Artikel Terbaru

Rekomendasi 10 Situs Web untuk Menulis Novel bagi Penulis Pemula

Situs Web untuk Menulis Novel



Hi writers!

Semakin ke sini semakin mudah saja berkarya dalam bentuk tulisan. Kini menulis novel tidak hanya memaksimalkan Microsoft Word saja, tapi kita bisa berkarya juga melalui situs web.

Salah satu manfaat menggunakan aplikasi menulis adalah karya kita akan dibaca banyak orang. Oleh sebab itu, kita sebagai penulis perlu memakai beberapa aplikasi menulis tersebut.

Enaknya lagi, buat penulis yang tidak memiliki laptop, sekarang gampang saja buat bikin cerita. Karena, aplikasi menulis yang akan saya bagikan di sini dapat kalian download langsung melalui gadget.

Nah baik, langsung saja berikut rekomendasi 10 situs web untuk menulis novel. Entah bagi penulis pemula maupun bagi penulis yang sudah malah melintang menulis.

1. Wattpad

Situs web yang satu ini sudah cukup populer di Indonesia. Banyak penulis yang berkarya melalui si orange ini!

Manfaat menulis novel di Wattpad adalah karya kita berpotensi dilirik sama penerbit. Dan memang sudah banyak penulis yang sukses diterbitkan novelnya, hingga di filmkan lewat aplikasi ini.

Apakah kalian salah satu penulis yang sudah berkarir di Wattpad? Atau mau memulainya?

Jangan lupa, baca tulisan saya tentang 10 cara mendapatkan banyak pembaca di wattpad. Sebab dengan banyaknya pembaca, maka boleh jadi penerbit menerbitkan novel kita.

2. Penana

Salah satu fitur kesukaan saya di aplikasi menulis yang boleh dibilang "terbaru" ini adalah fitur NoNoWrimo. Iya, jadi fitur ini seringkali mengadakan lomba menulis.

Nah, meski Penana tergolong situs web terbaru, tapi kini sudah banyak penulis yang mendaftar. Mungkin karena aplikasi ini mudah digunakan sehingga para penulis tertarik.

Dalam hal ini, saya mau bilang bahwa Penana adalah aplikasi menulis yang menarik dan juga beragam. Silakan bergabung!

3. Storial.co

Sejauh ini sudah ada 700 judul cerita di Storial.co.

Kelebihan bergabung dengan aplikasi menulis yang satu ini ialah memiliki komunitas menulis sendiri. Jadi kalian bisa berdiskusi dengan sesama penulis. Keren!

Jujur, saya suka sama situs web ini. Sebab, desainnya modern. Ini menjadi nilai plus tersendiri bagi saya.

Kalau kalian pengin tahu bagaimana pengalaman para penulis yang menulis di Storial.co, silakan baca pengalaman para penulis di Storial.co.

4. Steller

Yang menarik dari Steller adalah elemen-elemennya unik dan beragam. Mulai dari teks cerita, foto, dan video semuanya lengkap.

Apa yang menjadi nilai lebih ketika semua elemen dari aplikasi menulis terbilang unik? Adalah kenyamanan. Itu yang dihasilkan ketika menulis di Steller.

Buat kalian yang suka menulis quotes, rekomendasi dari saya adalah: di Steller aja.

5. JotterPad

Bukan hanya menulis novel, tapi untuk menulis puisi, artikel, hingga lirik lagu cocok untuk kalian maksimalkan aplikasi menulis yang satu ini.

Perbedaan JotterPad dengan empat aplikasi di atas ialah font tulisannya banyak pilihan. Terlebih format textnya banyak pilihan juga. Entah itu format pdf, txt, hingga doct.

Kelebihan JotterPad yang paling utama ialah memiliki desain yang user friendly. Sehingga mudah untuk digunakan di mana saja.

6. Cabaca.id

Platform menulis ini bisa langsung kamu akses di situs webnya. Di Cabaca.id, penulis akan mendapatkan royalti jika pembacanya banyak.

Lalu awalnya, pembaca yang mampir ke tulisan kita akan digratiskan ketika membaca tiga bab. Setelah itu, pembaca harus membayar.

Buat saya, konsep Cabaca.id oke lah. Sebab dengan cara ini, secara tidak langsung ia menghargai karya penulisnya.

7. Novelme

Ada yang sudah pernah menulis di platform menulis ini?

Ya, Novelme berhasil menarik perhatian penulis untuk berkarya di situs webnya. Sebab, ia memberikan hadiah yang nilainya cukup besar. Silakan baca ulasan kami tentang serba-serbi menulis di NovelMe.

Akan tetapi untuk bisa mendapatkan banyak pembaca dan ranking di sini persaingannya berat. Namun, jika kamu penulis yang sudah punya banyak pembaca silakan dicoba.

8. Dreame

Begini.

Jika kalian penulis Wattpad, dan sudah memiliki banyak followers, silakan daftarkan diri kalian ke Dreame. Pihak Dreame kemungkinan akan bekerjasama dengan kalian.

Karena salah satu cara untuk mengirim tulisan ke Dreame harus memiliki banyak pembaca dulu. Kalau misal belum memiliki banyak pengikut, silakan baca tulisan saya tentang cara memperbanyak followers Wattpad.

Di Dreame, ada tombol love. Kalian nanti harus mengumpulkan banyak love agar orang-orang membaca tulisan kalian.

9. NovelToon

Situs web untuk menulis novel yang selanjutnya adalah NovelToon. Ini platform menulis yang iklannya sering muncul di blog ini, heuheu.

Saya yakin bahwa platform menulis ini sudah jutaan penulis yang bergabung. Nah untuk menulis di NovelToon, kalian langsung bergabung saja.

Cara mendapatkan penghasilan di NovelToon, kalian harus rajin membikin cerita yang menarik perhatian pembaca. Sehingga nantinya dapat reward.

10. Webnovel

Ini adalah situs web dengan keuntungan paling banyak.

Jika kalian sudah dikontrak oleh Webnovel, maka akan berpenghasilan $200 per bulan.

Lalu, penulis yang aktif menulis di Webnovel dengan total 3000 kata per hari selama sebulan penuh, boleh dipastikan mendapatkan kontrak agar dapat penghasilan langsung dari aplikasi ini.

-

Itulah daftar rekomendasi 10 situs web untuk menulis novel bagi penulis pemula. Silakan dicoba!


Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.