Artikel Terbaru

5 Tips Menyelesaikan Naskah Novel dengan Cepat dan Akurat bagi Penulis Pemula

Tips Menyelesaikan Naskah Novel


Menulis artikel tentang tips menyelesaikan naskah novel, saya jadi ingat pas awal-awal membuat novel pertama. Betapa sulitnya merangkai satu-dua paragraf untuk menamatkan cerita.

Dan sebenarnya terkait naskah novel, saya dulu pernah menulis juga tentang 8 langkah mudah menulis naskah buku agar cepat rampung. Silakan mampir ke tulisan tersebut.

Nah mungkin, pembaca yang mampir ke blog ini pernah merasakan hal yang sama saat mengeksekusi "first book-nya.". Atau pembaca yang berkunjung ke blog ini, ada yang saat ini sedang menggarap sebuah novel? Lalu merasa kesusahan membereskan naskah novel yang lagi kalian tulis itu?

Bagi kalian yang sedang mencari cara dalam menyelesaikan naskah novel, hari ini kalian beruntung. Sebab di tulisan kali ini dengan senang hati, saya akan membagikan 5 tips menamatkan naskah novel dengan cepat dan akurat.

Ngomong-ngomong, tulisan ini diambil dari pengalaman saya pada 2015 lalu. Semoga tips yang saya bagikan di bawah ini membantu kalian dalam merampungkan naskah novel, ya!

Tips Menyelesaikan Naskah Novel


Tips menyelesaikan naskah novel

1. Miliki niat yang jelas saat menulis novel

Punya niat yang jelas, artinya memiliki target. Penulis yang serius ingin menyelesaikan naskah novelnya, ia punya semacam catatan sendiri bahwa, bulan depan harus selesai dua bab misalnya. Bulan berikutnya lagi harus selesai sampai bab enam contohnya, dan seterusnya.

Sehingga, dengan pemikiran seperti itu maka naskah novel akan selesai dengan cepat dan akurat.

Mengapa dalam diri penulis harus punya niat yang jelas? Karena dengan adanya niat, itu artinya ada motivasi dalam jiwa si penulis. Ketika ada motivasi, maka rasa malas dalam mengerjakan novel bakal terusir sendiri.

Kita tahu bahwa salah satu penyebab tulisan nggak rampung-rampung, entah tulisan apa pun itu, adalah kemalasan. Nah kemalasan, solusinya, yakni dengan punya niat, tujuan, dan motivasi yang jelas.

Dulu, saya bisa menyelesaikan sebuah novel karena ada motivasi bahwa saya harus berkarya tahun depan (tahun 2016 pada saat itu). Begitu saja terus motivasi saya, hingga akhirnya buku pertama saya berhasil terbit. 

2. Bikin outline novel

Coba tanya kepada penulis-penulis yang sudah menerbitkan buku, pasti saran dan tips yang mereka berikan terkait menyelesaikan naskah novel, yaitu bakal ngasih saran begini, "Bikin dulu outline novelnya".

Saya pribadi tidak pernah bosan membagikan artikel tentang outline novel bagi penulis pemula. Salah satu artikel yang saya bagikan di blog ini terkait membuat kerangka novel, sukses dibaca banyak orang.

Sebagai gambaran, silakan baca tulisan saya tentang cara simple membuat outline novel. Itu tulisan berhasil dibanjiri pengunjung. Nah ketika kalian membaca tulisan tersebut, saya yakin, kalian akan lebih mudah dalam membikin outline.

3. Fokus menulis naskah novel

Tips Menyelesaikan Naskah Novel



Seperti yang kita tahu, tugas atau pekerjaan seorang penulis adalah menulis. Pun dengan menyelesaikan sebuah novel, kita harus fokus menulis.

Dalam diri kalian, tanamkan bahwa, minimal satu hari menulis satu halaman. Ini akan memudahkan kalian dalam menuntaskan naskah novel yang sedang kalian tulis itu.

Tidak ada kesuksesan selain dengan cara sungguh-sungguh dan fokus. Orang yang fokus menulis, mau menulis novel, menulis di media online, pasti ada jalannya. Pasti berhasil. Kalian harus percaya itu.

4. Memiliki mentor menulis saat sedang menyelesaikan naskah novel

Hukum memiliki mentor menulis tidak lah wajib. Karena, ini tergantung pada keseriusan kalian sendiri.

Tapi, pengalaman saya membuktikan bahwa, ketika saya punya mentor, saya jadi lebih semangat menulis. Sebab, mentor akan membimbing kita ke arah yang lebih baik dalam menyempurnakan naskah novel.

Sekali lagi, ini tidak wajib. Minimal begini deh, minimal kalian punya teman menulis. Itu sudah cukup untuk memicu semangat kalian.

5. Bertanggung jawab pada naskah novel

Apa yang kalian mulai, maka selesaikan. Saya bilang begini karena ada banyak penulis pemula yang, ketika ia ingin menyelesaikan naskah novelnya, tapi kemudian terhenti dengan asalan punya ide baru, punya cerita baru.

Ketika si penulis punya ide baru, lalu malah meninggalkan naskah novelnya, ini berarti sudah tidak bertanggung jawab.

Tidak apa-apa punya ide cerita baru karena namanya penulis, imajinasinya liar, namun ada baiknya ide tersebut simpan saja dulu untuk novel berikutnya.

Maka, hari ini, tanggung jawab saja dulu pada naskah novel yang sedang kalian kerjakan itu.

Sebagai tambahan, silakan baca juga tulisan saya tentang 7 cara mudah membuat novel kisah sendiri yang bakal diminati banyak orang. Tulisan tersebut khusus bagi penulis yang punya keinginan untuk membuat novel kisah sendiri.

Semoga bermanfaat!

2 komentar:

  1. Terima kasih banyak atas semua tips yang diberikan. Melawan kemalasan masih menjadi PR utama saya T.T Mungkin motivasi saya kurang kuat T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motivasinya dikuatkan lagi, Mas. Saya yakin, Anda akan menyelesaikan novel tersebut.

      https://www.penulisgarut.web.id/2021/07/pengalaman-para-penulis-di-storial-co.html

      Hapus

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.