Artikel Terbaru

Menggunakan Jasa Review Buku, Apakah Perlu?

Jasa Review Buku


Sebagai orang yang sudah lama tercebur dalam dunia penulisan, saya sering mendapati pertanyaan, "Apakah perlu seorang penulis buku atau penulis novel bekerjasama dengan jasa review buku?".

Tanpa berpikir panjang, saya tentu menjawab; perlu. Hal ini disebabkan karena saya tetap konsisten dengan pernyataan saya pada artikel: cara menjual buku sendiri.

Dalam artikel yang sudah lama saya publish itu, saya berbagi soal strategi memasarkan buku. Dan dari beberapa strategi yang saya sampaikan, saya bilang bahwa agar buku atau novel kita muncul di pencarian Google, terlebih lagi untuk memancing pembeli, salah satunya adalah mencari penulis yang ahli mereview buku.

Bagaimana cara mencari jasa review buku?

Jika kalian sedang mencari orang yang tepat untuk mengulas buku ciptaan sendiri, ada tiga platform yang biasanya digunakan oleh seorang pengulas buku. Pertama, Youtube. Kedua, Podcast. Ketiga, blog.

Dulu, hanya blog lah paling efektif untuk mereview buku. Tapi, kini, Youtube dan Podcast bisa diandalkan juga. Meski, hanya beberapa penulis buku yang pernah mencobanya.

Jadi, jika kalian membutuhkan jasa untuk mereview buku yang sudah kalian tulis sendiri, cari lah mereka di tiga platform tersebut. Dan ini merupakan langkah pertama yang harus kalian lakukan.

Langkah kedua bekerjasama lah dengan seorang pereview buku yang katakan lah memiliki banyak penonton, pendengar, dan pembaca.

Saya rasa, sia-sia saja buku kita direview oleh penulis yang tidak memiliki banyak penonton di channel YouTube-nya, tidak mempunyai ribuan pendengar di Podcast-nya, dan tidak punya banyak pembaca setia di blognya.

Langkah terakhir dan yang paling krusial banget, adalah cari penulis yang gaya reviewnya menarik, tidak membosankan, dan jago mengajak calon pembeli untuk mengorder buku kalian.

Manfaat menggunakan jasa review buku

Di balik alasan perlunya menggunakan jasa ini, ada beberapa manfaat yang bakal kalian dapatkan.

1. Buku terjangkau luas

Anggap saja buku direview oleh seorang penulis yang aktif ngeblog. Dan penulis ini memiliki banyak pembaca setia. Terlebih lagi dia mengerti cara penulisan SEO.

Maka, buku kalian sudah pasti akan terjangkau luas. Sebab, buku diketahui eksistensinya oleh ribuan pembaca dari berbagai kota.

2. Terlihat serius dalam memasarkan buku

Upaya agar buku karya sendiri bisa terjual banyak adalah serius dalam memasarkannya. Rajin promosi di sosial media, berani menawarkan, dan intinya; melakukan segala cara untuk mempromosikan buku dengan kreativitas kita sendiri.

Nah dengan mengandalkan jasa ini, itu artinya kalian sudah serius dalam mempromosikan buku sendiri kepada khalayak. Sebab, tentu ada uang yang sudah dikeluarkan.

3. Jejak digital di internet

Nggak sedikit penulis yang tidak memiliki jejak digital bukunya di internet. Biasanya, ia adalah penulis buku indie yang hanya mengiklankan buku melalui sosmed. Sedangkan melalui blog, tidak pernah.

Oleh sebab itu saat buku kalian direview melalui blog seseorang, maka deskripsi buku, nama penulis, dan semua informasi buku bakal tayang di Google. Ini merupakan bentuk jejak digital yang positif.

Bahkan, orang-orang jauh di luar sana yang tidak kenal dekat dengan kalian, saat mengetik nama atau buku kalian, sudah pasti semua data buku dapat diakses di internet.

4. Gambaran bagi calon pembeli

Calon pembeli kadang ingin tahu tentang buku yang mereka beli sebelum mengorder. Mulai dari gaya penulisan, alur cerita, nama-nama karakter yang diciptakan oleh si penulis, dan semuanya.

