10 Contoh Cerita Inspiratif yang Simple Beserta Strukturnya [TERBARU]

Contoh Cerita Inspiratif

Menulis cerita inspiratif sebenarnya mudah. Adik-adik ikuti saja langkah-langkah yang akan kakak uraikan di postingan ini. Sebab, postingan kali ini kakak akan menjelaskan sebuah cara sekaligus memberikan contoh cerita inspiratif singkat dan simple beserta strukturnya.

Cerita inspiratif atau teks cerita inspiratif adalah rangkaian cerita yang berbentuk narasi yang kalau dibaca oleh kita maka akan memberikan kesan yang mendalam dan menyentuh. Pada intinya, cerita inspiratif akan memunculkan kebaikan atau nilai positif bagi pembaca.

Lebih dari itu, cerita inspiratif dapat memotivasi pembaca agar semangat menjalani kehidupan. Sehingga, ia tergugah ketika membaca cerita tersebut.

Ada beberapa struktur yang perlu adik-adik ketahui terlebih dahulu ketika akan menulis cerita inspiratif. Struktur ini yang kemudian membentuk pola sehingga cerita inspiratif menjadi utuh dan benar. Tanpa struktur, tentu saja cerita inspiratif yang adik-adik tulis nantinya malah melebar kemana-mana dan terlihat ngawur.

Baca juga: Kumpulan artikel literasi sekolah

Coba perhatikan baik-baik beberapa struktur dalam menulis cerita inspiratif di bawah ini.

Struktur cerita inspiratif

Orientasi

Ini adalah langkah utama dalam menulis cerita inspiratif. Orientasi ini merupakan pengantar cerita atau pembuka cerita. Biasanya pengantar cerita diawali dengan pengenalan tokoh atau latar belakang tokoh dalam cerita inspiratif.


Kerumitan peristiwa

Tahap kedua dalam menulis cerita inspiratif yaitu harus ada kerumitan peristiwa yang menuju kepada konflik cerita. Sama halnya ketika menulis sebuah novel, tentu ada kerumitan atau konflik dalam cerita yang kita tulis. Tanpa kerumitan peristiwa, cerita inspiratif yang adik-adik tulis nanti terkesan biasa-biasa saja.


Komplikasi

Dalam menulis cerita inspiratif, cerita akan lebih menarik ketika tokoh-tokoh yang adik-adik ceritakan terjadi konflik yang hebat. Di tahap ketiga inilah cerita inspiratif itu dijelaskan secara rinci dan detail. Mulai dari tokoh utama, tokoh pembantu, dan tokoh-tokoh lainnya.

Resolusi

Setelah terjadi konflik yang hebat, maka cerita inspiratif yang adik-adik tulis harus ada resolusinya. Maksudnya dari berbagai konflik atau kerumitan yang sudah adik-adik ceritakan, nanti harus ada kalimat-kalimat yang menyadarkan kepada kebaikan bagi tokoh-tokoh yang adik-adik tulis. Sehingga, pembaca pun merasa terkesan dan hatinya tergugah oleh cerita inspiratif yang adik-adik tulis.

Koda

Tahap terakhir dalam menulis cerita inspiratif yaitu harus ada koda atau kesimpulannya. Artinya, ada pesan moral yang dapat diambil oleh pembaca dari cerita inspiratif tersebut.

Contoh Cerita Inspiratif yang Simple Beserta Strukturnya

Setelah adik-adik membaca dan memahami tentang struktur cerita inspiratif, maka selanjutnya kakak akan memberikan 10 contoh teks cerita inspiratif atau kisah cerita inspiratif.

Contoh cerita inspiratif atau cara membuat cerita inspiratif yang kakak tulis di bawah ini terbilang terbaru, terupdate, dan mudah untuk adik-adik pahami.

Kakak menulis cerita inspiratif atau boleh dikatakan sebagai cerita inspirasi di bawah ini dengan berbagai tema. Dan mungkin saja tema yang adik-adik cari, salah satunya ada di postingan ini. 

