Artikel Terbaru

Cara Promosi Novel Online sampai Benar-Benar Banyak Pembaca

Cara Promosi Novel Online


Cara promosi novel online - Setelah mengamati perkembangan dunia novel online, saya rasa, kini kiblat novelis muda lebih tertarik menulis cerita lewat aplikasi menulis. Itu sebabnya, banyak platform menulis online terbaru bermunculan. Salah satunya Fictum.

Alasan novelis muda kebanyakan berkarir di aplikasi menulis, menurut pandangan saya, itu disebabkan karena bonus yang diberikan oleh pihak platform menulis terbilang besar. Sehingga, katakan lah lumayan untuk mendapatkan uang dari hobi menulis.

Akan tetapi, perlu digarisbawahi dulu bahwa tidak semua novelis berhasil meraup penghasilan yang besar di aplikasi menulis. Ada juga yang kewalahan dalam hal menarik pembaca agar orang-orang membaca karyanya.

Sebab, poin utama menulis di platform menulis supaya menghasilkan banyak uang, adalah faktor banyaknya pembaca.

Semakin tinggi minat pembaca yang masuk ke cerita si penulis novel online, semakin banyak juga pendapatan yang akan diterima. Itu kuncinya. Sebaliknya, sedikitnya jumlah pembaca maka uang yang diterima pun bakal sedikit juga. Ini sebenarnya yang perlu dicari solusinya.

Nah, solusi paling sederhana untuk mendatangkan banyak pembaca, yaitu dengan mempromosikan novel online tersebut melalui berbagai cara. Kebetulan, saya sudah mengumpulkan cara promosi terbagus guna menghadirkan banyak readers.

Lantas, apa saja cara terbaik dalam mengiklankan novel online? Berikut di bawah ini akan saya kuak semuanya.

Apa itu promosi novel online?

Begini.

Ada perbedaan antara mempromosikan novel dalam bentuk buku dan online.

Dalam bentuk buku, saya pernah membahasnya lewat artikel cara mempromosikan novel sendiri. Sedangkan novel dalam bentuk online, seenggaknya mirip-mirip mempromosikan cerita Wattpad.

Sementara, yang dimaksud dengan promosi novel online adalah aktivitas di mana si penulis novel mempersiapkan diri untuk memancing pihak aplikasi menulis agar meng-approve karyanya, dan dapat menarik pembaca juga setelah karya tersebut disetujui oleh editor platform menulis.

Jadi, kata "promosi" di sini bukan cuma ditujukan untuk mempromosikan novel setelah novel tersebut tayang. Tapi, sebelum menulis pun, harus disiapkan juga agar pihak aplikasi menulis melirik naskah kita.

Itulah mengapa, banyak penulis novel online yang mengeluh tentang; mengapa tulisannya sedikit banget yang baca?

Jawabannya satu: mungkin sebelum menulis, kalian tidak berusaha mempromosikan karya kalian sebagus mungkin ke redaksi aplikasi menulis yang kalian tuju.

Baik.

Langsung saja, perhatikan cara saya dalam mempromosikan novel online.

Cara mempromosikan Novel Online


Cara promosi novel online

Setidaknya, ada tiga tahap yang perlu kalian lakukan. Perhatikan baik-baik lalu aplikasikan.

Tahap persiapan menulis novel online

1. Bikin cover yang bagus dan relevan dengan isi novel

Di tahap persiapan lah sebenarnya awal dari segalanya, terutama dari segi cover.

Cover atau sampul novel online yang bagus akan membuat pembaca terkesima. Sehingga, jari-jemarinya meng-klik novel online kita. Jadi, upayakan saja, bikin cover yang bagus.

Selain itu, cover novel juga harus mengilustrasikan isi novel. Artinya, ia relevan dengan pembahasan novel kalian.

Saya yakin, para penulis novel online bisa lah bikin cover sendiri. Sudah banyak kok penulis yang punya bakat selain menulis, yaitu membuat cover.

2. Buat tema novel yang menarik pembaca

Mungkin saja alasan karya kita tidak banyak dibaca oleh orang lain, itu dikarenakan tema novel terlalu general. Tidak ada sesuatu yang membikin pihak aplikasi menulis berbedar-debar saat membaca karya kita.

