Komunitas Penulis Pemula, Adakah? Ini Cara Mencari dan Membuatnya

Komunitas Penulis Pemula

Melalui postingan ini, saya bakal menjelaskan tentang, sebenarnya ada nggak komunitas penulis pemula? Komunitas yang benar-benar memberikan semangat atau merangkul penulis pemula untuk terus menulis, berkarya, dan lain-lain.

Nah, berdasar pengamatan saya, komunitas khusus penulis pemula itu keberadaannya memang ada. Cuman kalau di media sosial, ada yang sistem bergabungnya atau daftarnya pake uang. Terutama komunitas-komunitas penulisan yang aktif promosi di Instagram. Bentuk promosinya biasanya ajakan bergabung, ngadain lomba, buka member, dan lain sebagainya.

Sayangnya, kalau daftar pake uang, para penulis pemula langsung males aja gitu. Dan itu bahkan tidak menjamin si penulis pemula bisa langsung menulis bagus dengan daftar pake uang.

Dan kadang juga, pendiri komunitasnya atau anggota intinya malah suka jadi nggak terlalu berjalan mengurus komunitasnya, kedepannya.

Baca Juga: Cara Membuat Acara Bedah Buku

Ada mah ada komunitas penulisan untuk menampung penulis pemula, tapi terkadang tidak begitu aktif atau intens memberikan informasi-informasi yang membikin si penulis pemula jadi semangat.

Lantas, bagaimana cara mencari komunitas penulis khususnya bagi seorang pemula? Dan bagaimana juga cara membuat komunitas penulisan atau literasi?

Berikut penjelasannya..

Cara mencari komunitas penulis pemula yang serius

Keseriusan dan keaktifan komunitas menjadi tolak ukur bagi para penulis pemula. Mereka akan melihat dan menyimak dulu, apakah komunitas A benar-benar berjalan? Kalau tidak berjalan, buat apa bergabung.

Untuk itu, inilah cara mencarinya..

1. Search di Instagram dengan kata kunci “Komunitas Penulis”

Langkah pertama untuk menemukan komunitas penulisan atau literasi, adalah dengan mencari di Instagram. Gunakan keyword “komunitas penulis” maka nanti akan muncul akun-akun dengan menggunakan username komunitas penulis.

Lihat di Instagramnya, apakah mereka aktif. Lihat tanggal postingan terakhirnya. Kalau memang aktif dan banyak pengikutnya, iseng-iseng aja bergabung. Nah pas bergabung, lalu ternyata tidak aktif, tinggal keluar aja.

Ini cara pertama.

2. Bergabung di grup Facebook komunitas penulis

Saya akan merekomendasikan salah satu grup penulis pemula di Facebook, yang kebetulan saya temui di Google. Silakan bergabung saja ke Grup Facebook Komunitas Penulis Pemula. Meskipun tidak terlalu ramai, kalian bisa memaksimalkan grup tersebut untuk promosi cerita novel atau buku yang sudah kalian terbitkan.

Saya merekomendasikannya karena grup tersebut muncul di pencarian Google. Jadi pasti bakal banyak yang melihat grup tersebut karena status grupnya publik.

3. Bergabung di grup WA komunitas penulis

Ketiga, kalian bisa bergabung di grup WA yang memang khusus para penulis pemula. Link masuknya bisa kalian dapati di Instagram, Facebook, dan Twitter.

Kalau kalian punya akun Twitter, silakan follow akun @writemenfess. Ini adalah akun menfessnya para penulis. Di sana, kalian bakal menemukan tweet ajakan bergabung ke komunitas menulis, yang membuat komunitasnya kadang inisiatif dari followers akun menfess tersebut.

4. Cari grup komunitas menulis lokal

Di kota kalian, mungkin ada satu atau dua komunitas menulis. Kalau nemu, tinggal bergabung saja. Minta syarat pendaftarannya. Dan tilik kegiatan mereka ngapain aja.

Jadi, hanya empat cara saja untuk mencari komunitas penulis. Khususnya bagi kalian yang merasa masih pemula.

Cara membuat komunitas penulis

Kalau kalian merasa, kok sedikit amat ya komunitas penulis itu, terus pada nggak berjalan lagi atau nggak terurus. Nah maka dari itu, solusinya bikinlah sendiri.

Untuk membuat komunitas menulis itu sederhana saja. Kalian tidak usah muluk-muluk ingin banyak anggota, cukup puluhan anggota saja namun semuanya aktif atau ikut nimbrung ketika lagi membahas sesuatu misalnya, ngegibah platform penulisan contohnya.

Dengan begitu, berhubung semuanya pada menyahut, maka komunitas terlihat ‘hidup’. Kalau sudah kelihatan hidup, kedepannya bakal rame.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuatnya?

Kalau pengin tahu langkah-langkah membikin komunitas penulis, silakan baca artikel saya yang sudah dibaca oleh ratusan ribu orang tentang cara membuat komunitas penulis. Saya menjelaskan panjang-lebar mengenai tata cara mendirikan sebuah komunitas literasi. Silakan diklik aja link tersebut.

Oke, itulah penjelasan saya mengenai komunitas penulis pemula.

Kalian bisa menemukan komunitas lewat Instagram, grup Facebook, grup WA komunitas penulis, dan juga di komunitas lokal. Ini semuanya mencakup untuk kalian yang ingin bergabung ke komunitas penulis kreatif, online, puisi, cerpen, dan lain-lain.

Sekian.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url