15 Penulis Novel Romantis Terkenal di Indonesia

Penulis Novel Romantis Terkenal di Indonesia


Beberapa novelis yang giat menulis romance kadang membutuhkan referensi bacaan tentang genre yang disukainya.

Mereka sesekali ingin membaca buku dari penulis novel romantis terkenal di Indonesia untuk kemudian diteliti, baik meneliti gaya menulis novelnya maupun plot cerita. Atau juga meneliti soal bagaimana tulisan mereka dapat diterbitkan sama penerbit mayor.

Melalui artikel ini, saya ingin membagikan, setidaknya 15 penulis yang sudah mansyur menulis novel romance. Salah satu dari mereka, boleh kalian baca karya-karyanya untuk referensi tulisan.

Baiklah, mari kita bahas satu-satu.

Apa itu penulis novel romantis?

Perlu dipahami bahwa seseorang dilabeli sebagai penulis romance disebabkan karena tiap membuat novel, pasti isi novelnya berkaitan dengan dunia percintaan.

Ini adalah satu genre novel yang paling diminati di Indonesia. Terbukti bahwa novelis yang berkarir di penulisan novel, baik itu novel dalam bentuk fisik maupun online kini sudah merajalela. Dan kita akan selalu saja mendapati novel-novel romance dalam bentuk apapun.

Jadi, tidak usah ragu untuk menulis novel romance. Sebab, ruang pembacanya sangatlah luas. Berikut di bawah ini nama-nama penulis beken yang barangkali ingin kalian ketahui eksistensinya.

Penulis novel romantis terkenal di Indonesia

1. Bang Bara atau Bernard Batubara

Dia adalah penulis yang masih tergolong muda. Sayangnya, beberapa cerita romance yang ditulis Bang Bara terkadang berakhir dengan tidak bahagia.

Meski begitu, karya Bang Bara kerap dinantikan oleh penggemarnya yang rata-rata seorang anak muda. Bara juga termasuk salah satu penulis yang sangat dekat dengan para penggemarnya. Lihatlah interaksi dia dengan fans-nya di Twitter.

2. Mbak Ika Natassa

Penulis romance kategori metropop ini terkenal di kalangan pembaca novel romance. Penggunaan bahasa campur aduk (Inggris dan Indonesia) sudah menjadi ciri khas tulisan Mbak Ika. Karya-karya terbarunya selalu ditunggu para penggemarnya.

3. Ilana Tan

Dia merupakan penulis misterius yang juga spesialis romance. Empat novel dengan latar kota besar dan juga empat musim kini telah berhasil menyedot perhatian pembaca. Meski Ilana tidak mempunyai saluran khusus yang berhubungan dengan para penggemarnya, namun lewat novelnya itu, Ilana pasti memberikan bacaan terbaik bagi pembacanya.

4. Mbak Rhein Fathia

Rhein ialah penulis muda. Ia memokuskan diri untuk menulis genre ini. Beberapa tahun lalu Rhein mengeluarkan novel romance yang diberi judul Gloomy Gift.

Novel ini agak berbeda dari karya Rhein yang sebelumnya. Sebab, di dalam novel ini terselip adegan-adegan aksi yang ciamik.

5. Mbak Winna Efendi

Berbagai macam novel romance juga hadir di diri Mbak Winna Efendi. Kisah romance yang ditulisnya kebanyakan mengenai kisah cinta yang dimulai sejak remaja hingga dewasa. Cinta di dalam cerita Winna biasanya diuji dengan waktu yang sangat panjang.

Baca juga: Daftar Novel Thriller Indonesia

6. Tere Liye

Tere Liye dikenal sebagai salah satu penulis novel romantis. Beberapa karya Tere Liye isinya memang dunia percintaan semua.

Selain itu, masih banyak juga karya – karya Tere liye yang disukai pembaca. Mulai dari Bumi, Bulan, Matahari, Bintang, Komet, dan masih banyak lagi karya dia yang lainnya.

7. Dewi Lestari

Dewi Lestari dikenal dengan nama pena Dee. Karya pertama Dee yang berjudul Supernova terbit pada 2001. Selain itu, masih banyak pula judul novel lainnya, misal Filosofi kopi, Perahu kertas, dan Di Balik Tirai Aroma Karsa.

8. Habiburahman El Shirazy

Banyak sekali memang judul buku atau novel yang sudah beliau terbitkan dan kemudian dijadikan sebuah film, misalnya Ayat-Ayat Cinta, Dalam Mihrab Cinta, dan Di Atas Sajadah Cinta.

9. Andrea Hirata

Novel karya Andrea Hirata yang sangat popular yaitu Laskar Pelangi. Novel ini sukses ditayangkan menjadi sebuah film. Selain itu, masih banyaklah judu-judul novel yang beliau tulis, seperti novel Padang Bulan, Sang Pemimpi, Orang-Orang Biasa, dan Ayah.

10. Mbak Asma Nadia

Selain menadi seorang penulis novel, ia juga dikenal sebagai penulis cerpen. Beberapa karya Asma Nadia yang telah dijadikan sebuah film yaitu Assalamualaikum Beijing, Jilbab Traveler, dan Catatan Hati Seorang Istri (dulu menjadi salah satu sinetron paling favorit di kalangan pembaca yang sudah rumah tangga).

Selain itu, ada juga judul-judul novel karya beliau yang populer juga, seperti Jilbab Pertamaku, Jatuh Bangun Cintaku, Jangan Bercerai Bundam dan masih banyak lagi.

Baca juga: Gaya Menulis Novel

11. Christian Simamora

Penulis ini memang memfokuskan diri di dunia novel romance. Kalau kalian membaca karyanya maka dijamin akan langsung jatuh hati terhadap tokoh cowok yang sudah diciptakan Chrismor. Tokoh cowoknya itu selalu mempunyai nama dengan awalan huruf “J” dan selalu mampu melelehkan hati pembaca perempuan.

12. Windry Ramadhina

Penulis ini sudah malang melintang di dunia menulis. Windry selalu menulis novel romance dengan cerita yang agak sederhana, namun sanggup membikin banyak pembaca jatuh hati. Novel Orange yang diterbitkannya masih bergenre romance.

13. Mbak Lia Indra Andriana

Penulis ini bukan kategori penulis baru, ia justru sudah menulis sebanyak 23 buku dan diantara kebanyakan novelnya itu ialah novel romance. Lia katakanlah sukses membangun usaha penerbitan yang kini banyak menerbitkan buku-buku khusus anak muda.

14. Sheva Thalia

Sheva Thalia memulai debut pertamanya sebagai penulis yakni dengan memilih genre romance. Blue Romance merupakan buku pertamanya yang kemudian langsung menyedot perhatian penggemar novel romance.

15. Mbak Anggun Prameswari

Anggun Prameswari sudah tidak asing lagi dengan dunia tulis menulis. Ia ering menulis cerita di berbagai media cetak, tapi baru beberapa tahun terakhir ini dirinya mulai menulis novel. Novel yang ia tulis dengan tema romance langsung membikin pembaca jatuh hati.

Barangkali itu saja daftar penulis novel romantis terkenal di Indonesia.

Sekian.

BACA JUGA: Cara Membuat Judul Novel yang Menarik
Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url