Artikel Terbaru

Fictum - Platform Menulis Online Terbaru yang Perlu Penulis Coba

Fictum Platform Menulis Online Terbaru


Saya sudah cukup lama tidak mereview platform menulis online. Terakhir kali mengulas aplikasi menulis, yaitu pada Agustus lalu. Pada bulan Agustus itu, saya menulis tentang: review Joylada.

Nah, baru-baru ini mata saya terbelalak ketika di blog ini ada iklan dari Fictum. Ia adalah platform menulis online terbaru.

Dan kebetulan juga, akun Facebook penulis Garut sudah berteman lumayan lama dengan akun resmi Fictum.

Jadi, ingin rasanya ngasih ulasan kepada Fictum setelah memantau eksistensi aplikasi ini di Facebook. Meski, sampai sejauh ini, saya belum pernah saling sapa lewat Facebook.

Dan, begini...

Kesan pertama saya terhadap Fictum adalah; pertama, keseriusan. Kedua, keberanian. Ketiga, pandai memancing para penulis dengan beragam kemudahan serta keindahan visualiasi di websitenya.

Oke. Keseriusan dalam arti, tim Fictum serius memasarkan aplikasinya kepada khalayak, salah satunya lewat Google Ads.

Sebab, ada banyak aplikasi menulis online yang sudah famous, tapi eksistensinya menurun karena tidak serius lagi mengiklankan platformnya.

Keberanian dalam arti, disaat aplikasi menulis kayak NovelMe, NovelToon, dan GoodNovel yang lagi pada ramai diperbincangkan para penulis, Fictum kemudian hadir dengan keberaniannya bersaing dengan platform tersebut.

Pandai memancing para penulis maksudnya adalah, silakan lihat saja cara tim Fictum menggaet penulis di sosial medianya. Terlebih, di dalam websitenya.

Cara bergabung ke Fictum

Barangkali, ini adalah hal utama yang perlu diketahui oleh para penulis saat ingin berkarir di Fictum. Dan untuk bergabung ke Fictum, gunakan cara berikut.

Pertama, jika kalian benar-benar tertarik pengin berkiprah di Fictum, silakan kirim cerita dengan jumlah kata, 5000 kata (ini minimal-nya). Lalu kirim naskah tersebut melalui email editor mereka. Lengkapi juga naskah oleh outline novel.

Setelah itu (kedua), usai mengirim naskah lalu klik daftar untuk pengajuan kontrak. Usahakan juga email kalian aktif agar pihak Fictum mudah memberikan informasi terkait lolos dan tidaknya naskah.

Notes: editor Fictum akan merespon setiap naskah yang masuk selama 10-15 hari kerja.

Kalau pun lama banget, mohon sabar aja sih. Karena biasanya naskah yang masuk ke redaksi mereka, lumayan banyak.

Cara daftar di website Fictum agar mendapatkan kontrak

Seperti yang saya sampaikan di atas, usai mengirim cerita dengan 5000 kata tadi, silakan ajukan kontrak saja.

Bagaimana jika ditolak?

Coba nambah jumlah kata lagi hingga 15000 kata dengan cerita yang sama. Dan, silakan kirim lagi. Jangan lupa isi formulir yang disediakan oleh pihak Fictum.

Untuk mengetahui gambarannya, silakan cek Instagram dan Facebook mereka lewat Fictum Id. Dan akun ig: fictumofficial_id.

Kontrak eksklusif di Fictum



Keuntungan kontrak eksklusif di Fictum

Per 01 Oktober 2021 Fictum mengumumkan perubahan terkait keuntungan mendapatkan kontrak eksklusif, berikut di antaranya:

Signing fee 50 USD

Syarat: sudah menulis cerita 30.000. Cerita ini harus sedang berlangsung terus dan nanti akan dikontrak oleh Fictum.

Bonus update cerita harian hingga 150-250 USD per bulan

Syarat: nulis per hari sampai 1000 kata dalam cerita yang sama. Terus, jangan absen selama empat hari berturut-turut. Dan, semakin banyak kata yang kalian tulis, praktis semakin banyak bonus yang kalian dapetin.

Selain kedua bonus itu, ada juga bonus penyelesaian hingga meraup keuntungan 500 USD. Kerens!

Nah, selain kontrak eksklusif, kalian dapat bonus juga melalui kontrak non-eksklusif.

Jadi, Fictum menyediakan dua kontrak yang berbeda. Sudah jelas, nilai bonusnya juga nanti sangat berbeda.

Kesimpulan

Dulu, saya pernah menyampaikan dalam blog ini bahwa, semakin ke sini akan semakin banyak aplikasi menulis bermunculan, terutama di Indonesia.

Jadi, saat ada platform menulis terbaru, usahakan kita (sebagai orang yang hobi menulis, terutama menulis novel online), nyoba aja sesekali mah.

Siapa tahu kita yang kurang beruntung di platform A, eh di platform B berhasil diterima naskahnya.

Begitu pun di Fictum, berharap saja bahwa naskah kalian bakal lolos. Sebab, hadiahnya lumayan gede.

Overall, secara visual website Fictum nyaman banget. Loadingnya cepat. Dan sekadar informasi bahwa di Fictum, kita bisa menulis cerita lewat Smartphone dengan mode desktop site.

Tentu saja hal tersebut meringankan teman-teman yang tidak memiliki fasilitas semacam notebook atau laptop..

Silakan, untuk menerbitkan cerita di Fictum, langsung saja ke: Fictum.org.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.