Cara Menerbitkan Buku Online dengan Mudah di Detak Pustaka

Cara Menerbitkan Buku Online


Terus terang saja bahwa cara menerbitkan buku online itu mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang penulis adalah membuat naskah. Setelah naskah berhasil dibuat, maka step berikutnya mengirimkan naskah ke penerbit.

Ada banyak penerbit yang dapat kita tuju. Mulai dari penerbit mayor, indie, hingga penerbit gratis. Ketiga jenis penerbit ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Katakan lah jika naskah dikirimkan ke penerbit mayor lalu diterima, praktis buku kita akan terpajang di toko buku. Ini kelebihannya.

Sebaliknya, kekurangan penerbit mayor adalah pemberian informasi kelangsungan naskah terhitung lama. Baik itu informasi naskah diterima maupun ditolak. Terlebih lagi, tingkat persaingannya tinggi. Sehingga, tak sedikit penulis buku yang enggan mengirimkan naskahnya ke penerbit mayor.

Lantas, adakah solusi lain agar naskah buku diterima oleh penerbit?

Jawabannya ada.

Untuk mengetahui bagaimana cara agar naskah diterima dan dicetak dalam bentuk buku fisik, silakan amati penjelasan saya di bawah ini.

Cara menerbitkan buku online

Mari saya jelaskan lebih runut lagi topik artikel ini. Bahwa, memang mudah sekali untuk menerbitkan buku secara online. 

Berikut adalah berbagai tahapan yang perlu ditempuh:

1. Membuat naskah buku

Dalam tulisan saya yang berjudul cara membuat naskah buku, saya menyampaikan bahwa untuk membikin naskah, penulis buku harus menentukan genre bukunya dulu.

Pengambilan genre sebaiknya disesuaikan dengan keahlian kita sendiri. Sehingga, proses penggarapan naskah bakal terbilang gampang.

Untuk mempercepat proses penulisan naskah, penulis buku sebaiknya membuat outline atau kerangka. Dengan adanya kerangka buku, setidaknya, ia berfungsi untuk menghindari kebingungan menulis di tengah pembuatan naskah. Dan juga untuk menepis penyakit writers block yang kerap menghampiri banyak penulis.

Setelah itu, naskah buku tinggal dilengkapi saja dengan judul, kata pengantar, hingga biodata penulis.

2. Mencari penerbit buku yang bagus

Sebut saja naskah buku sudah siap, maka langkah berikutnya mencari penerbit. Ini adalah langkah yang bagi saya, terbilang krusial banget.

Kenapa?

Sebab, berdasar pengalaman saya, untuk mencari penerbit buku tidaklah susah. Saya hanya perlu berselancar di Google maupun di Instagram, lalu mengetikkan kata kunci “penerbit buku”, dan hasilnya bakal banyak penerbit buku yang bermunculan.

Yang sulit itu, justru, mencari dan mendapatkan penerbit buku yang bagus. Salah satu alasan mengapa naskah mesti diterbitkan di penerbit yang berkualitas, itu disebabkan karena sayang aja sama naskah sendiri yang sudah digarap berulan-bulan, lalu malah diterbitkan di penerbit yang tidak berkualitas.

Bayangkan, betapa ruginya kita. Oleh sebab itu, saya menganggap bahwa proses mencari penerbit ini krusial sekali.

Nah, memang, adakah penerbit yang bagus agar naskah buku kita dicetak dengan rapi? Ada. Salah satunya Detak Pustaka.

Mari mengenal lebih dalam tentang Detak Pustaka dan mengapa saya merekomendasikan penerbit ini

Cara Menerbitkan Buku Online dengan Mudah di Detak Pustaka

Jujur, saya terkesima sama motto perusahaan Detak Pustaka. Mereka menyematkan motto "Menjadikan Bukumu Lebih Baik" dalam websitenya. Dan saya pikir, motto ini bukan sekadar isapan jempol belaka.

Pasalnya, terbukti dengan testimoni-testimoni yang diberikan oleh konsumennya. Salah satu testimoni luar biasa berbunyi:

Kecepatan dan ketepatan merupakan kunci dalam pelayanan di bidang jasa. Detak Pustaka memiliki 2 hal ini dalam proses pengerjaan desain cover dan layout buku saya yang berjudul The Miracle of Sleight of Mouth. Terima kasih untuk pelayanannya, insyaAllah akan ada next order lagi.

Testimoni di atas mengartikan bahwa betapa berkualitasnya Detak Pustaka. Selain itu, dan juga yang terpenting adalah pelayanannya responsif. Dan kita, sebagai penulis, kadang jengkel dengan pelayanan penerbit yang responnya lama dan tempalte banget. Sedangkan Detak Pustaka, tidak seperti itu.

