ditambah lagi, ini penilaian dari saya sendiri, bahwa NovelMe ini sangat serius membuat platform menulis. Tinggal kitanya aja sebagai penulis, apakah mampu memenuhi ketentuan NovelMe?

Kelebihan dan kekurangan menulis di Novelme

I think, selama saya berkiprah di dunia menulis, tiap platform menulis pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Pun dengan NovelMe.

Berikut di bawah ini kelebihan NovelMe yang dapat saya rangkum.

NovelMe membayar tidak bergantung pada jumlah pembaca

Jika saya bandingkan dengan Wattpad, NovelMe cukup baik dalam hal menghasilkan uang. Sebab, setahu saya, novel yang diterbitkan dari Wattpad biasanya harus memiliki banyak pembaca. Maka dari itu, persaingannya agak berat.

Saya tidak heran ketika tulisan tentang 10 cara mendapatkan banyak pembaca di Wattpad viral di blog ini, hingga trending. Itu disebabkan karena penulis Wattpad haus akan pembaca.

Sedangkan menulis di NovelMe, asalkan rajin dan taat pada ketentuan tadi, minimal kita dapat uang senilai 400 ribu tiap bulannya meski pembaca nggak banyak-banyak amat.

Genre apapun bakalan dapat kontrak dari pihak NovelMe

Kalian bebas mau menulis dengan genre apa saja, karena pihak NovelMe bakalan ngasih kontrak. Artinya, mereka tidak pilih-pilih genre.

Kontrak akan masuk ke email kalian hanya dengan beberapa hari saja. Ini tergantung pada banyaknya penulis yang mengajukan kontrak.

NovelMe memberikan kesempatan bagi penulisnya untuk menampilkan tulisannya di halaman beranda

Sejauh ini, hanya NovelMe yang memiliki ketentuan semacam ini. Ini disebut dengan promosi bergilir. 

Jadi, ketika karya kita dipromosikan oleh pihak NovelMe maka ada kemungkinan pembaca membludak membaca novel kita.

Kekurangan NovelMe yang wajib kalian ketahui

Di bawah ini hanya terdapat dua kekurangan kalau kalian menulis di NovelMe, dan ini wajib kalian ketahui dulu. Berikut penjelasannya.

Kontrak novel selamanya

Di NovelMe tidak berlaku sistem kontrak dua hingga delapan tahun. Novel kita selamanya akan dikontrak di sana. Sehingga, kesempatan novel kita buat diunggah di platform menulis lain atau di penerbit, tidak akan bisa terjadi.

Promosi novel yang tamat tidak begitu merata

Maksudnya adalah hanya penulis-penulis yang sudah banyak fansnya saja yang kemungkinan mendapatkan banyak uang, sedangkan penulis yang masih amatiran, dapat uangnya hanya dari bab berbayar tadi yang senilai 400 ribu sebulan.

Jadi bagaimana? Dengan dua kekurangan di atas, apakah masih berminat menulis di NovelMe? Kalau masih berminat, perhatikan cara menarik uangnya.

Cara menarik uang di NovelMe

1. Nama bank harus sesuai dengan nama tabungan.

2. Penarikan dilakukan pada tanggal 15 atau lebih dari tanggal 15

3. Penarikan minimal 500 ribu

4. Biasanya sih uang masuk setelah 10 hari kerja. Libur nggak dihitung. Tepatnya, dari pengalaman para penulis, dibayar pas tanggal 28 hingga 31

5. Ada baiknya penulis memiliki m-banking supaya tahu apakah uang sudah masuk atau belum 


Cara mendapatkan uang di NovelMe


[Update] - Untuk mendapatkan banyak pendapatan di NovelMe, penulis harus rutin mengupdate novelnya tiap hari. Inilah yang menjadi tantangan bagi penulis. Berarti, keseriusan menjadi hal utama bagi seorang penulis.

Lalu, seperti yang disampaikan di atas, jangan pernah cuek terhadap karya sudah kita bikin. Artinya, kita harus rutin juga mempromosikan karya. Sebab, tiap platform menulis pasti senang ketika banyak pembaca yang mampir ke aplikasinya.

Ada satu rahasia juga yang penting penulis lakukan, adalah dekati editornya. Dan diskusi lah dengan mereka melalui email. Minta tanggapi dan minta saran tentang tulisan kita bagaimana, lalu bertanya cara mendongkrak banyak pengunjung ke novel yang sudah kita publish.

Nah, itu lah serba-serbi menulis di NovelMe yang dapat saya bagikan. Semoga semangat terus menulisnya, ya!

Semoga bermanfaat juga informasinya!

BACA JUGA: 7 Cara Menulis Novel di Blog, Ini Memudahkan Penulis Pemula dalam Berkarya

11 komentar:

  1. mau tanya kak, untuk kontrak kerjanya berarti berlaku selama satu bulan (dari bab 1-17)kah? lalu untuk kemudian jika ingin menulis novel baru, kita harus mengajukan kontrak lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab, ya. Setiap novel beda kontraknya. Artinya jika kaka membuat novel baru, ya akan mengajukan kontrak ulang.

      Hapus
    2. untuk pengerjaan 1 novel itu apakah maksimal 1 bulan kak? dengan minimal 60rb kata biar dapat 400rb?

      Hapus
  2. Halo Kak, saat pendaftaran novelme apakah bayar? Terima kasih

    BalasHapus
  3. halo kak, saya sudah membaca semua ulasan kakak soal dreame, novelme, goodnovel. menurut kakak yang sudah terlebih dulu mencoba, manakah yang lebih kakak rekomendasikan? terima kasih. sukses terus nulisnya ^_^

    BalasHapus
  4. kak aku mau tanya. Misal main castnya pakai nama yang ada dikehidupan real life gitu apakah boleh di novelme? kayak jefri nichol sebagai main cast aku dalam pembuatan novel

    BalasHapus
  5. Kak apakah aman memasukkan foto KTP dan Selfie dengan KTP saat mendaftar sebagai penulis di Novelme? Apa alasannya?

    BalasHapus

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.