Artikel Terbaru

Review Menulis di NovelToon - Tips Menghasilkan Uang

 

Review Menulis di NovelToon


Salah satu platform menulis yang iklannya sering muncul di blog ini adalah NovelToon. Dari dulu, saya sering ngerasa ada yang kurang ketika blog ini belum mereview NovelToon.

Malah, aplikasi menulis yang pertama saya review yaitu NovelMe. Silakan buat teman-teman yang belum membaca tentang NovelMe dan bagaimana cara mendapatkan uang di NovelMe, langsung aja meluncur ke serba-serbi menulis di NovelMe.

Nah, jadi, setelah saya melakukan riset mendalam tentang NovelToon, lalu mewawancarai penulis-penulis yang aktif di sana, dan juga iseng-iseng mencoba menulis, hasil riset yang saya peroleh adalah ternyata, NovelToon ini bagus juga untuk menghasilkan uang bagi para penulis.

Namun, tolong dicatat juga bahwa nggak semua penulis bisa mendapatkan banyak penghasilan di NovelToon. Ada juga beberapa penulis yang popularitasnya sudah di atas rata-rata, tapi masih belum mendapatkan pemasukan.

Oleh karenanya, mari kita kupas tuntas semuanya di sini.

Review Menulis di NovelToon

Oke.

Buat pembaca yang belum tahu, NovelToon ini adalah aplikasi untuk membaca dan menulis. Kalau saya tidak keliru, ia diluncurkan pada 2019 lalu.

NovelToon ini sekilas kayak MangaToon. Mungkin emang adiknya MangaToon kali, ya? Terus, untuk membuat cerita di NovelToon, kalian bisa melakukan dengan dua cara: pertama, cerita berbentuk teks (kayak bikin cerpen dan novel), kedua membuat cerita melalui chat.

Untuk menjadi penulis di NovelToon mudah saja. Tinggal download aja aplikasinya, terus lakukan pendaftaran dengan meng-sign up akun, dan isi data-data yang disediakan oleh pihak NovelToon.

Setelah terverifikasi, silakan kalian menulis di NovelToon. Untuk daftarnya, silakan ke akun NovelToon.

By the way, ada dua sistem poin di NovelToon. Poin ini bermaksud memberikan kalian semacam misi untuk mendapatkan banyak poin. Poin-poin inilah yang digunakan untuk membaca cerita secara online dan membaca novel yang kita favoritkan.

Lebih dari itu, kalian dipersilakan memberikan rating bagi cerita yang sudah kalian baca, lalu kalian juga boleh memberikan tip untuk penulis-penulis NovelToon.

FYI, di NovelToon, ada banyak genre yang disediakan. Mulai dari genre cerita yang romantis-romantis, fantasy, dan masih banyak lagi pokoknya. 

Jika dibandingkan dengan platform menulis lainnya, NovelToon cukup bagus (ini kalau ditinjau dari sisi genrenya, ya).

Mari kita masuk ke inti pembahasan.

Cara mendapatkan pembaca di NovelToon

Saya pengin membahas ini dulu deh. Gimana sih cara mendapatkan banyak pembaca di NovelToon? Karena tiap platform menulis, pasti salah satu cara agar uang mengalir ke akun kita, ya karena faktor banyaknya pembaca.

Sepengalaman teman-teman saya yang berkarir di NovelToon, cara untuk mendatangkan pembaca yaitu dengan melakukan optimasi pada cerita yang kita buat.

Mulai dari judul novel yang kualitasnya harus unik, deskripsi atau sinopsis cerita yang kudu menarik perhatian pembaca, lalu bikin cover yang bagus, dan jangan lupa: tulisan harus rapi.

Kenapa harus begitu?

Karena, menulis di NovelToon ini hampir sama dengan menulis di Wattpad. Bawaannya kudu eksentik. Mungkin perbedaannya adalah, kalau di Wattpad mah ketika banyak pembaca, maka kemungkinan cerita akan dilirik oleh penerbit.

Sedangkan di NovelToon, ketika banyak pembaca, maka akan banyak penghasilan yang masuk (penghasilan = banyaknya poin yang didapatkan).

Lantas, ada nggak ulasan lengkap agar novel yang kita buat di platform menulis banyak yang membaca?

Ada. Silakan baca tulisan saya: 10 Cara Mendapatkan Banyak Pembaca di Wattpad. Samakan saja dengan NovelToon, karena teknik untuk mendapatkan pembacanya hampir sama.

