5 Langkah Memulai Menulis Novel hingga Terbit

Memulai Menulis Novel

Untuk memulai menulis novel sesungguhnya tidak begitu susah. Asal punya kemauan, pasti setiap orang bisa melakukannya. Beberapa orang barangkali gagal di tengah perjalanan penggarapan naskahnya disebabkan karena motivasi awalnya atau ekspektasinya terlalu tinggi, sehingga terjatuh.

Nah untuk meminimalisir kegagalan-kegagalan tersebut, izinkan saya berbagi pengalaman tentang langkah apa saja yang harus diutamakan saat ingin memulai atau menjadi penulis novel.

Artikel ini, menurut saya, penting untuk kalian ikuti, khususnya bagi penulis novel pemula. Katakan lah daripada ikut menulis dan harus bayar uang pendaftaran, sebaiknya baca artikel di blog ini aja.

Saya, dengan senang hati, pasti akan selalu memberikan panduan-panduan menarik tentang tata cara menjadi seorang novelis profesional.

Baiklah, simak ulasan saya di bawah ini.


Apa keunggulan menulis novel sampai bisa terbit?

Sebelum ke langkah awal menulis novel, sebaiknya pahami dulu kelebihan yang dapat dirasakan ketika punya niat ingin bikin buku sendiri hingga terbit.

Berdasar pengalaman yang saya rasakan, keunggulan membuat novel sampai terbit, ini terbilang keren. Terlepas naskah saya diterbitkan oleh penerbit mayor maupun indie, yang jelas saat naskah sudah berbentuk buku fisik, rasanya bahagia banget.

Lebih dari itu, kalau sudah berhasil menerbitkan sebuah novel, ini diibaratkan kayak nyimpen kenangan seumur hidup. Sebut saja kalau sudah meninggal, nanti ada kenangan tersendiri bagi orang lain atau pembaca yang sudah pernah membeli dan membaca buku kita.

Lebih lanjut, banyak juga apresiasi yang diberikan oleh orang lain. Mulai dari keluarga sendiri, teman, warga sekolah mantan sekolahan kita, dan masih banyak lagi.

Jadi, maksud saya, kalau saat ini kalian memiliki niat pengin bikin buku sendiri, niat tersebut usahakan gapai semaksimal mungkin. Sebab, menerbitkan buku sendiri itu mudah, silakan baca artikel berikut: cara menerbitkan novel gratis.


Bagaimana cara memulai menulis novel?

Mari masuk ke pokok pembahasan bahwa, untuk memulai menulis novel, perhatikan langkah-langkah berikut ini. Semua langkah-langkah yang saya tulis, ini berdasar pada pengalaman pribadi.

1. Mempunyai niat yang sungguh-sungguh


Utamakan memiliki niat yang benar dan sungguh-sungguh. Saya masih ingat pas awal-awal berhasil menerbitkan novel pertama, banyak rekan-rekan saya yang tertarik atau ingin mengikuti karir saya di dunia penulisan novel, eh lambat-laun keinginan mereka lenyap karena niat awalnya memang hanya tertarik, dalam arti tidak sungguh-sungguh!

Ciri calon novelis yang sungguh-sungguh itu seperti apa?

Mulai dari rutin membeli novel, baca novelnya, memahami penerbitan buku, latihan menulis setiap hari, mengamati dunia novel, baik itu novel bentuk fisik maupun online.

Saya pikir, kelihatan lah orang yang sungguh-sungguh ingin buat novel dan sekadar pengin aja. Biasanya, kelihatannya itu dari dorongan dia untuk mencapai keinginannya itu. Ada effort yang luar biasa kalau orang yang sungguh-sungguh mah.


2. Menentukan tema novel kesukaan sendiri

Ini adalah langkah kedua yang erat kaitannya dengan tema novel. Sebut saja kalau suka baca romance dan ingin menulis cerita novel romance, yaaa pilih saja tema romance tersebut.

Jangan takut dibilang lebay atau alay kalau menulis romance, asal plot novelnya bagus maka pembaca cenderung suka.

Bicara soal tema, ada banyak tema cerita dalam novel. Untuk menentukan salah satunya, silakan baca artikel berikut ini: kumpulan tema novel.


3. Menulis dengan gaya tulisan apa adanya saja

Saya pernah menyampaikan begini dalam tulisan gaya menulis novel, bahwa penulis pemula, sebaiknya pas memulai bikin novel, mending menggunakan teknik penulisan apa adanya saja. Ini lebih mudah daripada langsung menulis dengan gaya menulis tiruan dari penulis idola.

Maksud apa adanya di sini, yaaa ngalir aja gitu. Tapi, tetap harus rapi dan bagusnya sesuai dengan PUEBI.


4. Konsisten menulis setiap hari

Semua keinginan dalam menulis novel sendiri akan sirna apabila kita tidak konsisten menulis. Maka dari itu di samping sungguh-sungguh, dan untuk menandakan bahwa kita memang sungguh-sungguh ingin jadi novelis, yaaa usahakan konsisten menulisnya.

Silakan atur jadwal nulisnya. Entah sehari satu lembar kek, dua lembar kek, bebas. Sesuai kesanggupan diri kita aja. Dengan konsisten latihan menulis setiap hari, maka hasilnya tulisan kita akan menjadi bagus. Sebab, terasah terus.

5. Terbitkan novel jika sudah siap

Katakanlah naskah cerita novel sudah tamat, maka apabila kalian siap untuk menerbitkannya, silakan terbitkan. Kecuali kalau belum siap go publik, diemin aja dulu.

Cara menerbitkannya? Bisa ke penerbit indie dengan cara self publishing atau kalian lah yang membayar biaya penerbitannya.

Barangkali sesimple itu panduan atau cara memulai menulis novel. Sekian.

BACA JUGA: Keuntungan Menerbitkan Buku di Penerbit Indie
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url