Artikel Terbaru

Cara Membuat Rak Buku dari Kardus bagi Penulis dan Pembaca

Cara Membuat Rak Buku dari Kardus


Bagi saya pribadi, keberadaan rak buku di rumah berguna banget. Ia berfungsi untuk menyimpan beberapa koleksi buku yang saya miliki.

Wajar saja sih, sebagai orang yang hobi menulis dan doyan membeli buku, rasanya wajib aja gitu punya rak buku. Dan uniknya, dari semua rak buku yang ada di rumah saya, itu hasil bikinan saya sendiri. Terutama rak buku yang terbuat dari kardus. Berbeda dengan rak buku kayu, itu dulu beli di salah satu marketplace.

Nah, oleh karena saya cukup berpengalaman membikin rak buku, maka, dalam artikel ini saya pengin berbagi pengalaman kepada pembaca tentang cara membuat rak buku dari kardus. 

Mungkin saja pembaca blog penulis Garut yang suka menulis novel, kebetulan pengin iseng-iseng aja belajar bikin rak buku untuk menaruh beberapa novel kesayangan.

Jika benar ingin belajar, simak artikel ini sampai tuntas agar kalian bisa membuatnya. Dan juga mengikuti setiap arahan yang saya jelaskan.


Apa itu rak buku? 

Dalam laman KBBI, rak buku diartikan sebagai tempat menaruh buku. Atau, arti luasnya, rak buku itu semacam perabotan rumah untuk menyimpan buku atau menyimpan berbagai alat tulis.

Rak buku sendiri banyak jenisnya. Ada yang terbuat dari kardus, kayu, dan ada juga jenis rak buku portable (penahan bukunya dari almunium)

Cara membuat rak buku dari kardus

Untuk proses pembuatan rak buku dari bahan kardus, silakan amati dengan seksama subjudul-subjudul di bawah ini:

1. Menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan paling utama adalah kardus bekas. Tapi, kardus bekas ini harus yang karakternya masih kuat dan nggak gampang bengkok.

Karena, bayangkan saja kalau kardusnya sudah kendor, untuk nahan buku yang lumayan berat, pasti nantinya bakal hancur.

Baik..ini yang perlu kalian sediakan!
  • Siapkan kardus bekas yang masih kuat
  • Beli kertas kado
  • Beli dua jenis lem: lem bakar dan kertas
  • Siapkan gunting yang bagus
  • Siapkan juga penggaris untuk mengukur ukuran kardus yang dipotong

2. Proses pembuatan rak buku

Untuk masalah desain rak bukunya, silakan sesuaikan dengan keinginan kalian. Yang penting sih kardus bekasnya lumayan kuat buat menahan berat buku. Itu saja.

1). Mengukur kardus

Kardus bekas yang kalian sediakan, silakan ukur menggunakan penggaris. Intinya, mau bikin rak buku dengan ukuran seperti apa? Mini? Atau memanjang?

Silakan perkirakan ukuran kardus yang kalian butuhin.

2). Memotong kardus

Ini adalah langkah kedua yang wajib kalian lakukan. Dan ini merupakan langkah paling krusial banget dalam membuat rak buku. Sebab, kalau kardus bekasnya sedikit dan salah menggunting, nanti bisa kacau.

Silakan potong kardus sesuai keinginan. Potong menggunakan cutter atau gunting. Kemudian langsung dilem untuk menyambung-nyambungkan potongan kardus yang sudah kalian ukur. Pakai lem bakar, btw, agar kardusnya menjadi kokoh.


3). Dilapisi pake kertas kadi agar tampak bagus

Katakan lah kardus bekas tadi sudah membentuk rak buku. Nah, agar terlihat bagus, maka sebaiknya dilapisi aja kardus tersebut menggunakan kertas kado.

Yang dilapisi itu mau bagian luar atau mau semua bagian dilapisi juga tidak apa-apa. Kertas kado murah, kok. Jadi, sesuaikan saja.

Ingat juga, gunakan lem kertas sebagai perekatnya!

4). Hias dengan menempelkan gambar-gambar idola kalian

Di bagian pinggir rak buku, saya biasanya menempelkan gambar-gambar atau stiker-stiker bola. Yah, itu untuk menambah keindahan saja biar nggak polosan doang.

Kalian mungkin buat pecinta K-Pop, boleh tuh nempelin foto idola kalian di rak kardus buatan sendiri tersebut.

Pentingkah rak buku dari kardus bagi penulis novel?

Kalau ditanya penting, saya akan menjawab: penting. Sebab, semakin ke sini harga rak buku kayu dan portable semakin mahal. Sehingga, solusinya adalah membuat rak buku sendiri dengan memaksimalkan kardus bekas.

Lebih dari itu, saya rasa, bikin rak buku yang terbuat dari kardus, boleh dibilang simple. Di waktu senggang kalau sudah membeli barang, terus ada kardusnya, suka saya kumpulin dulu. Lalu saya buat deh rak buku mini atau rak buku besar. Tergantung ukuran kardusnya juga.

Manfaat keberadaan rak buku:

Sepanjang pengalaman saya membikin rak buku, ada manfaat yang luar biasanya di dalamnya.

  • Dapat meningkatkan minat baca bagi anggota keluarga saya
  • Koleksi buku saya dapat terlindungi dengan adanya rak buku
  • Untuk mengelompokkan buku berdasar pada kategori tertentu
  • Lebih enak pas membersihkan buku
  • Untuk menaruh banyak barang selain buku
Barangkali, itu saja postingan cara membuat buku dari kardus. Silakan tiru cara-cara yang saya sampaikan.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.