Pengalaman dan Cara Menerbitkan Cerita Wattpad Menjadi Novel

Cara Menerbitkan Cerita Wattpad Menjadi Novel


Cara menerbitkan cerita Wattpad menjadi novel - Salah satu platform menulis novel online yang sampai detik ini eksistensinya masih bagus adalah Wattpad.

Si orange ini meski pesaingnya sudah banyak, tapi tetap saja penggunanya semakin bertambah. Terlebih lagi, banyak penerbit yang sengaja mampir ke Wattpad untuk mencari cerita yang pembacanya sudah membludak.

Akan tetapi, semakin banyak pengguna Wattpad, semakin gede juga persaingan untuk menjadi penulis terbaik di sana. Maka dari itu, tidak sedikit penulis yang cabut dari Wattpad. Entah itu karena WP sudah tidak asyik lagi seperti dulu atau bisa juga karena penerbit tak kunjung datang.

Nah, sebagian penulis Wattpad yang ceritanya tidak dilirik oleh penerbit, itu mereka biasanya menerbitkan naskah cerita ke penerbit indie. Dan sudah banyak penulis Wattpad yang bekerjasama dengan blog ini.

Mula-mula mereka mencari tahu infromasi tentang cara nerbitin cerita Wattpad menjadi sebuah novel, lalu ketemulah dengan blog ini. Dan kemudian terjalin kerjasama sehingga naskahnya kami terbitkan menjadi buku novel.

Pertanyaan saya, bagaimana dengan kalian? Apakah sudah merasakan frustasi berkarir di Wattpad? Apakah cerita yang kalian tulis di Wattpad sama sekali tidak ada penerbit yang melirik?

Kalau memang kenyatannya sudah putus asa berkarir di Wattpad, lalu pengin cerita kalian diterbitkan, ya terbitkan saja lewat bantuan blog ini. Dalam kurun satu bulan, cerita Wattpad kalian bakal menjadi novel. Saya jamin itu.

Lantas, apakah kalian pengin tahu caranya?

Kalau pengin tahu, silakan simak ulasannya di bawah ini.

Cara menerbitkan cerita Wattpad menjadi novel

Ada dua cara paling efektif agar cerita yang kalian tuangkan dalam Wattpad menjadi buku novel. Cara pertama adalah menerbitkannya lewat penerbit indie. Dan cara kedua, mengirimkan naskah ke penerbit yang gratisan.

Mari kita bahas cara pertama dulu.

1. Cara nerbitin cerita Wattpad jadi novel ke penerbit indie

Perlu kalian ketahui bahwa tidak semua penerbit indie kualitasnya buruk. Ada banyak penerbit indie yang bagus banget kualitasnya. Salah satunya penerbit indie agensi penulis Garut. Sebagian penulis Wattpad, berdasar pengalaman mereka, suka dengan pelayanan dan kualitas dari buku-buku yang kami terbitkan.

Jenis penerbitan blog penulis Garut adalah penerbitan indie berbayar. Jadi, penulis harus memiliki uang, setidaknya Rp 600.000 untuk membukukan cerita Wattpadnya. Dengan menggelontorkan uang segitu, kalian sudah dapat tiga buku bukti terbit.

Modal pertama yang kalian keluarkan adalah modal untuk biaya penerbitan. Biaya terbit tidak sampai satu juta lebih. Meski terbilang murah, hasil editing, layout, cover, ISBN, dan lain sebagainya terbilang rapi, plus menarik.

Salah satu keunggulan nerbitin cerita WP dengan memaksimalkan penerbit indie, adalah harga buku bisa kalian tentukan sendiri. Sehingga modal yang dikeluarkan akan tertutup oleh harga jual yang kalian tentukan tersebut.

Kalau pun kalian tidak menerbitkan cerita Wattpad lewat agensi penulis Garut, kalian masih bisa merasakan kualitas yang baik dari penerbit-penerbit indie lainnya. Dan meski buku kalian tidak dipajang di toko buku besar, tapi seenggaknya sudah berkarya. Sennggaknya sudah bisa mendokumentasikan cerita WP menjadi sebuah novel.

Jadi, cara pertama yang kami sarankan, adalah terbitkan cerita WP kalian ke penerbit indie yang berbayar. Sehingga, waktu yang kalian habiskan buat menulis, tidak cuma-cuma. Ada hasilnya, yani menjadi sebuah novel.

Mari masuk ke cara kedua.

2. Cara menerbitkan cerita Wattpad jadi novel lewat penerbit gratisan

Beda kualitas antara penerbit yang mengharuskan kita mengeluarkan uang dulu dengan yang tidak. Alias, yang gratisan. Jangan berharap kualitas buku akan bagus jika diterbitkan melalui penerbit gratisan. Dan jangan berharap harga cetak akan murah, pasti mahal.

Akan tetapi, meski begitu, tetap saja ini adalah langkah kedua agar cerita Wattpad kalian menjadi novel yang utuh. Novel yang tamat dari prolog sampai ending.

Bagaimana cara mengirim naskah Wattpad ke penerbit gratisan?

Saya sudah pernah membahasnya lewat artikel: review penerbit Guepedia. Ini adalah penerbit yang sudah pasti akan menerbitkan cerita WP kalian menjadi sebuah buku novel.

Jadi, berdasar pengalaman para penulis Wattpad, hanya ada dua cara saja agar cerita yang kalian tulis di WP menjadi buku. Hanya dua saja. Dan dua-duanya terbilang efektif banget.

Mengapa masih banyak orang yang berkarir di Wattpad?

Alasan sederhananya adalah Wattpad masih menjadi platform unggulan. Banyak penulis yang sukses berkarir di WP, hingga kemudian ceritanya dilirik penerbit, dan juga dijadikan film.

Saya tahu bahwa kompetitor Wattpad sudah banyak, mulai dari GoodNovel, NovelToon, Fizzo, dan masih banyak lagi. Namun, Wattpad tetaplah Wattpad. Ia akan terus ada dan disukai sama sebagian penulis novel.

-

Barangkali itu saja ulasan cara menerbitkan cerita Wattpad menjadi novel.

Semoga bermanfaat!

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url