13 Situs Novel Online yang Pernah Saya Coba

Situs Novel Online


Saya rasa, enaknya hidup di zaman digital, kini semua aktivitas dapat kita akses atau dapat kita lakukan melalui online. Termasuk juga pada aktivitas menulis dan membaca.

Kedua aktivitas tersebut kerap memunculkan aplikasi-aplikasi terbaru bagi orang-orang yang suka membaca dan juga menulis.

Dan percaya atau tidak, dari berbagai situs novel online yang tersedia saat ini, entah itu yang bergerak di dunia penulisan atau dalam ranah membaca novel, saya pribadi sudah pernah mencoba semuanya.

Dan ringkasnya, hanya ada 13 situs novel yang paling nyaman saya akses. Selebihnya bagus sih, tapi kadang banyak error dan juga loading banget.

Nah, untuk memahami satu per satu aplikasi novel online yang pernah saya akses, silakan simak penjelasan saya di bawah ini.


Daftar situs novel online gratis dan terbaik

1. Situs novel fizzo

Ini adalah salah satu situs novel paling keren dengan tampilan websitenya yang sangat elegan. Kalian dapat menulis novel di sini, dan kalau naskah kalian lolos, bonus yang diberikannya lumayan besar, lho.

Selain itu, pembaca pun dipersilakan juga membaca novel online terbitan Fizzo. Rata-rata, penulis yang berkarir di Fizzo bagus-bagus semua.

2. Situs novel Wattpad

Bagi penulis pemula kalau ingin menulis novel secara online, sebaiknya pilihlah Wattpad. Di WP, ada kesempatan besar untuk nantinya naskah kalian dibukukan oleh penerbit.

Sudah banyak penulis-penulis pemula yang berkiprah di WP, dan kemudian sukses besar karyanya. Bahkan, tulisannya sampai diadaptasi menjadi sebuah film.

3. Situs novel NovelToon

Meskipun situs novel ini update-nya lama, tapi masih banyak antusias orang yang menulis di NovelToon. Wajar saja sih, pemberian uang dari pihak NovelToon terbilang besar. Dan katakan lah persaingan tidak terlalu berat.

4. Situs novel NovelMe

Ini dia situs paling oke, meskipun tidak begitu eksis, tapi peminatnya banyak. Dan banyak juga cerita-cerita yang diterbitkan sama NovelMe, kece-kece semua.

Awal saya baca novel di sini, tulisan penulisnya rapi karena editornya berkualitas semua.


5. Situs novel iPusnas

Bagi kalian yang lebih suka buku berbahasa Indonesia, kalian sebaiknya pilih situs baca buku online iPusnas. Sebab, di aplikasi ini, kalian bisa menemukan berbagai buku dan genre dengan Bahasa Indonesia.

Uniknya, dalam buku sastra kontemporer Indonesia dapat kalian temukan di sini dan bisa kalian baca secara legal.

6. Situs novel Google Books

Situs baca buku online gratis dengan Bahasa Indonesia selanjutnya adalah Google Books. Kalian tinggal install aplikasinya melalui handphone. 

Semua berbagai buku lokal Indonesia, buku terjemahan, buku aslinya, novel, buku resep masakan, sampai buku tentang gaya hidup pun dapat ditemukan di sini.

7. Situs novel ManyBooks

Melalui ManyBooks.net, kalian bisa mendownload ratusan buku gratis dengan berbagai macam format. Kalian juga bisa mencari buku berdasarkan nama penulis, judul, subjek, Bahasa, sampai most popular.

Caranya mudah saja, adalah dengan memilih terlebih dulu buku yang ingin didownload, lalu tiap buku yang ada memiliki dropdown menu yang isinya adalah format buku tersebut.

8. Situs novel Storial.co

Situs baca buku online yang selanjutnya yakni Storial.co. Kanal ini dapat kalian pilih saat ingin membaca buku-buku sastra jenis kontemporer Indonesia.

Storial.co dikenal ketika beberapa penulis Indonesia, Seperti Dee Lestari dan Bernard batubara merilis novelnya lewat Storial.co.

Baca juga: Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang

9. Situs novel iJakarta

Pakah kalian mau baca buku, komik, atau mungkin majalah gratis?

Kalian bisa download aplikasi iJakarta, sebuah perpustakaan digital kepunyaan pemerintah DKI Jakarta. Selain terdapat berbagai genre buku, di aplikasi ini pun memiliki desain yang menarik dan juga menyenangkan. 

Kalian bisa sharing quotes buku di sosial media, dan juga berbagi buku kepada teman yang lain. Pastinya semua buku yang ada di sini legal dan gratis.

10. Novel Nusantara

Jika kalian salah satu pencinta novel buatan penulis lokal, kalian wajib download aplikasi yang satu ini. Sebab, berbagai genre dari seluruh penulis Indonesia ada di sini.

Uniknya, terdapat juga sebuah game RPG di dalam aplikasi ini. Jadi, semakin banyak kalian mereview buku, semakin banyak pula poin EXP yang kalian kumpulkan untuk naik level.

11. Situs novel Open Library

Kalau kalian pengin baca buku art, science fiction, fantasy, sampai biography, yakni jawabannya ada di openlibrary.org.

Di sini bakal terdapat banyak buku yang bisa kalian baca, tapi tentu bukan Bahasa Indonesia, ya. Semua buku yang terdapat di situs ini merupakan buku berbahasa Inggris.

12. Situs novel NetGallery

Menurut saya, yang paling unik dari NetGalley yakni pertemuan antara penerbit, penulis, dan pembaca.

Jadi, sistem penerbit dan penulis akan membagikan sebuah advance reader’s copy atau buku yang masih ada dalam tahap produksi atau finishing, tapi belum dijual secara public kepada pembaca yang meminta membaca bukunya.

Sebagai gantinya, mereka justru mengharapkan timbal balik berupa review atau ulasan yang jujur.


13. Situs novel Getfreebooks

Keuntungan kalau kalian memakai situs getfreebooks.com yakni akan menemukan kumpulan buku di seluruh dunia.

Bahkan, kategori buku dalam situs ini pun cukup beragam, entah itu ilmu sains, cerpen, cerita horror, fantasi, fiksi, dan tentunya masih banyak lagi.

Itulah barangkali situs novel online paling menarik yang pernah saya coba.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url