Artikel Terbaru

Cara Membuat Novel Misteri dengan Cerita Sederhana

Cara Membuat Novel Misteri


Salah satu pilihan utama saya ketika sedang bosan menulis novel fiksi sejarah, pasti larinya ke novel misteri. Iya, saya tahu bahwa, membikin novel misteri ini sulit. Sangat sulit.

Tapi, kalau tidak mencoba sesuatu yang baru, ujungnya malah tidak menulis novel. Atau tidak produktif menulis.

Alasan saya memilih novel detektif (sinonim dari novel misteri) ketika lagi males nulis novel sejarah disebabkan karena kesukaan saya akan cerita-cerita misteri.

Di situlah timbul keinginan untuk mengarang cerita misteri. Dan berhubung sudah pernah mengarang dua cerita, saya kemudian ingin berbagi tentang cara membuat novel misteri.

Berbagai cara yang saya sajikan melalui blog ini tidak lah istimewa. Ini berdasar pengalaman pribadi aja. Terlebih, saya belum begitu ahli dalam menulis novel misteri.

Kalau toh bermanfaat, silakan ditiru. Kalau toh terasa kurang puas, silakan searching lagi karena masih ada banyak artikel lain yang membahas tentang jenis novel ini.

Baik. Mari saya mulai.

Memahami apa itu novel misteri

Pertama, mari pahami dulu bahwa novel misteri berbeda dengan novel thriller maupun novel horor. Oke, ketiganya kadang sama-sama mencekam. Tapi, alur cerita dan visinya sangat berbeda.

Dalam novel thriller, seperti yang pernah saya jelaskan lewat artikel: cara menulis novel thriller, sebaiknya isi cerita Thriller harus tenang, tapi pembawannya kejam. Bahkan, kudu lebih kejam dan menakutkan daripada novel horor.

Sedangkan novel horor, harus apalagi selain isi cerita kudu terasa merinding (katakan lah begitu) di hadapan pembaca. Simplenya begitu.

Nah, sementara, novel misteri erat kaitannya dengan teka-teki. Kejahatannya ada, kasus penipuannya ada, bahkan kasus pembunuhannya juga ada, mencekam iya, tapi isi cerita harus berkaitan dengan teka-teki. Dan teka-teka itulah harus dipecahkan dalam ending cerita.

Lebih dari itu, pembaca juga seolah harus ikut memecahkan cerita yang kita tulis. Bukan hanya membuka lembaran-lembaran novel kita saja. Tapi, kita harus menggiring pembaca agar ikut juga memecahkan teka-teki yang kita tuliskan.

Apakah bisa seperti itu?

Bisa. Asal, pahami beberapa cara atau beberapa elemen penting dalam membikin genre novel ini.

Bagaimana cara membuat novel misteri?

Perbanyak referensi bacaan novel misteri

Timbulkan dulu keseriusannya. Perbanyak dulu bacaannya. Baru lah berani menulis. Kalau ujug-ujug menulis cerita misteri, padahal backgorund-nya penulis novel romance, saya jamin bakal agak kesulitan.

Cara perbanyak referensinya?

Beli dulu novel Agatha Cristie. Beli dulu novel Sherlock Holmes. Dengan begitu, setidaknya kalian bakal mempunyai gambaran. Atau, berkunjung lah ke platform menulis novel online yang menyediakan bacaan misteri.

Itu saja dulu. Lalu, lakukan cara kedua.

Bikin karakter novel misteri yang pandai

Sebodoh-bodohnya protagonis, pasti ada sisi pandainya. Mungkin bukan bodoh sih, tapi lebih ke ceroboh. Dan karakter novel yang ceroboh hanya bumbu saja sebenarnya, karena karakter aslinya, dia adalah sosok yang pandai.

Sebut saja misalnya Scooby-do, di serial cerita filmnya, anjing coklat itu terlihat bodoh, padahal mah pandai.

Nah, kalau bisa, untuk membuat cerita misteri yang sederhana, protagonis kalian harus pandai. Silakan lengkapi kepandaiannya itu dengan sifat pemarah, pemalu, intovert, dan semacamnya.

Sampai di sini, paham kan?

Merencanakan dulu

Rencanakan dulu, mulai dari nama karakter, sifat karakter, siapa antagonisnya, lalu alur cerita direncanakan lagi mau gimana nantinya, plot-nya juga perhatikan, dan kasusnya, mau ngambil tema apa?

Semua itu masuk ke ruang lingkup kerangka novel. Oleh sebab itu, kalian wajib baca tulisan saya mengenai kerangka. Artikelnya di sini: cara menulis kerangka novel.

Bikin konflik yang rumit

Rumit, oke. Tapi, gaya penulisannya harus mudah dicerna sama pembaca. Jangan menulis dengan gaya bebas. Nanti tulisan malah berantakan.

Dan ingat, novel bukan lah jurnal blog pribadi. Novel adalah bentuk karya serius, dan harus menjurus ke isi cerita. 

Lalu, bagaimana membuat konflik novel?

Silakan pahami artikel berikut ini: cara membuat konflik novel.

Mau ngangkat misteri tentang apa?

Sederhananya, apakah mau ngambil topik misteri yang berkaitan dengan petualangan? Percintaan? Boleh lho. Atau kasus-kasus yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Jadi, tinggal tentukan aja sendiri.

Apa yang membuat novel misteri dikatakan bagus?

Pada halaman pertama, penulis novel misteri harus mampu menggugah pembaca. Hindari membuat awalan novel yang membosankan pembaca.

Kalau dari paragraf pertama saja sudah malesin banget nulis narasinya, maka ke depannya bakal dianggap membosankan sama pembaca.

Coba baca contoh awalan novel yang pernah saya tulis: contoh awalan novel.

Selain memikirkan awalan novel, pun dalam membuat karakter protagonis, harus memiliki karakter yang menyenangkan, cerdas, pandai, ditambah lagi plotnya harus menarik, dan dialog-dialognya juga penuh dengan teka-teki.

Setidaknya, begitu gamabaran sederhana, di mata saya, novel misteri yang dikatakan bagus. Tentu berbeda dengan sudut pandang pembaca novel misteri lainnya.

Ide untuk cerita novel misteri

Ada dua ide cerita. Pertama, dari film-film yang mengangkat tema misteri. Kedua, dari kasus-kasus yang real terjadi di masyarakat.

Atau, coba perhatikan psikologis seseorang, biasanya muncul tuh ide cerita menulis novel genre ini.

Singkatnya, begitu sih cara membuat novel misteri yang dapat saya bagikan. Pelan-pelan aja dulu kalau mau berkarir di genre novel ini mah.

Nanti, seiring dengan rajinnya kalian membaca jenis novel ini, maka bakal ketahuan celah-celahnya.

Sekian.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.