Alasan NovelToon updatenya lama

Jadi, setelah memasuki dua tahun ini, NovelToon sekarang updatenya lumayan lama. Bukan hanya dialami oleh saya seorang, penulis lain juga merasakannya. Terus ngereview naskah juga bisa berhari-hari.

Lantas, kenapa ya?

Jadi, begini prosesnya teman-teman.

Di NovelToon ini ada sistem moderasi dulu. Artinya, tiap part cerita yang kalian kirim bakalan masuk dulu ke meja kerja pihak NovelToon untuk nantinya mereka menilai: apakah cerita kalian layak dimuat, sama halnya dengan cerita-cerita yang sudah dimuat lebih dulu.

Dan perlu dipahami juga, di NovelToon ini ada sistem sensor. NovelToon menjaga nama baiknya agar cerita yang mereka anggap lolos tidak banyak kata-kata yang berbau porn0grafi dari penulisan penulis-penulisnya. Atau juga memfilter kata-kata kasar.

Sebab di platform menulis lain, masih ada hal-hal kotor seperti itu.

Nah, perihal durasi atau waktu tentang tahap moderasi itu, kadang lama dan kadang juga cepat. Ini biasanya tergantung pada banyaknya cerita yang masuk ke meja redaksi pihak NovelToon.

Jadi, utamakan sabar aja sih kalau di NovelToon mah.

Cara menghasilkan uang di novelToon


Cara menghasilkan atau mendapatkan uang di NovelToon

Ada pertanyaan yang masuk ke email saya. Katanya, minimal berapa pembaca sih agar menghasilkan pundi-pundi rupiah di NovelToon?

Sebelum menghasilkan uang, catat dulu ini: kalian mesti mengajukan kontrak dan tanda tangan kontrak dulu, baru bisa mendapatkan penghasilan.

Tapi, nanti ukurannya adalah apakah kontraknya diterima atau lulus kontrak, atau malah ditolak.

Syarat agar cerita kalian diterima pas begitu mengajukan kontrak, ya kalian harus rajin update cerita. Minimal dalam sehari, ada satu chapter yang kalian kirim dengan panjang 800-1000 kata per chapter.

Dan minimal juga sudah nge-up 20 bab ke atas dengan jumlah total dari bab 1 sampai bab terbaru, yaitu sekitar 20.000 kata

Jadi, aturan sekarang mah harus mengajukan kontrak dulu. Catat ya!

Terus kalau misalnya sudah dikontrak, kita bisa mendapatkan pendapatan dari jumlah pembaca. Semakin banyak orang yang membaca cerita kita, semakin banyak pula uang yang kita dapatkan.

Lagi-lagi, dalam hal ini, jumlah pembaca!

Kesimpulan review NovelToon dari para penulis dan dari saya pribadi

Di tulisan ini, saya ingin berbagi keluh kesah aja sih selama menulis di NovelToon. Bahwasannya saya sering ngerasa heran. Kenapa ini pembaca saya sudah banyak, tapi pemasukan masih minim. Malah nggak naik-naik poinnya wkwk.

Hal ini terjadi pula bagi beberapa penulis yang saya tanya-tanya. Mereka merasakan hal yang sama. Saya pribadi masih mencari tahu, mengapa ini bisa terjadi?

Padahal, NovelToon ini platform menulis yang berani beriklan di Google Ads. Hampir tiap hari iklannya tayang di blog ini, tapi ada sedikit masalah dalam hal pendapatan bagi penulis yang popularitasnya sudah oke.

Apakah teman-teman yang sudah berkiprah di NovelToon, juga merasakan hal yang sama dengan kami? Dan itu sebabnya karena permasalahan ini, beberapa penulis kini menghapus aplikasi NovelToon di ponselnya.

Terus di NovelToon ini  kalau saya lihat banyak penulis pemulanya, ya nggak apa-apa juga sih banyak penulis pemula, tapi suka merasa kasian aja kalau para penulis pemula ini merasakan keluh kesah yang sudah kami rasakan.

Akhir kata, buat yang kuat berkarir di NovelToon, silakan lanjut. Buat yang udah nggak kuat, mending menulis di GoodNovel aja. Penghasilannya lumayan, terus nggak ngelihat dari jumlah pembaca.

Untuk teman-teman yang berminat menulis di GoodNovel, silakan baca tulisan saya: Pengalaman Menulis di GoodNovel, itu tulisan tentang tips mendapatkan banyak uang di GoodNovel.

Sekian review dari kami, semoga bermanfaat!

2 komentar: