Artikel Terbaru

Cara Membuat Media Online Khusus Menulis Berita dan Opini

Cara Membuat Media Online


Akhir-akhir ini saya sedang disibukkan oleh aktivitas menulis berita di media online yang saya buat. Berita yang saya sajikan hanya berita lokal saja. Terhitung kini sudah berjalan sekitar dua mingguan.

Dan ternyata, terasa nyaman saja saat menulis berita. Lebih mudah dan terstruktur daripada menulis di blog ini yang topiknya terbilang sempit.

Apalagi beberapa rubrik di media online yang saya bikin cukup menarik. Plus menerima tulisan dari penulis lokal, dan saya bayar 1 dollar dari setiap tulisan yang berhasil saya setujui. Sehingga, tambah semangat saja mengelolanya.

Nah, oleh karena sudah lumayan paham dalam membikin media online, saya kemudian ingin berbagi kepada pembaca tentang cara membuat media online. Katakan lah media online tersebut khusus menulis berita dan opini.

Berikut beberapa hal yang perlu kalian pahami tentang media online beserta pahami juga langkah-langkah dalam pembuatannya.

Memahami apa itu media online dan fungsinya

Media online adalah media yang harus up to date setiap harinya. Ia menginformasikan segala berita yang sedang hangat dengan jumlah "kata" tidak perlu panjang-panjang bak nulis artikel pilar.

Untuk gambarannya, media online itu seperti Detik dan Kompas. Namun, keduanya, adalah jenis media online besar yang sudah memiliki banyak jurnalis di mana-mana.

Kalau kalian tertarik membikin media online, cukup topiknya lokalan saja. Fokus kalian hanya mencari dan menulis berita yang ada kaitannya dengan nama kota sendiri.

Lengkapi juga dengan rubrik lain, seperti menginformasikan tempat wisata, makanan khas, dan hal-hal lain yang erat kaitannya dengan kedaerahan.

Kegunaan membuat media online lokal adalah untuk memberikan informasi kepada orang-orang yang sama-sama tinggal di kota kalian. Lalu untuk mengkritisi pemerintah daerah. Katakan lah untuk mengkritisinya, artikelnya ditaruh dalam rubrik opini dan esai.

Dengan membikin media online sendiri, tentu akan memudahkan kalian dalam menyalurkan opini. Atau sebagai tempat artikel yang pernah ditolak oleh media besar. Sehingga, istilahnya, ada "wadah" sendiri.

Cara membuat media online

1. Menyiapkan berbagai rubrik pada media online yang ingin kalian buat

Katakan lah setelah membuat logo, lalu menyiapkan websitenya, dan mengatur navigasi media, maka langkah paling utama ialah menyiapkan rubrik.

Rubrik yang mau disediakan, mau rubrik apa saja?

Sekadar gambaran, berhubung media saya bawa-bawa kota Garut, maka rubriknya: berita utama, esai, opini, politik, makanan khas, wisata, dan liputan.

Nah, itu dulu yang perlu kalian tentukan untuk mempermudah menulis artikel. Langkah pertama ini saya ambil referensinya dari tulisan: tema tulisan di media online.

2. Mencari sumber berita dari media online lain untuk kalian tulis

Tentukan sumber beritanya dari mana. Ini khusus kalau kalian baru awal-awal membuat media online. Kalau saya, biasanya di Detik dan ada media lokal khusus Kabupaten Garut. Sehingga, nantinya, tinggal salin saja, dan ubah sedikit kata-katanya.

3. Membentuk tim penulisan

Bikin media online lalu dikelola sendirian itu melelahkan. Maka dari itu, bentuk tim penulisan yang mau susah-senang dari nol.

Tidak perlu menunjuk penulis-penulis keren. Cukup penulis yang katakan lah memiliki ketertarikan. Udah. Itu saja.

4. Menyiapkan modal apabila tidak sanggup dikelola sendirian

Nah untuk melengkapi langkah ketiga, maka siapkan modal untuk membayar penulis yang kalian ajak. Dari awal, sudah ngasih tahu dulu berapa bayaran per bulan atau berapa bayaran per artikelnya. Atau dari mana nanti sumber penghasilannya. Dan lain sebagainya.

Kalau kalian sudah memiliki nama seperti saya, ke sananya lebih mudah sih.

5. Menentukan jadwal tayang artikel

Dalam sehari, mau berapa artikel yang ditayangkan? Dua atau tiga? Rubrik apa saja yang mesti diisi. Nah, ini penting agar setiap hari update terus sehingga media online kalian bagus di SERP.

Jadi, mulai tentukan lah.

6. Membuat sosmed untuk memancing pembaca

Media online berbeda dengan blog. Blog, bagusnya, dapat pembaca organik. Sedangkan media online, mau tidak mau, harus membuat sosmed untuk mendapatkan banyak pembaca.

Jadi, bikin lah dua sosmed saja. Mungkin halaman Facebook dan Twitter. Fokus dua sosmed aja dulu.

7. Bikin media yang menarik, dan beda dari yang lain

Menarik itu, beda dari yang lain. Seperti media online milik saya. Saya bayar penulis lokal 1 dollar dengan gaya penulisan yang saya tentukan sendiri.

Ditambah lagi, pembayaran cepat dan hanya butuh 4 artikel saja sudah bisa gajian. Sesederhana itu.

Cara Buat Media Online

Cara membuat artikel di media online

Untuk membuat berita tiru lah dari artikel media online besar. Lalu edit dan gunakan sinonim agar tampak unik dan beda. Jangan lupa, cantumkan juga sumber tulisannya untuk menghargai sang jurnalis.

Untuk artikel opini dan esai diambil dari pemikiran si penulis dengan gaya khas menulis masing-masing. Usahakan, opini yang disampaikan masuk akal dan mendalam. Sehingga mendapatkan eksposur pembaca.


Untuk rubrik-rubrik lainnya usahakan jenis artikel pilar untuk memancing pembaca organik. Jadi, seimbang, antara pembaca sosmed dan organik.

Cara menjangkau banyak pembaca media online

1. Share di satu sosmed

Banyak orang yang telah berhasil membikin media online, tapi lama-lama tidak terurus. Mengapa? Karena selalu semangat diawal dan terlalu heboh bikin sosial media ini-itu.

Padahal, cukup satu sosmed aja. Pelan-pelan. Nanti makin oke, makin kepikiran buat melebarkan ke sosmed lain. Bakal muncul juga inovasi-inovasi baru.

2. Share oleh si penulis artikel

Semakin banyak penulis, semakin banyak juga pembaca yang masuk ke media online yang kalian buat. Oleh karena itu, share artikelnya oleh si penulis artikel lewat sosmed mereka masing-masing.

3. Ajak penulis lain menjadi kontributor di media online kalian

Ini adalah cara terbaik sambil iming-imingi dengan bayaran. Sudah pasti akan banyak orang yang join ke media online kalian.

-

Barangkali itu saja cara membuat media online, khusus menulis berita dan opini. Semoga artikel ini ada manfaatnya.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.