Artikel Terbaru

Kumpulan Contoh Tema Novel Paling Mudah Digarap Oleh Para Penulis

Contoh Tema Novel


Contoh tema novel - Dari semua tips membuat novel yang pernah saya bagikan melalui blog ini--katakan lah tulisan terakhir tentang cara menulis novel--terkait menentukan "tema" ini selalu dijadikan salah satu poin penting dalam menggarap novel.

Mengapa demikian?

Sebab, tidak sedikit seorang penulis yang kesusahan saat menentukan topik novel. Dan kadang-kadang, mereka bosan nulis novel dengan topik yang itu-itu saja. Sehingga ingin mencoba sesuatu yang baru, alias pengin mengarang novel dengan tema yang berbeda.

Four your information, beragam tema novel di bawah ini sengaja saya bikin agar penulis novel atau penulis pemula tahu bahwa, tema mana saja yang paling mudah digarap oleh para penulis novel.

Dan ini tentu bisa kalian jadikan sebagai contoh atau ide tulisan.

Baik, langsung saja.

Contoh tema novel

1. Tema Komedi

Tiap buku atau novel, punya ruang pembaca sendiri. Maka apabila kalian merasa seorang penulis yang lucu, sesekali perlu mencoba menulis novel komedi.

Jangan takut tidak ada yang membaca, terkadang pembaca butuh bacaan yang menghibur.

Novel komedi, yakni contohnya karya Raditya Dika. Bang Radit nulis novel komedi tidak niat melucu, tapi cerita yang terkandung dalam bukunya, selalu bikin pembaca terbahak-bahak.

Bagaimana cara menulis seperti Bang Radit? Baca tulisan saya: Tips menulis Raditya Dika.

Terus gimana contoh judul novel komedi?

Banyak. Misalnya, mengaitkan kata "jomblo" dalam judul buku. Dan memang sudah banyak judul buku komedi semacam itu.

Jadi, silakan kulik sendiri.

2. Tema Sejarah

Tema novel ini terbilang unik. Sebab, nggak banyak penulis novel yang membuatnya. Kalian boleh menjadi penulis yang berbeda dari penulis lainnya dengan menggunakan tema sejarah ini.

Gambarannya barangkali seperti buku Pramoedya Ananta Toer yang berjudul Bumi Manusia. Namun, mengambil tema ini harus banyak riset. Sebab, ada faktor tokoh di kehidupan nyata dalam tema sejarah ini.

3. Tema Islami

Sudah banyak penulis novel Islami di Indonesia ini. Namun, alur ceritanya kebanyakan masih terkait percintaan.

Nah, kalian bikin saja unsur kebaruan dari tema ini dengan mengambil topik Islami persahabatan.

Topik ini masih sedikit yang mengambil, jadi nggak harus berhubungan dengan cinta melulu. Misalnya, topik persahabatan yang diikat oleh ridha Allah.

Untuk referensi novel Islami, silakan baca ini: cara membuat novel islami.

4. Tema Sains

Tema sains biasanya berkisah tentang supranatural atau hal-hal yang berhubungan dengan bumi atau alam semesta.

Kalian buat saja  plot cerita percintaan yang dikaitkan dengan dunia fisika atau geografi. Sehingga, wawasan pembaca menjadi lebih luas.

Tema novel ini masih sedikit yang mengambil. Jadi, ini kesempatan kalian.

Redaktur dan editor penerbit bakal senang menerima naskah out of the box seperti ini.

5. Tema penggemar

Contoh tema novel yang satu ini sudah banyak digunakan oleh para penulis.

Jadi, mereka menulis tokoh idolanya dengan detail lalu dijadikan tokoh utama dalam novelnya. Biasanya saya menemukan jenis tema ini dari penulis perempuan yang menyukai K-POP.

Mereka berimajinasi sehebat mungkin tentang idolanya, lalu menuangkan tulisannya hingga beratus-ratus halaman. Sehingga menjadi novel yang menarik.

Hebatnya lagi, pembacanya banyak karena disukai oleh kalangan remaja. Untuk referensi novel fiksi penggemar, silakan baca: cara membuat fanfiction.

6. Tema Petualangan

Ide Contoh Tema Novel


Kalian pasti tahu buku atau novel Harry Potter karya JK Rowling.Saya rasa, jenis novel ini masuk ke tema misteri dan petualangan.

Genre novel ini bisa kalian tiru. Entah itu dunia sihir, game, dan masih banyak lagi. Soalnya sudah banyak novel petualangan yang diangkat menjadi sebuah film.

Untuk gambaran seputar tema petualangan, kalian silakan baca: cara menulis novel fantasi.

7. Tema Horor

Nggak selamanya novel horor diangkat dari kisah asli meski memang lebih menyeramkan jika diambil dari real life. Tapi, kalian bisa memanipulasi pembaca dengan menulis tema horor hasil dari imajinasi sendiri.

Tema novel horor ini dapat dibumbui dengan komedi, asmara, psikologis, dan masih banyak lagi. Enaknya lagi kalau nulis novel horor dari pikiran kita sendiri, kita nggak perlu banyak riset sih.

8. Tema Thriller

Kebetulan, beberapa hari yang lalu saya menulis tentang cara membuat novel thriller. Tulisan tersebut dapat kalian jadikan referensi.

Apa saja tema yang biasanya digunakan oleh penulis novel thriller? Yakni bercerita tentang balas dendam dan misteri.

Kalian bisa menggunakan topik lain dari tema thriller ini. Disaster misalnya.

9. Tema Romance

Ini dia tema paling laku di jagat pernovelan, haha.

Entah mengapa, dari dulu, tema romance paling digandrungi oleh penulis-penulis muda. Barangkali betapa mudahnya bikin cerita romance sehingga banyak peminatnya.

Tidak ada yang salah dari tema novel yang satu ini. Kalau kalian menguasainya, ambil saja. Tuntaskan! Di lain waktu, saya siap membagikan tips menulis novel romance. Tunggu saja.

10. Tema Keluarga

Salah satu keahlian saya dalam mengarang sebuah novel adalah selalu mengambil tema keluarga. Dari novel pertama sampai yang terakhir, saya kerap nulis novel tema keluarga.

Bagi saya, tema ini sudah saya kuasai dengan baik. Dan banyak pembaca loyal yang menunggu novel-novel saya selanjutnya. Tapi, sayang, kisah saya sudah berakhir di novel kedua.

11. Tema pengalaman pribadi

Tema ini boleh-boleh saja kalian gunakan. Sebab, terbilang mudah.

Tema ini khusus bagi penulis yang baru belajar menulis. Mereka mungkin perlu membagikan kisah pengalaman pribadinya.

Saya juga senang mengambil tema yang satu ini. Dan dulu, saya pernah membahasnya di artikel berikut: cara menulis novel kisah sendiri. Kebetulan, artikel tersebut sudah dikunjungi ribuan orang.


12. Tema Misteri

Saat ini novel tema misteri juga sedang digandrungi oleh novelis yang out of the box. Untuk bacaan tentang cara membikin novel misteri, simak penjelasannya di sini: cara menulis novel misteri.

-

Barangkali itu lah kumpulan contoh novel yang dapat kalian gunakan untuk ide penulisan novel. Dan saya pikir, dari 11 tema di atas, ada satu topik yang paling mudah. Sehingga, kalian dapat mengambilnya.

Selamat menulis.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.