Jasa Beta Reader Termurah di Indonesia [Penjelasan Lengkap+Rekomendasi Kami]

Jasa Beta Reader


Baru-baru ini saya kepikiran untuk membuka jasa beta reader. Sebab, setelah membuka layanan jasa review buku, banyak penulis indie yang mempercayakan bukunya direview oleh blog ini.

Kalian dapat membaca kualitas artikel review buku yang saya tulis pada halaman “advertisement”.

Nah, berhubung hasil review saya suka ada kritikan kepada penulis buku/novel, maka saya membuka jasa beta reader.

Entahlah, saya suka gregetan sendiri terhadap penulis-penulis novel yang melakukan kesalahan ketik/typo, atau bab pertamanya kurang menggugah pembaca, atau konflik ceritanya kurang menarik, atau banyak plot hole, dan masih banyak lagi faktor lain yang bikin saya greget saat membaca naskah.

Jujur, bawaannya tuh pengin memperbaiki naskah mereka, gitu. Terlebih lagi, saya mantan editor di sebuah penerbitan buku mandiri. Jadi sifat pengin memperbaiki naskah masih terus melekat pada diri saya.

Oke, jika kalian saat ini sedang mencari jasa beta reader, maka pahami postingan ini hingga tuntas, ya.

Mengenal, Apa itu Beta Reader?

Beta reader adalah pembaca kedua naskah penulis. Salah satu tugasnya memperhatikan naskah; apakah naskah penulis sudah layak dipublikasikan atau belum. Tugas beta reader sendiri hampir sama dengan proofreader di sebuah penerbitan buku.

Pertanyaannya jika beta reader pembaca kedua, lantas siapa pembaca pertama naskah? Adalah penulis naskah itu sendiri, atau istilah umumnya disebut dengan alpha reader.

Apakah Penulis Buku/Novel Perlu Menggunakan Jasa Beta Reader?

Sebenarnya tidak perlu apabila penulis sudah yakin sama kualitas tulisannya. Tapi, kadang-kadang, ada sebagian penulis yang merasa tulisannya banyak kekurangan, terus bingung cara memperbaikinya gimana. Maka dari itu, kebingungan itulah yang dirasa perlu untuk menggunakan jasa beta reader.

Beta reader nantinya akan mencari kesalahan penulisan si penulis, lalu memperbaikinya. Selain itu, beta reader juga bakal memberikan saran plot cerita, kesesuaian canon, dan pada intinya membantu menyempurnakan naskah penulis.

Apa Feedback yang Didapat oleh Penulis ketika Memakai Layanan Jasa Beta Reader?

Jasa Beta Reader Termurah Indonesia

Setiap kita menggunakan jasa, pasti harus ada feedback yang dirasakan. Begitu pun dengan layanan jasa yang satu ini, penulis harus menerima feedback dari beta reader. Dan di antara feedback yang bakal dirasakan oleh penulis adalah;

1. Naskah berpotensi besar diterima sama platform novel online

Jujur saja, alasan saya membuka jasa ini karena saya sadar bahwa saat ini banyak sekali penulis yang berkarir di dunia penulisan novel online. Mereka ingin naskahnya tembus ke aplikasi-aplikasi menulis cerita berbayar seperti Fizzo, Cabaca, GoodNovel, dan lain-lain.

Memang tidak tanggung-tanggung bonus yang didapat penulis ketika naskahnya lolos redaksi platform novel online. Maka dari itu, feedback yang bakal didapat (itu pun jika kalian menggunakan jasa beta reader kepada saya) yaitu naskah berpotensi besar diterima sama aplikasi menulis novel online berbayar.

Apa bukti untuk memperkuat feedback pertama ini?

Silakan baca saja artikel saya mengenai: cara mendapatkan kontrak eksklusif.

Dalam artikel tersebut, saya menjelaskan dengan detail panduan agar naskah bisa mendapatkan kontrak eksklusif. Dan itu artinya, saya sudah berpengalaman. Saya tahu celah-celahnya agar naskah lolos redaksi.

2. Memiliki teman diskusi selama dua Minggu

Meskipun hobi saya mengkritik naskah, tetapi kritikan saya tidak setajam silet, apalagi sampai menghina tulisan penulis. Tidak. Tidak begitu.

Saya justru akan menjadi teman diskusi dalam menawarkan ide cerita, tanpa mengubah ide cerita yang sudah kalian ciptakan.

Bukankah dalam berkarya sebenarnya butuh teman diskusi? Apalagi di dunia menulis. Butuh banget teman diskusi. Baik itu untuk menyemangati, memperbaiki kesalahan, memberikan saran, dan lain-lain.

Nah, saat kalian menggunakan jasa beta reader kepada saya, maka saya akan fokus dan totalitas membantu menyempurnakan naskah dalam waktu Dua Minggu.

3. Tahu sudut pandang pembaca

Feedback terakhir, penulis naskah akan mengetahui sudut pandang pembaca. Saya akan memberikan masukan terkait alur cerita, karakter/tokoh, dan konsep dalam cerita novel atau buku.

Saran yang saya berikan dapat membantu naskah supaya lebih menarik bagi pembaca. Sebab, jelas, saya memposisikan sebagai pembaca. Pembaca kedua malah.

Saya juga siap membantu mencari kesesuaian isi cerita dengan audiens/pembaca yang tepat.

Sesungguhnya masih banyak lagi feedback yang akan didapatkan oleh penulis saat menggunakan jasa beta reader. Nanti akan merasakan sendiri lah.

