10 Cara Mendapatkan Banyak Pembaca di Wattpad, Ini Sudah Terbukti!

Cara Mendapatkan Banyak Pembaca di Wattpad

Baru-baru ini saya diskusi dan membaca tulisan penulis-penulis muda yang menulis melalui Wattpad. Salah satu keinginan mereka adalah karyanya dapat dibaca banyak orang atau pengunjung.

Maka dari itu, saya ingin berbagi, gimana sih cara mendapatkan banyak pembaca di Wattpad? Atau gimana sih agar Wattpad banyak pengunjung? Dan tulisan ini hasil dari diskusi dengan para penulis Wattpad.

Nah, saya tahu bahwa dengan banyaknya pembaca di Wattpad maka penerbit kemungkinan akan melirik sebuah tulisan.

Dan akui saja, penulis akan senang ketika misalnya dihubungi oleh penerbit, lalu diberi kabar kalau tulisannya itu menarik untuk diterbitkan.

Akan tetapi yang perlu digarisbawahi di sini adalah jumlah pembaca atau view kudu seimbang dengan tulisan yang rapi dan bagus.

Hal ini menjadi penilaian lebih dari para penerbit. Oleh karenanya, mengenal hal itu akan saya jelaskan di bawah ini.

(Ada tulisan terbaru nih tentang cara meningkatkan followers Wattpad, silakan nanti dibaca: 7 cara meningkatkan followers Wattpad dengan mudah dan efisien).

Berikut cara mendapatkan pembaca di Wattpad. Dan juga maupun menaikkan, memperbanyak, atau meningkatkan readers/viewers di akun WP kalian.

1. Cover yang keren

Cara agar novel di Wattpad banyak yang baca, yaitu pertama pikirkan cover.

Cover itu ibarat penampilan. Istilahnya first impression buat menarik pembaca. Maka, buat lah cover yang keren agar pembaca jatuh hati kepada cerita yang kamu tulis.

Ada banyak aplikasi untuk membuat cover, salah satunya di canva.com.

Nah dari semua penulis Wattpad yang saya wawancarai, 85% menjawab cover dulu untuk mendapatkan banyak pembaca di Wattpad. Sebab kalau covernya bikin mata pembaca terkesan, mereka akan mengklik tulisan kita.

2. Judul yang unik

Cover dan judul itu satu paket untuk meningkatkan readers di Wattpad. Judul harus bisa menyihir pembaca. Lantas gimana cara bikin judul yang unik?

Kamu bisa menggunakan bahasa-bahasa asing untuk membuat judul yang unik. Entah bahasa Jerman atau Prancis. Dan usahakan hanya satu atau dua kata saja ketika membuat judul.

Semakin simple, semakin menarik di mata pembaca. Bukankah sudah banyak penulis Wattpad yang dihubungi oleh penerbit? Buku Dear Nathan misalnya. Lalu bukunya kak Luluk HF, dan masih banyak lagi.

Judul buku mereka itu simple banget, kan?

3. Update tiap hari

Gini. Sebagai contoh, blog penulis Garut pernah jarang update. Hasilnya, pembaca jadi turun. Ketika rajin update hampir tiap hari, maka pembaca melesat naik.

Pun dengan Wattpad, usahakan update setiap hari. Urus cerita yang kamu bikin. Konsisten bikin cerita yang menarik perhatian pembaca.

Dan lakukan itu semua dalam rangka latihan menulis. Sebab kalau terus konsisten menulis maka skill menulis kalian akan bagus.

Saya pernah menulis tentang 5 cara meningkatkan skill menulis  karena betapa pentingnya skill menulis bagi seorang penulis. Penulis apapun itu, termasuk penulis Wattpad. 

4. Berinteraksi atau komen cerita orang lain

Untuk memperbanyak viewers di Wattpad, terutama viewers yang setia sama tulisan kamu, maka berinteraksi lah dengan mereka.

Apa susahnya mengomentari dengan isi komentar mengapresiasi tulisan orang lain? Nanti juga mereka bakal balik baca dan mengomentari cerita kita. Ini bisa nambahin followers juga.

Istilahnya silaturahmi aja, memperbanyak teman sesama penulis Wattpad.

5. Promosi

Ada banyak cara untuk mempromosikan tulisan kamu. Misal, membagikannya ke sosmed, ke grup para penulis Wattpad, dan ke teman terdekatmu. Ini cara mempromosikan Wattpad yang efektif.

Lalu minta dibagikan lagi oleh teman kamu itu. Saya rasa, promosi menjadi faktor penting untuk meningkatkan pembaca di Wattpad.

Kamu bisa memaksimalkan fanpage di Facebook dengan nama authormu. Bikin juga second account di Instagram. Saya pernah membahas tentang 5 tips mengurus second account di Instagram bagi penulis. 

Di situ, saya menjelaskan tentang cara agar menaikkan followers nama kita (sebagai penulis) di ig dengan second account yang kita buat. Sebab bagaimanapun juga dengan memiliki second account maka memiliki value tersendiri.

