Artikel Terbaru

5 Cara Mudah untuk Mendapatkan Sumber inspirasi Menulis

Sumber inspirasi Menulis


Kami terkadang bingung ketika ditanyai oleh pengikut kami tentang dari mana sumber inspirasi yang kami dapatkan saat menulis? Pertanyaan ini klasik banget. Sama klasiknya ketika ditanya, "Tips menulisnya dong, Kak?".

Sebagai media literasi yang terbiasa dengan aktivitas menulis, bagi kami, mudah untuk mendapatkan sumber inspirasi menulis. Barangkali oleh karena terbiasa dan selalu menuntut diri untuk terus menulis, sehingga ada saja sumber inspirasinya.

Nah, kami ingin berbagi kepada pembaca tentang dari mana saja sih sumber inspirasi kami saat menulis. Kami yakin, di antara pembaca yang mampir ke blog ini pasti ada yang sedang kehabisan ide menulis, mengalami writer's block, dan lain-lain.

Pengalaman pribadi atau orang lain

Menulis pengalaman pribadi adalah hal paling mudah untuk diceritakan kepada khalayak. Sebab, ia terasa dekat. Kita hanya perlu mengeksplor pengalaman apa saja yang pernah kita alami dalam kehidupan ini lalu tulis.

Apakah kami pernah kehabisan pengalaman hidup saking seringnya menulis pengalaman pribadi? Salah satu pendiri penulis Garut sedang mengalaminya. Tapi, hal yang dia lakukan adalah menulis pengalaman orang lain. Ya, semacam mewawancarai kisah hidup orang lain lalu dia tulis.

Baca juga: 3 Cara Mengemas Ide Tulisan

Hobi atau keterampilan

Kami senang berbagi tentang tips menulis dan membaca karena keduanya adalah hobi kami. Keduanya adalah keterampilan dan bakat yang kami miliki. Jadi, mudah saja bagi kami dalam mengeksekusi setiap tulisan.

Selain hobi menulis, salah satu tim penulis Garut hobi nonton film. Alhasil, dia menulis tentang ulasan film, membedah sebuah film lewat tulisan, dan lain sebagainya. Jadi, hobi kamu selain menulis apa lagi? Berarti, tulis lah.

Pengalaman profesi

Kami jadi ingat sama salah satu sahabat kami yang bekerja sebagai montir mobil. Tiap hari, dia menulis tentang keresahannya menjadi montir. Kadang-kadang memberikan rekomendasi mobil yang bagus, memberikan informasi perkembangan soal dunia otomotif, dan lain sebagainya.

Kami jadi ingat sama salah satu sahabat kami yang berprofesi sebagai seorang guru. Dia kerap menulis pengalaman hidupnya saat menjadi seorang guru.


Pelajaran akademik

Bagi pembaca yang masih sekolah maupun kuliah, entah jurusan IPA atau IPS dan entah jurusan kuliah apapun itu, semuanya bisa kalian jadikan inspirasi untuk menulis. Kenapa? Karena jurusan akademik kalian pasti ada banyak mata pelajaran yang mau tidak mau harus kalian nikmati susah senangnya.

Nah, entah menulis tentang susah senangnya masuk jurusan kuliah yang kalian ambil atau menulis tentang mata pelajaran yang kalian ambil dari berbagai buku atau ilmu yang diberikan sama guru maupun dosen kalian, semuanya bisa kalian jadikan inspirasi menulis. 

Pendapat pribadi

Poin terakhir untuk mendapatkan inspirasi menulis adalah mengambil dari pendapat pribadi hasil membaca artikel yang sedang ramai dibicarakan. Mengambil dari pendapat pribadi hasil dari kekesalan kalian sepanjang hari. Kami biasanya menuliskannya di blog pribadi sih kalau dari pendapat pribadi mah. Sehingga enak saja, apapun bisa ditumpahkan lewat tulisan.


Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.