Review Fizzo dalam Pandangan Penulis Novel

Review Fizzo


Sebenarnya pada Oktober lalu, saya pernah mereview Fizzo. Saat itu, platform menulis online ini bernama Fictum. Selang beberapa bulan kemudian, bergantilah namanya menjadi Fizzo. Dan kini, saya tertarik lagi untuk mereview aplikasi Fizzo.

Alasan tertarik lagi ingin mengulas aplikasi Fizzo disebabkan karena iklan Google Ads Fizzo kerap muncul di blog ini. Terlebih di fanbase khusus writer, banyak pengguna Twitter yang membicarakan Fizzo.

Dan menurut saya, wajar lah aplikasi ini diperbincangkan sama para penulis novel. Sebab, bonus dan keseriusan pihak Fizzo luar biasa banget.

Salah satu keseriusan tim Fizzo adalah mereka mengajak penerbit dan komunitas untuk bekerjasama dengannya. Ke tim penulis Garut pun pernah mengajak juga.

Mereka nge-DM kami melalui Instagram untuk membuka jasa perekrutan penulis novel dan rekomendasi naskah. Sebab, pada saat itu, mereka sedang membuka proyek ini.

Akan tetapi, kami belum siap. Pertama, penulis Garut bukan penerbit. Dan bukan komunitas juga. Kami hanya agensi penerbitan. Kedua, ketertarikan kami terhadap aktivitas menulis novel online belum muncul. Masih lebih menyukai aktivitas menulis novel, kemudian diterbitkan dalam bentuk buku fisik.

Overall sih, Fizzo bagus banget. Sumpah! Tampilan websitenya, lalu keaktifan mereka di sosial media, pokoknya keren. Maka dari itu, mari kita kenali lebih dekat lagi tentang aplikasi Fizzo ini.

Apa itu aplikasi Fizzo?

Fizzo merupakan platform membaca dan menulis yang sejauh ini sudah menjadi favorit pembaca dan juga para penulis. Sebab, Fizzo memberikan keuntungan atau bonus yang besar.

Pembaca Fizzo akan disuguhkan oleh bacaan gratis sampai selesai. Dan penulis Fizzo tetap akan mendapatkan penghasilan. Sebab, karya para penulis dikontrak dan kemudian dibayar oleh platform ini.

Fizzo diluncurkan pada 26 April 2021. Kini aplikasi yang awalnya bernama Fictum ini sudah diunduh sebanyak 5juta lebih pengguna, dan itu terjadi hanya dalam kurun waktu 1 tahun saja.

Platform ini sudah termasuk platform yang berani banget membayar mahal penulis. Sementara itu, pembaca bisa mengakses bacaan novel secara gratis.

By the way, Fizzo juga diprediksi akan menjadi platform baca-tulis nomor 1 di dunia. Ia akan menghadirkan banyak bacaan novel berkualitas secara gratis dan juga tetap menghargai penulisnya. Terbukti, kini mereka sudah menjadi aplikasi menulis nomor 1 di Google PlayStore.

Bagaimana cara menjadi penulis di Fizzo?

Untuk menjadi penulis Fizzo sebenarnya mudah saja.

Saya pernah membahasnya lewat artikel: Fictum. Silakan klik saja artikel tersebut.

Atau, kalian bisa juga mengunjungi website Fizzo di sini.

Dalam laman website Fizzo, sudah dijelaskan secara lengkap mengenai cara menulis atau menjadi penulis di Fizzo.

Penulis seperti apa yang dicari Fizzo?

Penulis seperti apa yang dicari Fizzo


Pertanyaan ini barangkali menjadi pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh calon penulis Fizzo.

Jadi, Fizzo ini sangat merangkul atau menyambut karya dari para penulis. Baik itu penulis yang sudah berpengalaman maupun penulis yang baru mulai belajar menulis fiksi.

Penulis di Fizzo tidak terbatas pada cerita novel romantis, petualangan, horor, fantasi, misteri, dan lain sebagainya. Artinya, selama kalian suka menulis dan memiliki ide cerita yang unik dan menarik, kalian bisa mencoba untuk mengirimkannya kepada Fizzo.

Dan, katanya, mulai April 2022, Fizzo punya event khusus untuk karya yang bisa dinikmati oleh para Gen-Z!

Informasi lengkap mengenai event ini, langsung saja meluncur ke Instagram Fizzo di @fizzo_official_id.

Keuntungan menjadi penulis di Fizzo dan berapa penghasilan penulis di fizzo?

1. Bonus eksklusif

Fizzo kerap mendukung para penulis supaya penulis selalu semangat dalam berkarya tanpa putus. Oleh sebab itu, Fizzo ngasih bonus eksklusif ini hanya kepada penulis yang telah mereka kontrak secara eksklusif. Bonus eksklusif ini pun dibagi menjadi dua bagian:

Bonus Eksklusif dengan pembuka sebesar $30

Begitu kalian mulai menulis di Fizzo, mereka akan langsung memberikan bonus.

Untuk kalian yang sudah berani mulai menulis dan kemudian bisa bertahan hingga 30.000 kata pertama, Fizzo bakal memberikan bonus sebesar $30 yang bakal dibayarkan di akhir bulan berikutnya.

Dalam kalkulasi perhitungannya, tidak berlaku yang namanya kelipatan. Sebab, mereka hanya memberikan satu kali untuk per satu naskah.

Bonus Eksklusif- Retensi

Setelah kalian berhasil melanjutkan menulis sampai lebih dari 70.000 kata, tentu pihak Fizzo akan memberikan bonus lain. Bonus ini kemudian diberikan sesuai dengan jumlah persentase.

2. Adanya bonus bagi hasil pendapatan (Advertising Revenue)

Setiap pendapatan yang sudah didapatkan di Fizzo atas naskah, baik itu dari iklan atau monetisasi lain hasil dari adanya pengembangan produk/naskah, nantinya bakal dibagikan kepada penulis.

Besaran persentase pembagian hasil terkait pendapatan antara penulis dan pihak Fizzo ini dapat dilihat dalam kontrak yang sudah kalian tandatangani.

Tips menulis cerita di Fizzo

Saya pikir, hampir sama lah tips menulis di Fizzo dengan di platform menulis online lainnya. Utamanya, yakni memenuhi aturan yang sudah dibuat oleh pihak aplikasi.

Misalnya, yang paling krusial banget, adalah hindari plagiarisme. Sebab, akun kalian bakal dibanned kalau ketahuan melakukan plagiat. Lagian, apa enaknya sih dapat uang dari hasil nyolong karya orang lain?

Berikutnya soal keseriusan menulis di aplikasi menulis novel online tersebut. Lalu, cerita harus menarik. Ide cerita novel harus bagus agar pihak aplikasi kepincut sama naskah cerita yang kalian tulis.

Memang tidak mudah berkarir di aplikasi menulis novel online, tapi apa salahnya mencoba terus sampai benar-benar berhasil, kan?

Kesimpulan

Demikian review singkat aplikasi Fizzo yang dapat saya bagikan.

Silakan bagi penulis novel yang tertarik berkarya di Fizzo, langsung saja ikut. Sebab, ini akan menjadi pengalaman menarik bagi kalian. Berhubung, Fizzo adalah salah satu aplikasi menulis terbaik.

Sekian.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url