Jadi, ayo, ambil tema novel yang keren. Bikin juga plot cerita yang bagus. Untuk gambaran tema novel, silakan simak artikel berikut: kumpulan contoh tema novel.

3. Tulis lebih banyak kata

Di setiap platform menulis online selalu saja ada syarat dan ketentuan harus ngirim naskah sekian kata. 

Nah kalau saya pribadi selalu saja membuat cerita, lebih dari jumlah kata dari ketentuan tersebut agar effort saya dinilai lebih bagus daripada penulis lainnya.

Kalian juga coba lakukan cara ketiga ini agar novel online kalian dipromosikan pihak editor.

Tahap ketika sedang menulis cerita novel online

Di tahap inilah paling krusial banget tentang diterima dan ditolaknya sebuah naskah. Seenggaknya, coba lakukan dua hal ini saat sedang nulis.

1. Menulis dengan rapi

Tulisan yang rapi, no typo, dan sesuai PUEBI, adalah tulisan yang kerap dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak platform menulis.

Pertimbangannya cenderung ke diterima, bukan ditolak. Karena, mereka suka dan katanya enak aja baca novel online yang tulisannya rapi.

Nah ini adalah poin pertama yang wajib kalian lakukan saat lagi nulis. Utamakan kerapian menulis.

2. Gunakan teknik tulisan yang enak dibaca

Teknik tulisan yang nyaman dan enak dibaca ialah teknik yang, titik dan komanya dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya.

Dalam dialog-dialog tokoh yang kita bikin, titik-komanya juga dipakai untuk kenyamanan pembaca. Sehingga, mudah dimengerti. 

Tahap setelah menulis novel online

Katakan lah novel kalian berhasil di-approve oleh pihak aplikasi menulis, tahap berikutnya yaitu mempromosikan novel dalam berbagai ruang. Berikut saya rangkum di bawah ini.

1. Share ke media sosial

Media sosial menjadi senjata paling utama bagi para penulis novel online. Namun, sayang, mereka hanya fokus di satu sosmed saja.

Katakan lah hanya aktif di Facebook. Padahal, Twitter dan Pinterest cukup bagus untuk mempromosikan karya.

Jadi, bikin aja akun Twitter dan Pinterest (penjelasan lengkap akan dibahas pada subjudul berikutnya).


2. Bergabung di grup sesama penulis

Bergabung lah di grup Telegram sesama penulis novel online. Atau seenggaknya, sesekali, bergabung di grup Facebook lalu promosikan karya kalian di sana.

Ingat, sesekali saja agar pembaca tidak bosan melihat kalian melakukan promosi terus.

3. Bikin serial cerita pada novel

Ada bagusnya penulis novel online membikin serial cerita. Tidak hanya membuat cerita A, ke B, dan loncat C.

Tapi, cerita harus terus berkelanjutan. Ini yang akan membuat pembaca penasaran menunggu episode atau bagian-bagian terbaru yang kita tulis.

Pihak platform menulis pasti bakal menyetujui. Asal, kita-nya aja yang sanggup.

Tips promosi novel online

Untuk melengkapi artikel ini, ada tambahan mengenai tips mempromosikan novel online. Silakan disimak.

Bikin akun Twitter, lalu buat thread tentang aplikasi menulis

Coba beralih lah promosinya di Twitter, lalu bikin thread  tentang pengalaman menulis atau bonus-bonus yang terdapat pada aplikasi menulis, terus unroll thread tersebut ke akun @bacautas. Dan jangan lupa di ujung thread, cantumkan link cerita kalian.

Buat sampul novel lalu unggah ke Pinterest

Untuk penulis yang sekaligus jago bikin cover novel, silakan unggah karyanya ke Pinterest, lalu cantumkan juga link novel online kalian. Saya jamin, pembaca akan mulai berdatangan.

Kerjasama dengan blog niche penulisan

Terakhir, kerjasama lah dengan blog yang membahas tentang dunia menulis. Salah satunya dengan blog penulis Garut. Entah itu minta direview, dipajang karyanya dalam blog ini, dan lain-lain.

Sebelum menghubungi, ingat bahwa harga kerjasama tidak murah. Pasti harus mengeluarkan banyak uang.

-

Barangkali itulah cara promosi novel online yang saya yakin, akan mendatangkan banyak pembaca.

BACA JUGA: Nama pena yang bagus.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.