Detak Pustaka sendiri merupakan perusahaan yang fokus bergerak di bidang penerbitan dan percetakan buku. Ia sudah membantu banyak penulis untuk menyempurnakan buku.

Mereka menyempurnakan bacaan, desain, hingga jangkauan dalam mendistribusikan buku. Baik itu buku yang ditulis oleh penulis pemula maupun penulis yang sudah malang melintang di dunia penulisan buku.

Ada banyak juga jasa yang mereka tawarkan. Dan bagi saya, semuanya menarik!

Berbagai macam jasa dan layanan di Detak Pustaka

1. Kelas menulis online

Saya pernah menyampaikan dalam artikel alasan logis kenapa harus ikut kelas menulis, salah satunya untuk mendapatkan trik dan juga rahasia dalam menulis. Baik itu menulis fiksi, nonfiksi, artikel di media online, hingga menulis di blog.

Dan semuanya tersedia di Detak Pustaka.

2. Jasa pracetak

Ini adalah bentuk jasa yang berkaitan dengan naskah buku agar tampak rapi layout-nya, lalu ter-PUEBI kata-kata dalam naskah kita, dan juga supaya bagus aja editingnya sehingga tidak ada typo atau kesalahan ketik.

3. Jasa cetak buku

Detak Pustaka menawarkan harga jasa cetak dengan kualitas buku terjamin serta professional. Hebatnya lagi, mereka membuka jasa ini dengan harga yang terjangkau dan spesial.

4. Jasa penerbitan

Ada tiga paket penerbitan di Detak Pustaka. Dan jika kita memilih salah satu dari ketiga paket tersebut, otomatis bakal mendapatkan ISBN, editing layout, cover buku, dan editing naskah.

Intinya, paket penerbitan di Detak Pustaka, saya rasa, terbilang komplit. Dan untuk mengetahui paket penerbitannya, silakan langsung saja meluncur ke: Paket Penerbitan Detak Pustaka.

3. Mengirimkan naskah ke penerbit

Langkah ketiga untuk menerbitkan buku secara online, yakni dengan mengirimkan naskah ke penerbit. Dan oleh karena saya merekomendasikan Detak Pustaka, maka inilah syarat umum dan juga ketentuan bekerjasama dengan mereka.

1). Naskah wajib original

Naskah yang kita kirim wajib ditulis sendiri. Hindari mengirimkan naskah karya penulis lain.

2). Buku Nonfiksi atau Fiksi

Detak Pustaka menerima kategori buku novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, buku anak, pengembangan diri, how to, lifestyle, traveling, dan pengetahuan populer.

3). Naskah eksklusif

Ini adalah jenis naskah yang belum pernah diterbitkan dan juga tidak sedang dikirim ke penerbit lain.

Nah, syarat umum yang kudu diperhatikan oleh penulis buku saat ingin menggunakan layakan Detak Pustaka, adalah memberi penjelasan mengenai kesesuaian tema naskah. Kita juga harus menjelaskan sasaran pembacanya untuk siapa dan jangan lupa bikin biodata penulis.

Bagaimana cara bikin biodata penulis?

Silakan simak panduannya lewat artikel cara membuat biodata penulis buku.

Selain mematuhi syarat dan ketentuan naskah, kita juga harus paham format penulisan naskah. Untuk format dan teknis naskah, Dekat Pustaka mengimbau kepada calon penulisnya agar mengirimkan naskah yang sudah jadi. Hindari mengirimkan naskah yang masih separuh.

Kemudian, naskah yang dikirimkan minimal memiliki 7.000 kata (minimal 55 halaman - max. 250 halaman A4). Format naskah diketik di Microsoft Word dengan font Times New Roman 12pt, spasi 1, dan ukuran halaman A4. Lampirkan juga minimal 1 halaman proposal terkait kenapa naskahmu layak mereka terbitkan.

Well menarik sekali, ya?

Kesimpulan

Sekali lagi saya perjelas bahwa mencari penerbit buku itu mudah. Namun, memperoleh penerbit yang bagus pelayanannya dan baik dalam menyempurnakan naskah, ini terbilang sulit. Maka dari itu, Detak Pustaka hadir untuk menjadikan buku kita lebih baik.

Demikian penjelasan cara menerbitkan buku online. Informasi tentang penerbit yang saya rekomendasikan ini, bisa kalian baca dan stalking lewat website Detak Pustaka. Kunjungi juga Instagramnya di @detakpustaka. Mereka kerap membagikan info tips-tips menulis yang menarik.

Sekian.
Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url