Cara Mencari Ide untuk Menulis Novel bagi Penulis Pemula

Cara Mencari Ide untuk Menulis Novel bagi Penulis Pemula

Belakangan ini otak saya terus-terusan kepikiran untuk membuat buku novel ketiga. Bayangkan saja, karya terakhir yang saya buat pada 2017 lalu.

Dan itu artinya, sudah lima tahun saya tidak meluncurkan buku baru. Dan sepertinya, fiks! Tahun 2023 saya ingin mengarang buku lagi. Berkarya lagi. Doain, ye!

Nah, kalau saya pribadi, sebelum menulis buku, pasti nyari ide dulu. Kira-kira mau jenis buku seperti apa yang akan saya tulis. Baik itu isi ceritanya, genrenya, dan lain-lain.

Dan akhirnya, saya sudah mempunyai konsep bukunya. Dan ini muncul akibat seringnya saya mencari ide.

Lantas, pertanyaannya, bagaimana sih cara mencari ide untuk menulis novel? Khususnya mungkin bagi penulis pemula, yang baru-baru ini kepikiran pengin menerbitkan buku.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak pengalaman saya mencari ide guna membuat buku lagi di tahun 2023.

Dibaca juga artikel saya tentang cara menulis novel inspiratif.

Cara Mencari Ide untuk Menulis Novel

1. Sering-seringlah menonton film untuk mendapatkan ide menulis novel

Cara pertama yang saya lakukan adalah menonton film luar negeri dengan genre filmnya itu kebanyakan romance.

Kenapa harus film romantis? Sebab, konsep buku saya berikutnya itu pengin membahas sesuatu yang berkaitan dengan percintaan.

Nah, kalian, kalau konsep novelnya pengin mengulas soal misteri, horor, dan lain sebagainya, maka, tontonlah film yang berkaitan dengan konsep kalian.

Saya yakin, kalian akan mendapatkan alur cerita, POV yang menarik, plot yang mantap, dan lain-lain. Dan itu dikarenakan kalian sudah menonton, sekaligus meneliti alur sebuah film.

Kalian bakal mampu menilai sendiri, filmnya seru! Alurnya menarik! Atau plotnya kurang! Dan masih banyak lagi ulasan kalian terhadap film yang sudah kalian tonton itu. Dan disitulah nanti, ide menulis novel bakal muncul sendiri.

Saking rajinnya nonton film, hampir tiap hari saya membuka Netflix, dan juga mendownload beberapa film yang sekiranya tidak ada di Netflix.

Paham, kan, cara pertama ini?

2. Biasakan untuk melamun dengan maksud: mencari ide

Otak saya itu paling berisik di malam hari. Ia bisa berkeliaran kemana saja. Mulai dari mengarah ke hal-hal yang berbau masa lalu, hingga masa depan. Dan disitu juga biasanya ide muncul.

Apa yang saya lakukan ketika di malam hari, ada ide cerita yang seketika muncul?

Adalah dengan membuka notes ponsel, lalu menulis ide tersebut. Kelak, beberapa hari atau Minggu kemudian, saya akan membuka notes untuk sekadar mencari tahu, ide cerita apa saja yang sudah saya catat di beberapa hari yang lalu itu.

Dan, tinggal eksekusi saja. Memindahkan ide yang sudah dicatat lewat ponsel ke naskah buku yang sudah saya tulis judul beserta poin-poinnya.

Saya yakin, kalian suka melamun, haha. Tapi, kan, tidak apa-apa, melamunnya produktif. Kadang tanpa disengaja pengin melamun pun, ya suka melamun aja gitu.

3. Biasakan bangun pada dini hari (sekaligus menulis sedikit-sedikit)

Berisiknya otak saya paling pas mau tidur. Sekitar pukul sembilan-sepuluh lah. Dan biasanya setelah melamun yang tiba-tiba melamun itu, kemudian tidur.

Dan alhamdulilahnya, suka kebangun pada dini hari. Saya paksain tuh bangun, nggak tidur lagi. Lalu buka komputer, buka Microsoft Word, dan menulis.

Entah mengapa, bangun tidur pada dini hari itu suka lancar aja pas nulis. Mungkin pikiran lagi kosong-kosongnya. Sehingga, menulis pun terasa mudah saja.

Selain itu, selagi mau menulis, ide pun muncul dengan sendirinya+langsung dieksekusi dengan baik.

Cara ketiga ini bukan mencari ide dengan dibuat-buat kayak melamun tadi, tapi ide akan spontan muncul.

Baik itu idenya berupa kisah-kisah hidup saya di masa lalu, atau alur cerita sebuah film yang sudah saya tonton dua hari lalu (tiba-tiba inget). Dan bisa ditiru alur ceritanya ke buku novel yang ingin saya buat.

Baca juga artikel saya mengenai: cara menulis novel keluarga.

-

Oke, berdasar pengalaman, saya hanya mampu memberi tiga cara saja untuk mencari ide menulis novel. Ketiganya, entah mengapa, worth itu aja buat saya.

Selebihnya, kalian bisa mendapatkan tata cara mencari ide untuk menulis novel lewat blog yang lain (mungkin penulis blog lain bisa lebih banyak lagi ngasih caranya).

Saya cuma tiga aja. Dan beneran, ide kemudian muncul seketika.

Baik, terima kasih buat teman-teman yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Sekian.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url