Mengapa Saya Merekomendasikan Jasa Beta Reader kepada Blog Saya Sendiri?

Salah satu keunggulan blog ini dari tahun 2019 sampai sekarang, selalu saja memposting artikel-artikel terkait dunia menulis novel dan buku. Itu artinya, saya sebagai pengelolanya, memang sudah tahu betul dunia penulisan buku dan novel.

Lebih dari itu, blog ini memiliki tim yang bertugas sebagai content writer dan reviewer. Jadi, meskipun orderan banyak, tetap dapat digarap. Sehingga naskah kalian tetap dapat kami perhatikan.

Content writer dan reviewer sendiri sudah terbiasa dengan aktivitas membaca. Dan mereka bisa diandalkan juga sebagai seorang beta reader. Sehingga, sebanyak apapun halaman naskah penulis, sudah pasti akan kami baca dan perbaiki.

Selebihnya, setiap kami membuka jasa, baik itu jasa review buku, jasa penerbitan novel, jasa pembuatan novel, selalu ada klien yang menggunakan jasa kami.

Semoga, saat kami membuka jasa beta reader ini, juga dapat dipercayai oleh banyak penulis. Kami tunggu kerjasama dari kalian, ya!

Apa Keunggulan Tim Penulis Garut dalam Memeriksa Naskah?

Apa Keunggulan Tim Penulis Garut dalam Memeriksa Naskah

1. Membaca naskah dengan seksama secara berulang-ulang

2. Memberikan saran yang konstruktif

3. Jujur-jujuran dalam memeriksa naskah; suka dan tidak suka akan kami sampaikan

4. Fokus pada naskah klien

5. Memperbaiki naskah dengan detail

6. Menghormati alpha reader

7. Objektif dalam menilai naskah

8. Memenuhi tenggat waktu yang sudah disepakati

9. Kami punya banyak waktu luang

10. Membaca udah jadi hobi, sih, jadi bawaannya seneng saat kami baca naskah

Berapa Tarif atau Biaya Jasa Beta Reader Tim Penulis Garut?

Untuk biaya jasa, mari saya bandingkan dengan layanan beta reader lainnya yang saya temukan di Google.

Rata-rata, layanan beta reader lain mematok harga paling mahal Rp 500.000 dengan pengerjaan maksimal tujuh hari.

Saya rasa, tujuh hari memeriksa naskah terlalu kecepatan, sih. Apalagi untuk naskah yang memuat beratus-ratus halaman. Padahal butuh waktu yang panjang untuk memperbaiki naskah.

Sementara itu, pada layanan beta reader lainnya paling murah Rp 200.000 dengan waktu pengerjaan selama 7-14 hari, dan minimal 200 halaman. Kalau 400 halaman, penulis harus tambah lagi 200K. Menarik sih, tapi saya perhatikan belum ada testimoni dari penulis yang menggunakan jasa reader dengan harga segitu.

Lantas untuk tarif atau biaya jasa beta reader melalui tim penulis Garut berapa?

Saya paling disamakan saja dengan honor saya selama menjadi editor di penerbitan buku; yaitu Rp 285.000 per naskah tanpa batasan halaman.

Harga segitu pengerjaannya maksimal 14 hari. Bisa lebih cepat juga. Bahkan kadang suka ada diskonnya jika dirasa naskah terlalu mudah untuk saya edit, hehe.

Bagaimana? Tertarik dengan biaya jasa yang saya tawarkan?

Jika tertarik, pahami langkah-langkah apabila memakai jasa beta reader tim Penulis Garut.

Langkah-Langkah Menggunakan Jasa Beta Reader Tim Penulis Garut

1. Penulis menghubungi saya via WhatsApp atau email (Nomor WA dan email tertera pada halaman kontak kerjasama blog ini)

2. Penulis mengirimkan naskah bahasa Indonesia melalui email thepenulisgarut@gmail.com atau ridwansyahpenulisgarut@gmail.com

3. Penulis mentransfer uang sejumlah Rp 285.000

4. Jika sudah mentransfer, maka di hari itu juga kami langsung memeriksa naskah

5. Kami akan membuat draft perbaikan supaya penulis tahu letak kesalahan-kesalahannya di mana dan tahu juga apa yang sudah kami kerjakan selama 14 hari

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Penulis

Rekomendasi Jasa Beta Reader

1. Penulis harus siap menerima kritik dan saran perbaikan

2. Penulis berhak menolak apabila saran perbaikan dirasa tidak cocok dengan alur cerita misalnya

3. Pembayaran wajib dilakukan lewat transfer bank dengan mengirimkan bukti transferan

4. Penulis harus fast respon apabila kami mengajak berdiskusi via WhatsApp atau email

5. Penulis harus terang-terangan naskah akan dikirimkan kemana supaya kami dapat menyesuaikan pengerjaan. Sebab, perbaikan naskah untuk dikirimkan ke penerbit berbeda dengan platform novel online

Penutup

Barangkali itulah penjelasan lengkap mengenai jasa beta reader yang kami sediakan pada blog ini. 

Dengan biaya segitu sebenarnya media kami merupakan salah satu layanan beta reader termurah di Indonesia. Namun, meskipun termurah, lihat saja nanti kualitas pelayanan dan hasil perbaikannya.

-  

Jadi, jasa beta reader mana yang kami rekomendasikan?

Ya jasa kami sendiri.

Sekian.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url