Cara Jadi Penulis Novel Online dengan Mudah

Cara Jadi Penulis Novel Online


Saya memperhatikan bahwa, ada begitu banyak novelis muda yang sedang mencari informasi tentang cara jadi penulis novel online.

Hal ini berkaitan dengan platform menulis novel online yang kini sedang marak bermunculan. Tiap aplikasi menulis tersebut bersaing untuk mendapatkan eksposur dari para penulis. Dan bagi para novelis, tentu ini menjadi salah satu keuntungan agar karyanya dapat diuangkan.

Saya, selaku penulis novel yang lebih senang menerbitkan novel dalam bentuk buku fisik, tentu gembira melihat antusias orang-orang berkarya lewat aplikasi novel online.

Dalam artian, meski ruang berkarya kita berbeda, namun tetap saja sama-sama hobi mengarang, sama-sama berimajinasi dalam membuat cerita. Dan, sama-sama juga memiliki tujuan yang sama.

Jadi, tidak ada perbedaan yang mencolok di antara kita. Paling yang membedakannya adalah ruang berkarya tadi. Kalian lewat online, sedangkan saya masih bergelut membikin novel dalam bentuk buku fisik.

Baik lah, inilah beberapa cara yang perlu kalian perhatikan kalau ingin menjadi penulis novel online.

Cara jadi penulis novel online

Memiliki fasilitas menulis novel yang memadai

Minimal kalian harus mempunyai ponsel yang dapat mengakses website platform novel online tersebut. Dan juga ponsel kalian cukup kuat ketika menginstall aplikasinya. Dengan demikian, proses menulis novel online akan berjalan baik.

Mungkin bakal jauh lebih baik lagi apabila memiliki laptop. Biasanya di laptop terakses lebih cepat. Tapi, kalau tidak punya laptop, ya minimal ada ponsel lah.

Dengan adanya aplikasi menulis, tentu ini semakin memudahkan saja bagi para novelis untuk menuangkan karyanya. Terlebih, saat berhasil lolos seleksi maka akan ada hadiah yang didapatkan.

Jadi, milikilah fasilitas menulis yang memadai. Ini poin pertamanya.

Siap mengikuti aturan yang telah disediakan sama pihak platform novel online

Untuk menjadi penulis novel online yang profesional, penulis dituntut oleh pihak aplikasi agar mematuhi setiap aturan yang diterapkan. Mulai dari hindari menulis cerita yang terindikasi plagiat, lalu harus menulis sekian ribu kata, dan itu semua harus kalian patuhi tanpa terkecuali.

Tiap aplikasi menulis memiliki syarat, aturan, dan ketentuan yang berbeda. Kita, sebagai penulis, harus memahami setiap aturan yang ada. Oleh sebab itu, baca pelan-pelan dan resapi aturan-aturannya agar naskah lolos review dari pihak editor akuisisi.

Di setiap platform menulis novel pun suka ada aturan untuk kontrak eksklusif dan non-eksklusif. Nah, keduanya harus dipahami dengan baik agar tidak salah menafsirkan nantinya. Kalaupun nantinya kurang paham, mungkin bisa searching dan bertanya ke sesama penulis.

Sesederhana itu.

Menentukan platform novel online yang cocok

Berhubung sudah banyak aplikasi menulis yang bermunculan, maka ada baiknya sebagai seorang penulis, kita harus pandai memilih platform yang pas atau cocok, dan juga sesuai dengan kemampuan kita.

Kalau mampu menulis lima ribu kata per hari, maka pilihlah platform yang menyediakan aturan harus lima ribu kata. Kalau siap menulis lebih dari lima ribu kata per hari, ya pilih juga aplikasi menulis yang memiliki aturan seperti itu. Dengan begitu, kita jadi mudah menentukannya.

Untuk mengetahui berbagai macam aplikasi menulis, silakan wajib baca artikel ini: daftar situs web untuk menulis novel online.

Pandai mempromosikan tulisan

Berdasar pengamatan yang saya lakukan, hampir semua aplikasi menulis akan membayar besar kepada penulisnya ketika novel si penulis dibaca hingga jutaan orang.

Entah bagaimana bisa dibaca sampai jutaan orang, yang jelas faktor banyaknya pembaca akan memberikan suntikan penghasilan yang besar bagi seorang penulis.

Maka dari itu, salah satu caranya adalah, penulis harus pintar mempromsikan novelnya. Entah itu promonya lewat media sosial, grup penulisan, dan lain sebagainya.

Berdasar pengamatan saya juga, biasanya novel dikunjungi banyak pembaca disebabkan karena alur ceritanya menarik, judulnya unik, dan pandai mempromosikan novelnya.

Agar novel online kalian banyak pembaca, solusinya adalah baca artikel ini: cara mempromosikan novel online.

Mempunyai mental yang bagus saat berkarir di aplikasi menulis novel online

Coba tanya ke penulis-penulis novel online yang pada aktif, pasti mereka pernah mengalami yang namanya penolakan, naskah lama direview, naskah dikritik tajam, dan lain-lain. Dan alasan mereka masih bertahan menulis, biasanya disebabkan karena mentalnya sudah kuat.

Artinya, setiap kritikan yang masuk dijadikan pembelajaran. Dengan berpikiran seperti itu maka memudahkan mereka untuk berkarya lagi, dan lagi. Berkarya yang, jauh lebih bagus lagi dari karya-karya sebelumnya.

Hal yang perlu kalian lakukan adalah mencontoh mereka (penulis yang sudah tahan banting di dunia novel online).

-

Itu saja barangkali cara jadi penulis novel online. Semoga karir kalian cemerlang!

BACA JUGA: Cara Promosi Novel Online
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url