5 Novel tentang Psikologi yang Saya Baca dan Menarik

Novel tentang Psikologi


Saya yakin bahwa, setiap pembaca novel pasti memiliki genre favorit masing-masing. Saya dan teman saya misalnya, kesukaan genre novelnya berbeda. Saya lebih menyukai novel bergenre thriller, sedangkan teman saya suka sama novel tentang psikologi.

Dari perbedaan itu, kami kemudian saling merekomendasikan novel mana saja yang bagus untuk dibaca. Kami kadang tukeran novel. Sehingga, setelah kami membaca novel tersebut, lalu mendiskusikan bareng-bareng.

Nah di tahun 2022 ini, saya memiliki list novel psikologi yang cukup bagus untuk dikhatamkan oleh kalian yang ingin mencoba membaca novel psikologi. Berikut di bawah ini akan saya ulas gambarannya sedikit saja.

Daftar novel tentang psikologi

1. Novel Hector and the Search for Happiness

Novel ini lebih membahas tentang apa yang paling diinginkan oleh manusia dalam hidup: biasanya adalah kebahagiaan. Kisahnya itu berkaitan dengan bagaimana Hector—si tokoh utama dalam novel ini—melakukan petualangan untuk mencari kebahagiaan.

Mengapa bisa ada orang yang bahagia, sementara yang lain tidak? Mengapa ada orang yang memiliki segalanya dalam hidup, sukses dalam karirnya, dan punya asmara yang cukup baik, namun masih saja mengeluhkan bahwa, hidupnya tidak bahagia? Dan, tentu saja yang paling utama dari semua ini adalah apa itu kebahagiaan? Apa yang bisa membikin saya dan kamu menjadi bahagia? Ya, kita akan diajak untuk ikut merenungkan semua itu.

Penulisnya, Fran├žois Lelord, ia merupakan seorang psikiater. Cerita yang ada di dalam novel ini merupakan masalah-masalah yang sering diceritakan oleh para pasiennya ketika berkonsultasi dengannya. Ini di satu lagi yang menjadi poin plus yang menggiurkan dari novel ini.

Karena saat saya membacanya, saya jadi tahu sudut pandang seorang psikiater kepada pasiennya. Ceritanya kemudian disajikan dengan gaya bahasa yang santai, sebagaimana seseorang sedang bercerita kepada anak-anak. Tapi, konten dan alur ceritanya, jelas bukan ditujukan untuk anak-anak.

Novel ini sudah diangkat menjadi sebuah film. Saya belum sempat nonton film-nya, tapi saya suka sekali cerita di novel ini.

2. Novel Hector and the Secrets of Love

Masih dengan pengarang yang sama, Fran├žois Lelord. Kali ini penulis yang bernama Hector ini sedang mencari tahu tentang cinta. Apa sih cinta itu? Apa yang dipirkan dan juga dirasakan seseorang terhadap pasangannya?

Bagaimana cara seseorang dapat menjaga hubungan dengan pasangannya? Kalau kalian tertarik dengan pertanyaan semacam ini, novel ini silakan kalian baca.

Baca juga: Review Novel Something That Will Never Be Lost

3. Novel Perempuan di Titik Nol

Diambil dari kisah nyata, yang kemudian disajikan dalam bentuk novel. Novel ini sangat saya rekomendasikan kalau kalian benar-benar tertarik tentang bagaimana rasanya menahan lapar sambil mengamati ibu kalian memakan sisa makanan ayah kalian sendiri.

Atau kalian ngin tahu tentang bagaimana kematian seorang anak layaknya kematian anak ayam. Oh, oh, sangat membunuh seorang germo dan menunggu tanggal hukuman mati yang juga dialami oleh wanita ini. Terakhir saya membacanya, saya merasa jijik pada seorang lelaki ternyata.

4. Novel Theraphy karya Sebastian Fitzek

Josephine, ia adalah satu-satunya anak perempuan Viktor Larenz, seorang psikiater terkenal yang menghilang! Dia diduga dan dicurigai diculik saat sedang berobat ke sebuah klinik. Sayangnya, tidak ada petunjuk yang kemudian mengungkapkan bahwa keberadaan atau motif dia menghilang atau diculik.

Viktor kini menjadi frustasi dan memilih mengasingkan diri ke pulau terpencil yang bernama Parkum. Suatu hari, dia kedatangan pasien wanita misterius bernama Anna Glass. Anna menceritakan masalah dan penyakitnya yang kemudian malah menjadi petunjuk keberadaan si Josephine. Namun, Anna akhirnya menjadi bumerang bagi seorang Viktor.

Sungguh dalam novel ini, selain alurnya yang ditata dengan apik, akhir novel ini juga sangat mencengangkan. Saya berusaha untuk menduga-duga sejak memasuki konflik, seperti apakah Josephine bakal ditemukan, atau apa pengaruh masalah Anna dalam cerita novel ini. Dan juga bagaimana cara Viktor untuk mengungkap keberadaan Josephine dan kemudian dapay menyelesaikan masalah Anna, tapi tidak ada satupun dari dugaan saya yang diwujudkan oleh novel ini.

Saya masih ingat saat sampai akhir cerita, saya cuma bisa ternganga dan masih meyakinkan diri jika saya mungkin saja belum mencapai pada akhir cerita, padahal itu sudah beradad di halaman terakhir.

Novel ini amat penuh dengan intrik, tema psikologinya melekat pada setiap babnya, ditambah lagio misteri dan ketegangan ddalam novel ini mengungkapkan satu persatu petunjuk kehidupan Viktor, dan pencariannya tanpa akhir terhadap Josephine. Bagi para penyuka misteri, novel ini dicampur dengan tema lain, novel ini bisa menjadi jawabannya.

5. Novel Silence of the Lambs

Novel ini mengisahkan tentang seorang trainee muda FBI yang kemudian dikirim untuk bertemu Dr. Hannibal Lecter. Ia dimintai nasihat mengenai sebuah kasus pembunuhan yang sedang terjadi. Hannibal Lecter merupakan seorang psikiater dan juga kanibal yang dipenjara karena banyaknya tindakan yang ia lakukan.

Itulah barangkali novel tentang psikologi yang dapat saya rekomendasikan. Sebagian novel sumbernya di Quora.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url