Cara Menerbitkan Novel Sendiri lewat Agensi Penerbitan

Cara Menerbitkan Novel Sendiri


Untuk menjadi seorang penulis yang kemudian dapat melahirkan sebuah karya (buku), kalian perlu lah memahami dunia penerbitan buku. Terutama memahami tentang bagaimana sebuah naskah mentah menjadi buku yang ber-ISBN.

Mengapa kalian perlu memahami hal demikian? Sebab, ini adalah ilmu dasar bagi seorang penulis buku atau penulis novel. Jangan sampai, dalam diri kalian, ada keinginan ingin menerbitkan buku sendiri, tapi tidak tahu proses sebuah naskah menjadi buku itu seperti apa.

Nah, ada banyak solusi sebenarnya apabila kalian ingin berkarya melalui buku. Salah satunya lewat agensi penerbitan. Lantas, bagaimana cara menerbitkan novel sendiri? Khususnya melalui bantuan agensi penerbitan. Berikut adalah panduannya:

Apa itu agensi penerbitan buku?

Jadi, agensi penerbitan buku adalah perantara atau perusahaan yang menghubungkan antara penulis dan penerbit. Agensi itu ibarat jembatan. Ketika seorang penulis novel kebingungan tentang bagaimana cara menerbitkan novelnya, maka ia meminta bantuan kepada si agensi tersebut.

Agensi penerbitan buku lah yang kemudian akan membingbing naskah si penulis menjadi buku. Sang agensi akan memberikan arahan dan saran. Sehingga, seorang penulis hanya terima jadi saja naskahnya itu. Sebab, agensi dan penerbit buku lah yang akan bekerja secara maksimal.

Contoh agensi penerbitan buku adalah blog penulis Garut ini. Blog ini sudah eksis sejak tiga tahun lalu. Dan sudah banyak penulis yang meminta bantuan kepada kami agar naskahnya dapat diterbitkan.


Lebih dari itu, blog penulis Garut pun sudah memiliki banyak relasi penerbitan. Sehingga, ketika diajak kerjasama oleh seorang penulis, maka hasilnya jauh lebih baik ketimbang si penulis sendiri yang langsung menghubungi pihak penerbit.

Untuk bekerjasama dengan agensi penerbitan buku, seorang penulis harus mengeluarkan biaya sendiri. Biaya yang dikeluarkan pun sepadan dengan hasilnya. Sebab, agensi akan membantu kelangsungan dari naskah yang dikirimkan oleh si penulis. Entah itu membantu dari segi promosi, review buku, dan masih banyak lagi.

Saat ini, banyak kasus penulis pemula yang kesulitan menjual bukunya. Maka dari itu, peran agensi penerbitan buku seperti blog penulis Garut ini perlu dipertimbangkan.

Bagaimana cara bekerjasama dengan blog ini? Silakan klik kontak kerjasama di navigasi bawah blog ini. Biaya yang kalian keluarkan pun tidak begitu banyak. Sehingga, tidak memberatkan juga bagi seorang penulis pemula.

Cara Menerbitkan Novel



Cara menerbitkan novel sendiri melalui agensi penerbitan

Ada beberapa tahapan yang perlu kalian lakukan. Berikut adalah penjelasannya:

1. Hubungi kami

Langkah pertama yang mesti kalian lakukan adalah mengontak kami melalui email atau WA. Biasanya lewat WA, respon kami cepat banget. Dengan demikian, kita bisa saling diskusi lewat chat secara cepat.

Sebelum menghubungi kami, utamakan juga naskahnya sudah rampung. Bukan naskah yang belum jadi atau baru separuh dikerjakannya atau ditulisnya.

Bagaimana cara menyelesaikan naskah novel? Silakan baca: cara menyelesaikan naskah novel dengan cepat.

2. Siapkan biaya penerbitan dan biaya cetak

Untuk biaya penerbitan, kami mematok 500K saja. Sedangkan biaya cetak, ini tergantung banyaknya halaman naskah pas dijadikan sebuah buku. Semakin banyak halaman naskah, maka semakin mahal pula biaya cetaknya.

Untuk mencetak buku, minimal 10 eksemplar.

3. Persiapkan strategi promosi buku

Kalian tidak perlu memikirkan typo, layout, cover buku, dan daftar ISBN. Sebab, semua hal yang berkaitan dengan hal-hal tersebut, sudah kami handle.

Maksudnya, dari segi editting, sudah siap kami edit. Dari layout pun sudah kami rapikan. Dan soal cover buku, kami akan menyediakan opsi cover. Artinya, cover buku kalian, akan kami kasih dua pilihan. Dan untuk daftar ISBN pun, sudah kami daftarkan juga.

Jadi, 500K itu benar-benar berkualitas banget hasilnya jika menerbitkan novel lewat agensi penerbitan blog penulis Garut.

Nah, tugas kalian adalah mempersiapkan strategi promosi novel. Cara agar novel kalian bisa laris, silakan baca artikel ini: strategi menjual buku karya sendiri.

Hanya melalui tiga langkah di atas saja, maka tinggal menunggu saja bahwa naskah novel kalian akan kami terbitkan. Sesederhana itu sebenarnya.

Apa kelebihan menerbitkan novel sendiri lewat agensi penerbitan buku?

Kelebihan Menerbitkan Novel Sendiri

Salah satu kelebihan menerbitkan novel sendiri melalui agensi penerbitan buku, berdasar pengalaman para penulis, adalah rentan waktu mengenai kelangsungan naskah tidak begitu lama. Sebab, agensi selalu saja diutamakan oleh penerbit daripada si penulis yang langsung mengontak penerbit.

Apalagi saat ini banyak banget penerbit buku yang responnya lama. Dengan demikian, jika lewat agensi penerbitan buku blog penulis Garut, dalam kurun waktu kurang lebih dua Minggu, naskah sudah sudah betul-betul teradaptasi ke dalam bentuk buku cetak.

Selain itu, dibantu pula buku si penulis dipromosikan, khususnya lewat blog ini. Dengan total pembaca tiap hari sudah 17 ribu lebih, maka buku kalian akan mendapatkan eksposur yang luar biasa hebat.

Dengan melalui agensi juga, kalian akan kami ajak untuk laucnhing secara offline. Khususnya penulis yang berdomisili di daerah Garut. Kalau daerah kalian jauh dari kota kami, paling kami akan mengadakannya secara online via grup WhatsApp.

Dengan mengadakan launching, buku kalian pun sekilas akan menjadi sorotan banyak orang. Setidaknya, sorotan dari teman-teman atau orang-orang yang berada di lingkungan terdekat kalian.

Itu saja barangkali panduan atau cara menerbitkan novel sendiri melalui bantuan agensi penerbitan buku.

Sekian.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url