Dalam hal ini, kalian membutuhkan jasa review novel atau buku yang detail dalam mengulas semua hal-hal menarik dalam buku kalian itu.

Lantas, ada rekomendasi, kah?

Ada.

Jasa Review Novel


Rekomendasi jasa review buku

Salah satu blog yang ingin saya rekomendasikan untuk mengulas buku kalian dengan hebat, adalah blog ini.

Mengapa?

Sebab, blog ini niche penulisan. Tiap bikin artikel terbaru pasti berkaitan dengan novel dan buku. Dan itu artinya, blog ini sangat relevan.

Untuk mencari pereview buku yang aktif di Youtube dan Podcast, silakan cari sendiri.

Saya pribadi hanya aktif di blog penulis Garut saja. Tidak bermain Youtube dan Podcast.

Prosedur kerjasama review buku melalui blog penulis Garut

1. Buku kirim ke kami. Namun, apabila terkendala biaya atau ongkos kirim, buku tidak perlu dikirim. Tapi, naskah mentahnya aja kirim ke email ridwansyahpenulisgarut@gmail.com atau kirim dokumen via WA.

2. Kami perlu biodata penulis. Mulai dari nama lengkap, akun media sosial penulis, hingga aktivitas penulis di dunia literasi ngapain aja (punya komunitas kah, mendirikan komunitas kah, dan lain-lain). Yang jelas, akun sosmed saja kirim ke kami untuk kami stalking atau cari tahu tentang diri penulis)

3. Review buku dikerjakan setelah penulis mentransfer uang kepada kami. Setelah kami selesai membaca buku penulis, kami langsung mereviewnya.

Kelebihan blog penulis Garut dalam mereview buku

Buku permanen di blog ini

Selama blog ini aktif dan pengelolanya masih hidup, buku-buku yang saya ulas di blog ini akan permanen. Itu artinya, buku kalian memiliki jangka panjang eksistensinya.

Buku dimasukkan ke Goodreads

Saya bukan hanya memajang buku melalui blog ini saja, tapi di official akun Goodreads penulis Garut juga di situ disimpan.

Jadi, bertambah lagi platform dalam memasarkan buku apabila kalian meminta kami untuk mereview buku yang sudah kalian ciptakan sendiri itu.

Buku direview hingga 1000 kata lebih

Jumlah kata dalam mengulas buku di blog ini, yakni hingga 1000 kata lebih. 85% ulasan buku dibaguskan-baguskan.

Sisanya berisi kelemahan buku dan saran dari kami untuk penulis.

Gaya review semacam ajakan orang untuk membeli

Seperti yang saya informasikan dalam kontak kerjasama blog ini, gaya review saya lebih kepada stori telling.

Artinya, jauh dari kata-kata formal. Tapi, penuh ajakan kepada pembeli untuk mengorder buku agar kalian tidak cuma-cuma mengandalkan blog ini.

Tugas kalian hanya perlu share link artikel setelah buku kalian saya review.

Tayang di halaman pertama Google

Jaminannya adalah hasil review yang saya tulis bakal muncul di halaman pertama Google.

Sehingga saat orang mengetik buku atau nama penulis, maka artikel review sudah bertengger di mesin pencari.

Notes: pembaca blog ini sudah sampai 4500 lebih.

Contoh postingan review buku blog penulis Garut

Saya kasih dua contoh postingan review yang sudah saya buat. Silakan klik link postingan di bawah ini.


Dengan membaca dua hasil review tersebut, saya kira kalian dapat menilai sendiri tentang bagaimana saya menulis review buku yang out of the box. Beda dari pereview buku lainnya.

Kesimpulan

Terkadang untuk mempromosikan buku sendiri, kita butuh jasa orang lain dan mau nggak mau harus mengeluarkan uang.

Tapi, demi karya kita terjangkau luas dan eksistensinya bagus di era digital ini, maka kita harus melakukan berbagai bentuk ikhtiar agar buku terjual banyak.

Ya, salah satunya adalah dengan mengandalkan jasa review buku.

-

Sekian.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.