Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Pakaian Seorang Penulis untuk Acara Launching Buku agar Tampil Elegan

Pakaian Seorang Penulis


Sebelum launching buku, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh seorang penulis. Mulai dari pematangan materi, latihan publik speaking, dan beberapa hal lain sudah saya sampaikan dalam tulisan hal-hal yang perlu kamu persiapkan sebelum launching buku.

Setelah saya baca lagi tulisan tersebut, ternyata ada yang kurang yaitu mengenai pakaian seorang penulis. Sebab, pakaian itu penting bagi seorang penulis. Apalagi dalam rangka launching buku karya dirinya sendiri. Tentu harus tampil elegan di mata audience. Setidaknya, ini dalam sudut pandang saya sih

Ibaratnya, pakaian itu seperti cover buku. Ini sudah saya sampaikan juga dalam tulisan 10 cara mendapatkan banyak pembaca di Wattpad. Jadi, pakaian itu macam first impression alias kesan pertama lah yang sering diperhatikan oleh banyak orang.

Akan tetapi saya menghargai kok kepada penulis yang ketika launching bukunya, penampilannya sederhana saja. Tampil apa adanya. Itu tidak apa-apa.

Dalam postingan ini, saya hanya ingin berbagi pengalaman saja teruntuk penulis yang mungkin agak kebingungan saat menentukan pakaian mana yang kiranya cocok dikenakan dalam acara launching buku.

Berikut 5 rekomendasi pakaian seorang penulis untuk acara launching buku.

1. Kemeja putih

Ini adalah pakaian yang boleh dibilang formal lah. Mungkin hampir tiap orang punya kemeja putih ya.

Pakaian yang satu ini mampu bikin audience terkesima. Mereka akan menghargai kehadiran kita. Dan ketika kita mengenakan kemeja putih, secara tidak langsung, kita juga menghargai penonton yang hadir. Sebab, penampilan kita rapi. Saya sering mengenakan kemeja putih. Maka dari itu, kemeja putih merupakan pakaian favorit saya.

Agar tampak lebih elegan lagi, silakan padukan kemeja putih + jas hitam. Ini seperti gaya-gaya orang Barat lah. Atau kalau tidak punya jas hitam, maka kemeja putih + jaket hitam yang resletingnya dibuka. Ditambah bawahannya celana kain hitam atau celana jeans abu. Lengkapi dengan sepatu sneakers putih.

Ini cakep sih.

2. Kemeja hitam polos

Kalau kemeja putih terbilang formal, kemeja hitam polos terkesan santai. Dalam menyampaikan materi pun, bisa sambil bercanda dengan penonton. Tek-tokan dengan moderator acara literasi juga nantinya enak.

Untuk memadukan kemeja hitam polos, paling nyaman dengan celana jeans hitam plus sepatu pantofel hitam. Nggak tahu kenapa kalau atasan hitam, paling metching yaaa serba hitam. Kalau untuk cowok, kesannya kayak opa-opa Korea gitu..

3. Baju kaos polos lengan panjang

Soal warna kaos polos, apalagi untuk cewek, bisa disesuaikan dengan kenyamanan kalian aja. Entah putih, pink, merah, dan warna lainnya. Tapi entah mengapa, cewek paling cocok mengenakan baju kaos polosnya yang model lengannya panjang. Kalau untuk cowok, cocoknya yang lengan pendek lalu dipadukan dengan jas hitam atau jas warna lain. Jadi terlihat lebih nyantai aja.

Untuk celananya, paling oke jeans hitam atau menyesuaikan dengan warna baju. Putih dengan jeans hitam. Merah dengan jeans hitam juga. Hitam dengan jeans abu-abu. Sedangkan sepatunya, untuk cowok mah cocoknya menggunakan pantofel hitam atau sneakers putih.

4. Gamis

Ada banyak penulis cewek yang mengenakan gamis. Saya suka penampilan seperti itu. Mulai dari kerudung hingga sepatu, warnanya relevan. Kadang saya mendapati cewek yang memakai gamis dengan model kupu-kupu kerudungnya. Dan ini terlihat sopan, dan enak dipandang aja sih. Pakaian seperti ini menandakan bahwa yaaa betapa senangnya menjadi penulis.

5. Kaos bertulisan literasi, puisi, judul buku, dan kata-kata

Terakhir, rekomendasi dari saya mengenai pakaian seorang penulis yaitu silakan pakai baju atau kaos yang bertulisan puisi atau kata-kata. Ini menarik perhatian penonton. Mereka yang hadir kan sudah pasti suka membaca, jadi bakal membaca kaos kita.

Dengan mengenakan kaos yang bertulisan kata-kata motivasi, puisi, apa pun itu kesannya dekat dengan audience. Mereka akan ingat tulisan yang tertera dalam kaos kita.

Barangkali itu saja beberapa pakaian seorang penulis yang perlu kamu coba untuk acara launcing buku. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Seberapa Besar sih Apresiasi Orang Terhadap Penulis Buku?


Ridwansyah
Pendiri penulis Garut | Penggiat literasi | Follow IG/Twitter: @aaridwan16.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.