Novel Married with Senior: Ulasan Sisi Lain dari Alur Ceritanya

Novel Married with Senior


Perlu saya disclaimer dulu bahwa artikel ini tidak berisi ulasan atau review tentang novel Married with Senior. Namun, postingan ini lebih kepada mengungkapkan sisi lain dari novel ini.

Dalam artian, mengapa novel ini bisa dibaca sampai 15 juta kali lebih, lalu bagaimana gaya penulisannya, dan apa saja hal-hal menarik dari novel karya Cintaprita (nama pena dari novel ini).

Untuk mengungkapkan sisi lain novel ini secara detail, mari simak opini saya di bawah ini.

Pengaruh Wattpad terhadap novel Married with Senior

Salah satunya disebabkan karena Wattpad apabila ada orang yang bertanya tentang kenapa novel ini bisa begitu populer.

Saya rasa, sampai detik ini, si orange eksistensinya masih bagus untuk dijadikan tempat berkarya, meski ada banyak juga penulis WP yang cabut dan beralih ke platform menulis novel online lainnya.

Katakanlah saat ini sudah banyak bermunculan aplikasi menulis novel, mulai dari GoodNovel, NovelMe, Fizzo, dan lain-lain. Mereka hadir dengan menawarkan bonus-bonus yang menakjubkan.

Akan tetapi, pertanyaan saya, apakah aplikasi-aplikasi menulis novel online tersebut sudah setara popularitasnya dengan Wattpad?

Apakah gaya kerja mereka sama dengan Wattpad? Maksud saya, apakah setiap novel yang banyak pembacanya akan dibukukan seperti di Wattpad?

Sejauh ini, hanya Wattpad lah yang paling berpotensi dapat menarik hati penerbit. Sudah banyak juga penulis Wattpad yang terkenal hingga naskahnya dibukukan, bahkan dijadikan sebuah film.

Jadi, tidak ada salahnya penulis pemula berkarir di Wattpad. Sebab, sebanyak apapun stigma buruk terhadap penulis WP, namun tetap saja aplikasi ini branding-nya sudah berkualitas di mata penulis, penerbit, dan pembaca novel.

Hal yang perlu dilakukan oleh penulis WP adalah mencari cara soal bagaimana tulisan mereka agar mendapatkan banyak viewers, salah satunya barangkali dengan membaca ulasan saya mengenai: cara Wattpad agar banyak pembaca.

Cintaprita nulisnya rapi banget

Beberapa hari yang lalu saya membeli novel ini di Google Play Books.

Membaca 10 halaman saja, saya sudah menggeleng-gelengkan kepala. Tanda bahwa tulisan di novel ini rapi banget sehingga saya terkesima. Ditambah lagi dialog tag dalam novel ini tidak membosankan. Sebut saja beragam lah dialog tagnya.

Ya mungkin selain dibantu oleh editor, juga Cintaprita-nya selaku penulis emang terbiasa menulis rapi. Sehingga, pihak penerbit tertarik.

Nah, ini bisa dijadikan pelajaran, atau ayolah belajar dari novel ini bahwa untuk membikin penerbit tertarik sama cerita yang kalian buat di Wattpad, salah satunya, cerita yang kalian bikin itu harus ditulis dengan rapi, sesuai EYD/PUEBI.

Selain pentingnya kerapian dalam menulis novel, juga perhatikan dialog tagnya, perhatikan pula alur ceritanya mulai dari perkenalan, pertengahan, hingga ending, dan juga mulai sekarang belajarlah mengumpulkan diksi-diksi untuk nantinya diterapkan saat kalian menulis novel.

Tiga hal tersebut menjadi dasar utama agar ada ketertarikan dari penerbit. Lihat penulis novel ini, diksi-diksi yang dia selipin di dalam cerita, bentuk diksinya beragam. Sehingga, enak aja pas dibaca.

Kalau pun nantinya belum menguasai atau belum mampu menulis dengan rapi, maka minimal alur ceritanya aja harus bagus. Gaya menulis mah bebas saja, sesuai yang pernah saya katakan dalam artikel: gaya menulis novel.

Pembelajaran yang dapat diambil dari penulis novel Wattpad Married with Senior

Usai membaca novel ini, saya kemudian membaca biodata si penulis. Bahwa sebelum dirinya tertantang menulis di Wattpad, dia dulunya menjadi seorang pembaca dulu.

Nah ini bisa kalian ambil pelajaran, khususnya bagi penulis pemula, baca-baca aja dulu karya orang lain. Perhatikan dulu karya orang lain; perhatian soal mengapa cerita A bisa banyak pembaca dibanding cerita B yang biasa-biasa aja, apa yang disajikan dalam cerita A sehingga banyak yang nge-vote, dan perhatikan segalanya.

Dengan demikian, setelah meneliti secara dalam, barulah memulai menulis. Baca ini untuk memandu kalian sebagai penulis; cara memulai menulis novel.

-

Akhir kata, itulah barangkali sisi lain dari novel karya Indriyani. Usahakan beli novelnya dalam bentuk buku fisik atau pokoknya wajib beli secara legal.

Hindari mencomot karya penulis dalam bentuk PDF secara gratisan atau bajakan.

Sekian.
Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url