Artikel Terbaru

Nulis Novel di Finovel Dapat Mewujudkan Impian Kamu Menjadi Penulis Andal serta Berpenghasilan

Nulis Novel di Finovel


Menulis di Finovel - Mungkin sekitar dua mingguan yang lalu lah saya pernah memuat tulisan pengalaman menulis di GoodNovel.

Kalau kalian masih ingat lalu ingin tahu perkembangan tulisan tersebut, kini postingan GoodNovel sudah trending di blog ini dan juga sudah dibaca oleh ribuan orang.

Lantas, apa maksudnya?

Maksud saya adalah benar bahwa, GoodNovel platform menulis online paling laris saat ini. Tiap hari, apabila saya amati, selalu saja ada penulis-penulis baru yang mendaftar di GoodNovel, dan kemudian mereka mulai menulis di sana.

For your information: sebenarnya selain GoodNovel, ada lagi nih aplikasi menulis online yang perkembangannya cukup pesat, yaitu Finovel.

Perlu kalian ketahui bahwa, nulis novel di Finovel akan membantu mewujudkan impian kalian menjadi penulis andal, plus berpenghasilan.

Baik lah, mungkin agak terdengar klise, ya? Dan mungkin sebagian di antara kalian tidak percaya? Atau mungkin baru mendengar Finovel?

Oke.

Mari saya mulai.

Berkenalan dengan Finovel, aplikasi baca-tulis online gratis

Jika kalian berselancar di Internet untuk mencari tahu tentang Finovel, kemungkinan informasi-informasi yang kalian dapatkan itu sudah usang.

Banyak website atau blog yang mengatakan bahwa, membaca novel di Finovel akan menghasilkan uang. Nggak sedikit juga, beberapa website agak kurang update kalau Finovel ini bisa dipakai untuk menulis novel.

Terkait informasi membaca novel di Finovel dapat uang, itu adalah kebijakan yang memang sudah lama. Setidaknya, ini yang saya ketahui dari salah satu contract editor Finovel.

Tolong dicatat, kini baca novel di Finovel bisa gratis. Caranya, kalian cukup mengumpulkan poin. Dan nantinya, poin-poin yang kalian kumpulkan dapat digunakan untuk membuka bab berbayar.

Di sini, sudah dapat kita ringkas bahwa Finovel ini selain platform menulis, juga platform untuk membaca novel.

Tentu saja kalau disandingkan dengan platform baca-tulis lainnya, Finovel ada kesamaan lah dengan GoodNovel maupun NovelToon. Untuk mengetahui kesamaannya, silakan baca tulisan saya: review NovelToon.

Nah, mungkin, pembaca yang berkunjung ke blog ini, ada yang bertanya begini, "Memangnya novel-novel di Finovel bagus nggak, Kak?"

Saya katakan: bagus. Sebab, saya yakin bahwa tiap platform membaca online, pasti akan ngasih bacaan yang terbaik bagi penggunanya.

Sejauh ini, saya katakan sekali lagi kalau Finovel ini platform membaca novel yang eksistensinya lumayan bagus.

Sayangnya, hanya beberapa orang saja yang tahu bahwa aplikasi Finovel bisa dipakai untuk menulis novel. Oleh karenanya, mari perhatikan dengan saksama mengenai cara menjadi penulis di Finovel.

Cara menjadi penulis dan menulis di Finovel

Menurut Dwinta Finovel (nama Facebooknya), ia salah satu contract editor Finovel, jika kalian ingin menulis di Finovel, silakan buat akun dulu. Atau boleh hubungi Dwinta Finovel melalui akun Facebook pribadinya untuk tanya-tanya.

Usai mempunyai akun, penulis dipersilakan menulis lewat website atau boleh juga melalui aplikasi Famelink.

Hal utama dan yang paling penting adalah penulis Finovel harus update chapter seenggaknya 20 chapter. Dan minimal, tiap chapter memuat seribu kata. 

Setelah itu, naskah kalian akan direview terlebih dahulu. Jika lolos review, bakalan diberi kontrak. Untuk sinopsis? Tak perlu membuat sinopsis.

Silakan buat yang berminat berkarya di Finovel, langsung aja hubungi nama akun Facebook contract editor Finovel di atas.

Jadi, dapat saya beri kesimpulan untuk menjadi penulis di platform menulis ini sebagai berikut.

1. Buat akun
2. Menulis
3. Tulis per chapter minimal 1000 kata lebih
5. Review
6. Kontrak (apabila naskah lolos)

Tips menulis novel di Finovel

Sepertinya kurang lengkap kalau membahas platform menulis tanpa ngasih tahu tips menulisnya. 

Sebagai media kepenulisan, penulis Garut selalu menyampaikan tips menulis di platform menulis yang kami review.

By the way, tips-tips di bawah ini bukan diambil dari pengalaman pribadi, tetapi langsung dari Dwinta Finovel yang malam kemarin saya tanya-tanya melalui inbox Facebook.

Baik, langsung saja.

1. Perhatikan teknik dasar menulis

Inti dari semua teknik dasar menulis novel adalah tulisan harus enak dibaca serta mudah dipahami pembaca. Untuk mencapainya, maka perlu memaksimalkan penggunaan tanda baca dengan baik dan tepat.

Artinya, entah tanda titik, koma, atau bahkan tanda seru harus ditempatkan dengan tepat. Ketika teknik dasar ini benar diaplikasikannya, maka emosi yang kalian tulis di dalam novel bakalan ngena ke hati pembaca.

Selain penggunaan tanda baca, tata bahasa juga harus logis.

2. Plot cerita jangan membosankan

Ada banyak penulis novel online yang teknik dasar menulisnya udah oke, tetapi naskah mereka masih saja tidak lolos.

Lantas, mengapa?

Boleh jadi, plot cerita yang dia bikin membosankan. Maka dari itu, Finovel akan meloloskan naskah novel apabila plot cerita para penulisnya seru.

Agar bisa membuat cerita dengan "plot" yang tidak membosankan, langkah awalnya adalah sering-sering membaca novel yang  juga plot ceritanya tidak membosankan.

Dengan begitu, setidaknya akan termovitasi.

3. Hindari konten sensitif

Hampir semua platform menulis paling tidak suka ketika membaca naskah sensitif yang memicu kontroversi. Maka, hindari membuat konten semacam itu.

-

Jadi, mudah saja nulis novel di Finovel. Untuk menembus dinding editor Finovel, ingat dua hal tadi; teknik dasar menulis dan bikin lah plot novel yang tidak membosankan.

Soal konten yang sensitif? Saya yakin, kalian tidak akan membuatnya.

Soal keuntungan atau benefit di Finovel? Tentu ada, dong! Silakan mulai nulis aja duluuu.

Mungkin, itu saja tema tulisan saya hari ini, semoga bermanfaat.

Silakan langsung bergabung ke Finovel, gays!

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.