7 Cara Menjadi Penulis Terkenal di Wattpad, Ini Memudahkan agar Cerita Diminati Banyak Orang

Cara menjadi penulis terkenal di wattpad


Nggak bisa dimungkiri, penulis muda yang berkarir di Wattpad kebanyakan ingin dirinya terkenal. Hal ini mungkin disebabkan karena banyak penulis WP yang memang terkenal.

Sebut saja Erisca Febriani misalnya, penulis buku Dear Nathan. Lalu ada nama Luluk HF, dan masih banyak lagi.

Menjadi penulis terkenal, manfaatnya yakni setiap update cerita pasti cerita tersebut bakal diminati banyak orang. Inilah yang kemudian menjadi salah satu harapan penulis-penulis muda.

Tapi, nggak sedikit juga penulis yang tidak berharap ingin terkenal. Artinya, mereka menulis di Wattpad, ya menulis sebagaimana mestinya saja.

Lantas, bagaimana cara menjadi penulis terkenal di Wattpad? Berikut di bawah ini jawaban dari penulis-penulis WP yang sudah saya wawancarai.

1. Menulis cerita dengan genre yang berpotensi akan terkenal

Cara pertama ini maksudnya ikut-ikutan membuat cerita dengan tema yang sering dibikin oleh para penulis terkenal itu.

Misalnya, tema romance menjadi topik yang berpotensi bakal banyak pembaca sehingga akan terkenal. Ya sudah, kalian sebagai penulis Wattpad, tiru juga tema yang mereka buat.

Apakah dalam dunia menulis hal ini diperbolehkan? Boleh. Asal, plot cerita beda dengan penulis lain. Artinya, meski genre cerita kalian romance, tentu plot cerita jangan sama dengan kebanyakan penulis lain.

2. Menulis dengan genre yang kalian sukai

Cara kedua ini ialah solusi. Apabila kalian angkat tangan mengikuti tren genre tulisan yang berpotensi bakal terkenal, ya beralih lah dengan menulis cerita yang kalian sukai.

Suka menulis cerita dengan tema fantasy, geluti saja tema ini. Suka menulis cerita dengan tema horor, fokus lah membuat cerita horor.

Apa manfaatnya jika menulis dengan genre yang kita sukai? Satu: orang-orang akan memfollow akun WP kalian. Sebab, kalian konsisten menulis dengan genre cerita yang itu-itu saja.

Saya yakin, jika mengaplikasikan cara ini, akun Wattpad kalian akan diikuti oleh banyak orang sehingga followers WP kalian banyak.

Terkait followers Wattpad, baca juga tulisan saya tentang cara mendapatkan banyak pengikut di Wattpad.

Dan, ada kemungkinan juga, jika menulis dengan genre yang itu-itu saja, pembaca bakal menganggap bahwa kalian ahli dalam genre cerita tersebut. 

3. Berkarir di Wattpad dengan membagikan artikel yang out of the box

Saya tahu bahwa di Wattpad, tidak hanya disuguhi oleh cerita-cerita yang mengasyikan saja. Tapi, banyak juga artikel di dalamnya.

Nah untuk menjadi penulis terkenal di Wattpad, tidak perlu fokus menulis cerita saja. Menulis lah dengan membagikan artikel seputar tips-tips menulis di Wattpad, bercerita pengalaman menulis di WP, dan lain-lain.

Ternyata, kan, banyak juga pembaca yang mampir, hingga puluhan ribu viewers malah. Cara ini memang terbilang out of the box, tapi bisa bikin kalian terkenal, lho!

4. Menulis harus rapi, ini tanda jitu agar menjadi penulis terkenal

Percaya atau tidak, di Wattpad tulisan yang disingkat-singkat dan tidak sesuai PUEBI kini menjadi perbincangan publik, khususnya bagi kami yang mengikuti dunia tulis-menulis.

Banyak penulis yang nyinyir terhadap penulis Wattpad yang menulisnya berantakan. Memang ada sih beberapa penulis yang terkenal di WP, meski tulisannya acak-acakan.

Namun, alangkah baiknya kalian menulis lah dengan gaya tulisan yang rapi. Sebab, ini akan disenangi penerbit buku. Ada kemungkinan, cerita kalian dilirik penerbit mayor maupun indie.

5. Gunakan diksi-diksi yang nggak umum dipakai penulis lain

Diksi ini meski sekadar membantu memperindah cerita, tapi mampu membuat seorang penulis terkenal. Kebanyakan pembaca suka sama penulis yang kaya akan diksi.

Coba sesekali perhatikan baik-baik tulisan para penulis yang terkenal, pasti kalian akan mendapati diksi-diksi yang nggak umum.

Lantas, di mana mereka menemukan diksi-diksi yang indah? Dari kamus, dari novel yang menakjubkan, dan masih banyak lagi.

Jadi, kalo mau jadi penulis yang beken, bumbui cerita kalian dengan diksi yang unik.

6. Rajin mengomentari tulisan anggota Wattpad yang lain

Untuk menarik perhatian pembaca, atur jadwal kalian untuk mengomentari tulisan anggota WP yang lain.

Sekiranya kalian mengukur diri bahwa plot cerita kalian cukup bagus, tentu perlu pembaca untuk menilai: apa iya benar-benar bagus?

Hasilnya, bagus atau tidak, kalo sering berkomentar di cerita penulis lain, maka penulis WP lain juga bakal berkomentar di cerita kita. Sehingga, ini menjadi daya tarik sendiri, "Wah, penulis ini dikomentari banyak orang tulisannya, mungkin ia terkenal.."

Cara ini cukup jitu, jadi saran saya: coba saja.

7. Terbitkan cerita Wattpad dalam bentuk buku

Nggak sedikit penulis Wattpad yang menggunakan cara ini agar dirinya menjadi penulis terkenal. 

Ketika dirinya merasa kurang terkenal di Wattpad, lalu berinisiatif menerbitkan ceritanya dalam bentuk buku, eh jadi terkenal.

Memang sih untuk menerbitkan buku tidak usah terfokus harus dilirik penerbit saja, tapi terbitkan oleh diri sendiri juga bisa, kan?

Sayangnya, masih banyak penulis Wattpad yang nggak tahu cara menerbitkan buku.

Dan beruntungnya, saya sudah menulis tentang cara menerbitkan buku: silakan baca tulisan saya -> Cara menerbitkan buku dari Wattpad.

-

Pengin belajar nulis novel? Ikuti kelas menulis novel bersama Kak Ridwansyah.

Hubungi Tim Penulis Garut melalui WhatsApp: 0895635986914.

-

Itu saja 7 cara menjadi penulis terkenal di Wattpad. Ini akan memudahkan agar cerita diminati banyak orang.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url