5 Cara Menulis Artikel agar Dapat Uang, Ini Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Cara Menulis Artikel agar Dapat Uang


Saya yakin, bagi orang yang saat ini sedang mencari tahu tentang bagaimana cara menulis artikel agar dapat uang? Pasti kalian ini adalah orang yang hobi menulis, lalu ingin memiliki pendapatan dari hobi tersebut.

Dalam pikiran kalian, ada semacam opini-opini yang ingin dituangkan dalam bentuk tulisan.

Menulis artikel, kebanyakan memang identik dengan opini dan informasi. Ini berbeda dengan menulis pengalaman pribadi yang kemudian dipublish melalui blog.

Dalam membuat satu-dua artikel, kadang ada teknik-teknik tertentu, apalagi artikel tersebut akan kalian kirim ke media online.

Lantas, mari tidak memikirkan teknik dulu. Sebab yang ingin saya bagikan di sini adalah berupa jalan bagi para penulis untuk mendapatkan uang dari artikel yang dibuatnya.

Saya akan menjelaskan 5 cara agar artikel yang kita tulis bisa meraup penghasilan. Berikut adalah penjelasannya.

5 cara menulis artikel agar dapat uang

#Kirim artikel ke media online yang membayar penulisnya

Ketika kalian sudah menulis artikel, langkah pertama adalah mencari media online yang membayar tulisan kontributornya.

Sebab, ada banyak media online yang hanya mengucapkan terima kasih saat kontributornya mengirim tulisan. Dengan cara ini, tentu seorang penulis yang sudah susah payah membuat artikel, tidak akan mendapatkan uang.

Media online mana yang membayar kontributornya dengan bayaran yang lumayan, sekitar 250-300K?

Silakan baca tulisan saya: 5 media online yang membayar kontributornya dengan bayaran yang “wah”.

Jadi ketika artikel kalian dimuat di 5 media online tersebut, sudah pasti akan mendapatkan uang.

Dalam tulisan itu pun, saya menjelaskan tema apa saja yang kemungkinan bakal diterbitkan, lalu menjelaskan teknik menulisnya, dan lain-lain.

Jadi, cara pertama adalah kirim artikel kalian ke media online. Ini lumayan buat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

#Buka jasa kepenulisan artikel

Apabila kalian cukup mumpuni dalam menulis artikel, buka saja jasa kepenulisan.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya sering mendapatkan uang dari hasil membuka jasa kepenulisan artikel.

Mungkin bagi yang sudah lama mengikuti blog ini, tahu bahwa ada banyak iklan yang masuk. Itu disebabkan karena saya membuka jasa kepenulisan artikel. Silakan simak banner yang saya bikin di kontak kerjasama di blog ini.

Dari cara kedua ini, perlu diingat bahwa artikel paling laku ialah artikel yang bersertifikasi SEO. Sebab, permintaan artikel biasanya dari para pebisnis yang eksis di internet.

Cara kedua ini, kalian harus paham SEO. Berbeda dengan cara pertama, artikel berupa opini atau informasi tanpa SEO pun bakal diterima di media online.

#Rutin menulis artikel di blog

Cara ketiga ini butuh proses panjang untuk mendapatkan uang. Sebab, menulis artikel di blog, yang mana blog tersebut dikaitkan dengan Google Adsense, bisa berbulan-bulan dapat pemasukannya. Kecuali, bagi para penulis yang sudah ahli.

Akan tetapi, cara ini boleh kalian coba dulu. Anggap saja menulis artikel di blog tujuannya untuk latihan menulis, agar nantinya terbiasa menulis.

Nah dari ketiga cara di atas, pengalaman saya dapat uang dari menulis artikel yakni baru bisa dengan dua cara: pertama, mengirim artikel ke media online, salah satunya ke Terminal Mojok. Kedua, membuka jasa kepenulisan: tulisannya bisa kalian baca di label nulis iklan

Terkait cara ketiga ini, masih dalam proses.

Solusi lain agar kalian mendapatkan uang dari menulis artikel, atau menulis cerita, dan lain sebagainya, simak dua cara lagi. Ini sekadar solusi, lagi-lagi saya ambil dari pengalaman pribadi.

#Menulis buku sendiri

Saya perluas tulisan ini bahwa untuk mendapatkan penghasilan dari hobi menulis, bukan hanya dari menulis artikel saja. Tapi, menulis cerita fiksi, nonfiksi, dan lain sebagainya bisa meraup banyak keuntungan.

Salah satunya menulis buku sendiri. Sebab, saya yakin impian seorang penulis adalah bisa menulis buku sendiri. Lantas perbanyak lah cetakan buku kalian, jual di media sosial karya kalian itu. Ini cara ampuh untuk dapat uang.

Saya dulu pernah memulainya pada 2016 lalu. Dan, berhasil.

Pertanyaannya, gimana cara menulis buku sendiri? Silakan baca tulisan saya yang fresh ini: cara menerbitkan buku sendiri.

#Menjadi ghoswriter

Satu bulan yang lalu baru saja saya selesai menulis buku karya dosen saya. Tentu gaya tulisannya berbeda dengan gaya tulisan di blog.

Menulis buku biografi, lebih rapi dan formal.

Nah dengan menjadi ghoswriter, kalian bisa dapat banyak uang. Sebab, bayarannya cukup mahal.

Itulah cara menulis artikel agar dapat uang, sekaligus saya memberikan solusi apabila tiga cara di atas tidak berhasil diaplikasikan.

BACA JUGA: 5 Cara Menulis Artikel yang Disukai Google
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url