Sedang Mencari Info Lomba Menulis yang Aktif? Kenali Website Halo Penulis

Info Lomba Menulis

Sebagai orang yang sudah lama berkarir di dunia penulisan, saya pernah mengalami masa dimana rajin banget melacak keberadaan info lomba menulis. Baik itu di Google maupun di Instagram.

Namun, setelah saya menemukan beberapa website atau akun-akun info lomba menulis, ternyata kebanyakan sudah tidak aktif atau tidak diurus dengan baik. Padahal di Instagram, followers mereka sudah banyak.

Nah, baru-baru ini saya menjumpai website info lomba menulis yang aktif, bahkan di Instagram-nya pun sudah memiliki banyak pengikut, ditambah lagi doyan mengadakan event nulis buku bareng.

Nama websitenya adalah Halo Penulis.

Baca Juga: Komunitas Penulis Pemula, Adakah?

Apa itu Halo Penulis?

Halo Penulis merupakan perusahaan yang bergerak sebagai penyedia event kepenulisan. Sekaligus juga membuka layanan penerbitan dan percetakan. Website ini mewadahi para penulis agar selalu produktif menulis dan bisa menghasilkan buku.

Motto perusahaan Halo Penulis adalah “Produktif Menulis dan Menghasilkan Buku”. Tujuannya jelas, ia ingin membantu para penulis untuk produktif menulis dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakannya, serta membantu juga agar penulis dapat mewujudkan buku pertamanya.

Apa Saja Event yang Kerap Diselenggarakan Halo Penulis?

Berdasar riset yang telah saya lakukan, Halo Penulis selalu menyelenggarakan lomba menulis, lalu mengajak para penulis untuk menulis buku bareng, mengadakan juga pelatihan menulis serta penerbitan gratis, dan menyediakan komunitas literasi gratis untuk berbagai kalangan.

Halo Penulis kemudian bertekad untuk menjadi perusahaan yang berdampak baik demi kemajuan literasi di Indonesia. Sehingga, perusahaan ini berharap dapat membina dan memupuk calon penulis berbakat untuk generasi yang akan datang.

Memahami Lebih Dalam Event-Event yang Dibuat Halo Penulis

Lomba Menulis Cerpen

Cerpen adalah cerita pendek yang berisi tentang kisah cerita.

Menulis cerpen biasanya tidak lebih dari 10 ribu kata. Dan pada umumnya, cerpen dapat memberikan kesan dominan serta berkonsentrasi pada permasalahan satu tokoh.

Untuk para cerpenis, silakan ikuti lomba menulis cerpen di Halo Penulis. Beberapa tema lomba yang sudah diselenggarakan di website ini antara lain hujan, ibu, dan resolusi. Yang terbaru, tema kehilangan.

Lomba Menulis Puisi

Puisi merupakan karya sastra yang identik dengan ungkapan hati, pikiran, dan perasaan penyair.

Puisi dituangkan dengan memanfaatkan segala daya bahasa, kreativitas, dan juga imajinasi pengarang.

Di dalam karya sastra yang satu ini biasanya dikemas dengan rangkaian bahasa yang indah, serta mengandung irama, juga makna.

Beberapa tema lomba puisi yang telah diselenggarakan oleh Halo Penulis adalah hujan, senja yang tak terlupakan, dan perpisahan. Yang terbaru, mengangkat tema kehilangan.

Baca Juga: Cara Menulis Novelet atau Novela

Lomba Menulis Quotes

Quotes merupakan kata tunggal dalam bahasa Inggris yang memiliki arti kutipan atau petikan.

Kini, sudah banyak penulis ‘quotes’ yang eksis di sosial media. Sehingga, apabila kamu berbakat dalam menulis quotes, silakan ikuti juga lomba menulis quotes yang diselenggarakan Halo Penulis.

Undangan Menulis Buku Bareng

Nah, salah satu event yang menjadi perhatian saya di Halo Penulis adalah undangan menulis buku bareng. Event ini bermanfaat sekali bagi kamu yang merasa masih pemula di dunia kepenulisan.

Dengan mengikuti event menulis buku bareng, setidaknya kamu bakal produktif menulis. Sekaligus juga, apabila kamu terpilih, praktis namamu terpampang di sampul buku dengan penulis lain.

Selain itu, penulis yang karyanya terpilih bakal mendapatkan e-sertifikat dan sertifikat cetak dari Detak Pustaka yang sudah terverifikasi Sertiva.

Event ini pun sudah dibuat cukup lama oleh Halo Penulis. Buku berjudul Bangkit dari Keterpurukan, Aku Tak Sempurna, dan Bahagia dengan Caraku Sendiri, adalah bukti terbit dari event undangan menulis buku bareng.

Sekilas Mengenal Halo Penulis yang Terkoneksi dalam Satuan Group Usaha CV Detak Pustaka

Barangkali kamu bertanya, mengapa event menulis buku bareng di Halo Penulis, karya penulis yang terpilih pasti diterbitkan?

Ya, karena website Halo Penulis, masih tergabung dalam satuan group usaha CV Detak Pustaka.

Detak Pustaka merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kepenulisan dan juga perbukuan. Ia didirikan pada 2017 lalu.

Detak Pustaka dibangun untuk menjembatani penulis agar mendapatkan layanan penerbitan, percetakan, dan pendistribusian buku dengan kualitas terbaik.

Tidak terhitung berapa banyak buku-buku bagus yang sudah diterbitkan Detak Pustaka.

Untuk mengenal lebih dalam tentang penerbit ini, silakan baca artikel: Cara Menerbitkan Buku Online dengan Mudah di Detak Pustaka.

Sisi Menarik Halo Penulis

Sungguh-Sungguh

Saya memandang bahwa, perusahaan Halo Penulis sungguh-sungguh sekali. Coba kunjungi saja akun Instagram @halopenulis, pada bio disematkan akun @halopenyair, juga pada akun @halopenyair menyematkan akun @nulisquotes.

Dengan tampilan seperti itu, pemilik Halo Penulis benar-benar serius mengurus media. Maka, tepatlah dengan moto yang diusung, “Produktif Menulis dan Menghasilkan Buku”.

Halo Penulis


Konsisten

Banyak akun info lomba menulis di Instagram yang tidak konsisten. Bahkan sudah tidak diurus dengan benar. Berbeda dengan akun Halo Penulis yang konsisten betul mengadakan lomba.

Selain konsisten, juga inovasinya, pemilihan temanya, dan tampilan medianya enak dipandang. Jujur saja.

Lomba Bertingkat Nasional

Lomba yang diselenggarakan Halo Penulis bertingkat Nasional, seperti yang tertulis pada halaman “tentang” website, bahwa:

Halo Penulis - Penyelenggara lomba dan menulis buku bareng khusus cerpen tingkat Nasional.

Juga:

Halo Penyair - Penyelenggara kompetisi dan kolaborasi puisi tingkat Nasional.

Nulis Quotes - Penyelenggara lomba quotes tingkat Nasional.

Kesimpulan

Untuk kamu yang sedang berada di momen lagi giat-giatnya mencari info lomba menulis, sekarang tidak perlu susah dan bingung. Tinggal kunjungi saja website Halo Penulis dan pantengin Instagramnya melalui @halopenulis.

Silakan meluncur ke website: www.halopenulis.com.

Itulah penjelasan saya mengenai website Halo Penulis.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Sekian.
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url