Artikel Terbaru

Cara Membuat Novel di HP - Step by Step!

Cara Membuat Novel di HP

Seseorang pernah bertanya kepada saya tentang bagaimana cara membuat novel di hp? Saya rasa, orang tersebut bertanya demikian karena fasilitas menulisnya terbatas. Atau, katakan lah dia tidak memiliki laptop atau notebook.

Padahal, untuk bikin cerita novel, lewat ponsel pun bisa. Salah satunya menulis novel online di aplikasi menulis. Bukankah saat ini aplikasi menulis sudah banyak bermunculan? Dan sejauh yang saya amati, mereka (para penulis novel) cukup intens juga nulis novel di handphone-nya.

Oke. Pada artikel ini, saya akan memandu kalian secara step by step untuk membikin novel melalui hp. Dan panduan ini saya pikir lumayan mudah. Kalian hanya perlu mengikuti beberapa arahan yang saya tulis di bawah ini, lalu kemudian langsung mengaplikasikannya.

Artikel ini juga sekaligus mematahkan keresahan penulis pemula yang tidak mempunyai fasilitas, seperti laptop dan notebook tadi. Sehingga, jelas, mereka masih dapat berkarya meski hanya lewat android saja.

Baca juga ini: cara membuat novel untuk pemula.

Cara membuat novel di hp

Ada tiga tempat untuk merealisasikan pembuatan novel pakai hp. Berikut bakal saya jelaskan semuanya secara rinci.

1. Memanfaatkan blog gratisan di hp

Memangnya, apakah ada orang yang nulis novel di blog gratisan? Tentu ada.

Buktinya, tulisan saya tentang cara buat novel di blog hingga kini dibaca oleh ribuan orang. Itu membuktikan bahwa, betapa tertariknya penulis novel untuk menuangkan imajinasinya melalui blog.

Usut demi usut, alasan mereka menulis novel di blog, itu kadang buat latihan saja. Atau, nantinya, novel mereka disalin lalu dikirim ke aplikasi menulis. Bahkan, banyak juga karya mereka yang awalnya dipublish di blog lalu dibukukan.

Nah, untuk kalian sendiri, coba lakukan hal yang serupa sama mereka. Artinya, nulis novel aja dulu di blog pakai hp. Setelah novelnya tamat, lalu bukukan. Simple!

Jika kalian berniat memanfaatkan blog gratisan untuk bikin novel. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke blogger.com
  2. Kasih nama blog kalian sesuai judul novel atau nama pena kalian sendiri
  3. Gunakan tema bawaan blogger
  4. Mulai lah memposting bab 1 sampai selesai
  5. Share ke media sosial
  6. Jika banyak pembaca, langsung bukukan saja
  7. Selamat! Kalian sudah berhasil memanfaatkan blog untuk menulis novel di hp
Mudah, kan?

2. Memaksimalkan aplikasi notes bawaan di hp

Tiap hp android, pasti ada aplikasi notes bawaan. Saya yakin itu. Tapi, sayangnya, tidak semua penulis novel melek bahwa, aplikasi notes tersebut dapat dimaksimalkan untuk pembuatan novel. Mereka hanya menggunakan aplikasi notes untuk menulis ide-ide yang muncul sembarangan.

Saya rasa, enak lho nulis novel di catatan hp. Apalagi kalau lagi gabut dan rebahan. Imajinasi suka jadi liar gitu.

Nah, setelah kalian membaca artikel ini, mulai lah merangkai satu-dua kalimat atau sekian ribu kata lewat notes tersebut. Setelah itu, simpan saja.

Lalu, nanti pindahkan ke Microsoft Word apabila sudah punya laptop. Tandai bab 1, bab 2, dan seterusnya. Warnai juga tiap bab tersebut agar tidak terkesan membosankan karena biasanya satu warna saja.

Langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka aplikasi notes
  2. Matikan data seluler agar tidak terganggu saat lagi nulis
  3. Menulis lah saat sedang mau tidur atau pas lagi rebahan
  4. Fokus, fokus, dan fokus
  5. Mulai lah berimajinasi, dan ya! Berhasil!

3. Mendownload aplikasi menulis novel online di hp

Ini dia cara terbaik dalam membuat novel di hp.

Selain itu, menggunakan cara ini akan membikin kalian dapat uang tambahan dari menulis novel. Dan memang, cara ini merupakan cara yang sudah ramai dipakai oleh ribuan penulis novel online.

Tanpa perlu basa-basi lagi karena, cara ini adalah cara yang saya lakukan juga, berikut langkah-langkah yang perlu kalian lakukan:

Cara Membuat Novel di HP


Tentukan aplikasi menulisnya

Rasanya, di blog ini, saya sudah cukup sering membahas aplikasi menulis. Mulai dari GoodNovel, NovelMe, hingga Storial.co.

Semua aplikasi menulis yang saya tulis di sini, itu dapat kalian download melalui Google Play Store di hp android kalian. Dan, semuanya tentu saja gratis.

Tiap aplikasi menulis sendiri, ada kelebihan dan ada juga kekurangannya. Untuk mengetahui apa saja keunggulan dan kelemahannya, lalu apa saja aplikasi menulis yang lagi ramai diperbincangkan banyak penulis, silakan simak artikel berikut: daftar situs web untuk menulis novel.

Jadi, ringkasnya, langkah pertamanya adalah menentukan aplikasi menulisnya dulu.

Baca dulu review atau ulasan tentang aplikasi menulis tersebut

Agar tidak kecewa saat menulis novel di aplikasi menulis, sebaiknya riset dulu ulasan atau hasil review dari mereka-mereka yang sudah berkarir di platform menulis tersebut. Ulasan-ulasan yang nantinya kalian temukan, semuanya dapat membantu.

Baik, untuk mempermudahnya, ada tiga aplikasi menulis yang sudah pernah saya review. Sekaligus, ini rekomendasi dari saya buat kalian yang serius menulis novel di hp.

Wattpad - untuk penulis pemula, Wattpad cocok dijadikan langkah pertama dalam membuat novel lewat hp. Silakan baca: cara mendatangkan pembaca Wattpad.

Fictum - ini adalah aplikasi menulis online terbaru yang fitur-fiturnya enak dipandang. Silakan baca: Fictum.

NovelToon - salah satu platform menulis online yang serius banget ngajak penulis berkiprah di situsnya. Baca: review NovelToon.

Mulai lah menulis

Setelah menentukan aplikasi menulis lalu meriset berbagai platform menulis online, maka langsung saja download aplikasi yang kiranya nyaman buat kalian.

Usai itu, mulai lah menulis!

Cara membuat cover novel di hp

Saya rasa, informasi atau panduan dalam membuat cover novel di hp, juga penting untuk saya bahas. Sebab, saat kalian menulis novel di blog atau di aplikasi menulis maka akan ada persyaratan dalam mengirim sampul novel sendiri.

Katakan lah di Wattpad, itu harus ada cover novel yang kalian unggah. Pun di blog, untuk menarik perhatian pembaca, harus dikasih sampul juga. Makanya, berikut dua cara dalam pembuatan cover novel.

Gunakan aplikasi PicsArt

Agak susah memang untuk menjelaskannya.

Yang jelas, PicsArt bisa kalian pakai untuk pembuatan cove novel. Silakan maksimalkan YouTube untuk tutorial.

Saya sendiri, mengedit design gambar blog ini dari PicsArt.

Pakai Canva!

Untuk Canva, utamakan Canva premium. Tapi, yang gratis juga oke sih meski agak terbatas, ya.

-

Baiklah, itu saja panduan tentang cara membuat novel di hp. Selamat mencoba semuanya!

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.