Artikel Terbaru

Teknik Menulis Artikel di Media Online agar Bisa Tembus dengan Mudah: Tahap Persiapan!

Teknik menulis artikel di media online


Belakangan ini saya sedang membaca ulang tulisan-tulisan tentang tips dan cara menulis artikel di media online. Ada sekitar 7 postingan yang saya bagikan pada Desember 2020 lalu.

Tak lain, maksud dari semua tulisan itu tujuannya agar artikel yang dikirim ke media online bisa tembus dengan mudah.

Salah satu artikel terbaik dan sampai saat ini mendulang banyak pembaca, yakni tulisan mengenai tips menulis artikel di media online untuk penulis pemula.

Ini artinya, jika saya tafsirkan, ternyata banyak juga penulis yang ingin mencoba meraih peruntungan di media online. Dan mungkin, kamu salah satunya?

Tulisan yang saya bagikan kali ini adalah semacam panduan. Karena, teknik menulis artikel di media online ini ada beberapa tahapan standar yang perlu dilalui oleh seorang penulis.

Mulai dari tahap persiapan, penulisan, dan pengiriman.

Jika saya bahas semuanya di artikel ini, mungkin bisa mencapai ribuan kata. Oleh sebab itu untuk memudahkan saya dalam ngeblog, saya akan membahas tahap persiapannya dulu.

Lantas, apa saja tahap persiapan dalam menulis artikel untuk dikirim ke media online supaya dimuat dengan cepat?

Berikut di bawah ini adalah penjelasannya.

Teknik menulis artikel di media online, tahap persiapan 1 #Membaca rubrik opini di media online yang kamu tuju

Rubrik opini ialah rubrik untuk menampung tulisan para penulis lepas, termasuk juga para penulis artikel. Seorang penulis artikel harus mengetahui betul isi artikel dari rubrik tersebut.

Ingat bahwa, masing-masing rubrik di media online mempunyai karakteristik tersendiri. Oleh karena itu, seorang penulis artikel perlu membiasakan diri untuk terus membaca opini-opini yang dimuat oleh media online.

Tujuannya jelas. Dengan membaca rubrik opini maka kamu akan semakin mengetahui tema apa saja yang sering ditayangkan, atau gaya tulisan seperti apa yang sering dimuat di media online tersebut.

Dengan melakukan tahap persiapan ini, tentu saja akan memudahkan kamu untuk memutuskan, mau dikirim ke media mana artikel yang telah kamu tulis itu. Apakah standar penulisan kamu sudah sesuai dengan media A, B, C?

Dengan mengamati rubrik masing-masing media online, maka harapan artikel kita dimuat akan lebih besar.

Teknik menulis artikel di media online, tahap persiapan 2 #Membaca rubrik rencana

Rubrik rencana di media online biasanya berdekatan dengan rubrik opini.

Jika rubrik opini ditulis oleh penulis lepas (penulis di luar redaksi), rubrik rencana ditulis oleh redaktur yang bekerja pada media online tersebut.

Membaca rubrik khusus yang ditulis oleh redaktur media online, ini memudahkan penulis online untuk mengetahui alur berpikir, pendapat, dan visi dari media tentang berbagai pemberitaan yang telah mereka tayangkan.

Sehingga, ketika kita mengirim artikel yang sesuai dengan pandangan, visi, dan misi media yang bersangkutan, kesempatan artikel kita dimuat juga semakin besar.

Bukan hanya itu saja, kita juga bisa meniru judul tulisannya, kalimat pembukanya, gaya tulisannya, dan masih banyak lagi. Dulu, saya pernah membahas hal ini, silakan baca tips menulis di Terminal Mojok.

Teknik menulis artikel di media online, tahap persiapan 3 #Mempunyai catatan sendiri

Ini dia yang sering dilupakan oleh para penulis.

Punya catatan sendiri, sangat penting untuk memuat berbagai data dan informasi. Dengan adanya catatan, kita bisa menulis di mana dan kapan pun saja hanya dengan berbekal catatan tersebut.

Kita tidak hanya melulu menulis di dalam rumah dengan berbagai literatur yang itu-itu saja. Punya catatan sendiri, pada dasarnya, untuk membantu dalam manajemen karier kepenulisan agar lebih tertata dengan baik.

Kira-kira, sejauh ini, sudah berapa banyak artikel yang ditolak? Apakah sudah diperbaiki? Apakah ketika dilemparkan ke media lain, justru malah tembus dengan mudah?

Mengapa artikel kamu di media online A gagal tembus mulu? Cara mengatasinya bagaimana? Semua, tercantum dalam catatan. Sehingga, dalam hal ini effort kamu terbilang besar untuk berkarir di dunia kepenulisan.

Dengan membuat manajemen yang baik melalui catatan tersebut, keberhasilan karir kepenulisan kamu akan semakin gampang tercapai.

Itu lah 3 persiapan dalam menulis artikel di media online. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA: Pengalaman Artikel Saya Dimuat di Media Online, Begini Caranya!

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.