Nanti ada brandingnya akun Wattpad kita itu. Inilah cara agar Wattpad banyak yang baca paling efektif.

Cara agar cerita wattpad banyak yang baca dan vote


6. Tulis deskripsi yang menarik perhatian pembaca

Next, cara agar Wattpad banyak yang baca, yaitu bikin deskripsi.

Nah, deskripsi yang kamu tulis tentu harus sesuai dengan isi cerita. Tulis deskripsi tersebut dengan menarik. Tulis semenarik mungkin.

Kalau saya perhatikan, masih banyak penulis Wattpad yang menulis deskripsi dengan apa adanya.

Bagi penulis pemula, deskripsi cerita penting banget. Jangan asal-asalan gitu. Kan orang setelah melihat cover dan judul, pasti memperhatikan deskripsinya dulu.

Mereka akan mengklik cerita yang kita buat karena deskripsinya menggugah. Saya pikir, Wattpad itu harus eksentik. Sebab aplikasi ini kan melalui bacaan digital. Orang memandang tulisan kita karena keindahan yang terpampang dari judul, cover, dan deskripsi.

7. Pintar memilih genre tulisan

Tidak semua pembaca menyukai cerita yang romantis. Memang kita akui bahwa tulisan yang bergenre romance banyak dilirik penerbit. Tapi itu tidak menutup kemungkinan genre tulisan yang lain tidak dilirik.

Ada banyak genre tulisan di Wattpad yang mainstream. Semisal cerita horor misalnya. Pembacanya kalau saya lihat bisa tembus 30K. Jadi mungkin kamu sesekali coba melakukan semacam eksperimen.

Ketika tulisan romance pembacanya sedikit karena kalah oleh penulis lain misalnya, coba bikin sesuatu yang baru. Bikin tulisan dengan genre yang lain. Ini akan menambah semangat kamu. Pun inspirasi menulismu bakal berdatangan.

8. Review karya melalui website dan YouTube

Tidak ada salahnya untuk mendapatkan banyak pembaca di Wattpad dengan cara mereview karya melalui website dan YouTube.

Website yang kamu kelola nulis juga tentang tips-tips yang berkaitan dengan akun Wattpad kamu.

Nanti tautkan link menuju karyamu. Saya yakin, orang yang suka menulis pasti akan mengklik tautan tersebut.

Mereka bakalan kepo terhadap karya kamu. Selain melalui website, review juga akun Wattpadmu melalui YouTube, ini untuk mendongkrak eksistensi cerita.

Cara ini, kata beberapa penulis Wattpad yang sudah mencoba, cukup terbukti untuk meningkatkan pembaca. Dan sebenarnya kita tidak perlu mengandalkan aplikasi penambah reader Wattpad. Dengan cara ini saja.

9. Gabung di komunitas menulis

Selain bergabung dengan grup sesama penulis Wattpad, coba bergabung di komunitas menulis. 

Komunitas menulis yang genre tulisannya umum. Saya juga tertarik nulis di Wattpad karena banyak penulis Wattpad yang mengajak saya untuk menulis di sana.

Teman-teman sesama penulis sering membagikan link cerita. Saya klik, deh. Ternyata bagus-bagus juga tulisannya.

Nah dengan bergabung di komunitas menulis selain untuk menarik banyak pembaca, juga nilai plusnya adalah mengajak penulis lain ikut juga menulis di sana.

10.  Pentingkan penulisan yang rapi

Cara terakhir untuk mendapatkan banyak pembaca dan vote di Wattpad dengan catatan untuk meraup pembaca yang loyal terhadap karya kamu, adalah mementingkan penulisan yang rapi dan baik.

Jujur, saya sering pilih-pilih bacaan di Wattpad. Sekiranya ada penulis yang dari cover, judul, dan deskripsi menarik, terlebih lagi penulisannya rapi, saya bakal kepincut buat membaca karyanya lagi.

Ada beberapa penulis yang tulisannya tidak rapi. Alias, disingkat-singkat. Dan itu bikin saya muak. 

Saya pikir penerbit melirik karya kamu salah satu pertimbangannya karena gaya kepenulisan yang rapi dan enak dibaca.

Teknik nulisnya bagus aja gitu. Silakan baca tulisan saya mengenai 5 teknik menulis agar mudah dipahami pembaca. Ini penting lho untuk kamu perhatikan.

Bahkan, beberapa penulis Wattpad bilang, buat apa banyak pembaca kalau tulisannya tidak enak dibaca? Kan sayang aja gitu.

Nah yang jadi pertanyaan, lantas gimana sih agar tulisan kita rapi?

Coba kamu baca tulisan saya tentang typing ganteng, latihan mendasar bagi seorang penulis di bawah ini. Terima kasih.


Ada tulisan terbaru nih terkait cara menerbitkan buku dari Wattpad, silakan baca -> 5 cara menerbitkan buku dari Wattpad.

Tulisan terbaru juga mengenai 7 cara menjadi penulis terkenal di Wattpad. Silakan dibaca.
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url