Sehingga, tugas yang diberikan sama guru adik-adik sekalian selesai dikerjakan. Hehe. Perhatikan baik-baik ya contoh teks cerita inspiratif pendek beserta strukturnya.


Contoh teks inspiratif tentang persahabatan beserta strukturnya

Contoh Cerita Inspiratif


A. Orientasi

Diceritakan ada dua orang yang sudah bersahabat cukup lama, yaitu Andi dan Azka. Andi adalah tipe orang yang pendiam dan selalu memahami karakter Azka. Sedangkan Azka adalah tipe orang yang suka blak-blakan sehingga sering menyakiti orang.

B. Kerumitan Peristiwa

Meski persahabatan mereka sudah dibangun sejak SD, Andi kadang-kadang sakit hati sama karakter Azka. Andi sering bergumam, mengapa sifat sahabatnya itu tidak berubah dari dulu ya?

C. Komplikasi

Pernah disuatu hari, Andi menasihati Azka. Dia mengatakan, "Azka, sifat kamu ubah dong! Kalau kamu gitu terus, orang-orang yang berada di sekitarmu bisa menjauh. Termasuk aku".

Azka membalas, "Kamu kan sahabat saya. Tahu saya dari dulu kayak gimana. Kamu kan orang yang selalu memahami karakter saya. Tapi kalau kamu sudah tidak tahan dengan karakter saya, yasudah ayo kalau persahabatan kita mau sampai di sini mah"

D. Resolusi 

Sebagai sahabat terdekat Azka, niat Andi sebenarnya baik. Ia menasihati Azka agar bisa berubah karena kepalang kesel sama karakternya yang blak-blakan itu. Akan tetapi di lain sisi, oleh karena ingat sama kebaikan-kebaikan yang sudah Azka berikan kepadanya dari kecil sehingga ia menerimanya.

Di hari-hari berikutnya pun, bahkan sampai mereka lulus kuliah, Andi tidak lagi menyuruh Azka untuk berubah. Andi yakin, tanpa disuruh pun, Azka pasti sadar kalau perilaku menyakiti orang lain itu tidak baik.

E. Koda

Dalam persahabatan, sesekali kita perlu menyadarkan sahabat kita. Ini demi kebaikan sahabat kita sendiri. Tapi ketika dengan mudah ingin menyudahi persahabatan dengan teman kita dari kecil, alangkah baiknya pikirkan kembali. Sebab, boleh jadi sahabat kita sudah memberikan kebaikan-kebaikan yang tak terhitung.

Dalam persahabatan, kalau sahabat kita sudah menolak untuk dinasehati (terutama soal perubahan sikap) maka yakin saja kelak ia bisa berubah. Tanpa kita suruh.

Contoh teks cerita inspiratif singkat beserta strukturnya bertema "perawat/corona/pahlawan"

Contoh Cerita Inspiratif


A. Orientasi

Sejak Covid-19 melanda Indonesia, perawat muda bernama Mbak Aminah sudah ditugaskan di Rumah Sakit Gunawan Sukaharjo. Sosoknya yang masih muda itu totalitas sekali dalam melayani pasien. Orang tua Mbak Aminah mengapresiasi kinerjanya.

B. Kerumitan Peristiwa

Meski Mbak Aminah sudah totalitas dalam bekerja, tetap saja di lingkungan pekerjaannya sering diremehkan karena usianya masih dianggap muda. Istilahnya, dianggap belum memiliki pengalaman. Tentu ini membuat Mbak Aminah sakit hati. Namun, ia menguatkan tekadnya untuk terus bekerja guna menyembuhkan pasien-pasiennya.

C. Komplikasi

Nasib Mbak Aminah ditakdirkan untuk tidak senyaman tinggal di rumah orang tuanya. Sebab, selain di rumah sakit diremehkan oleh orang-orang yang berada di tempat kerjanya, di lingkungan sekitar kontrakannya pun orang-orang sering menjauh melihatnya. Orang-orang ini takut Mbak Aminah membawa virus dan menular kepadanya. Bahkan, Mbak Aminah pernah dengar kalau corona adalah konspirasi. Menyakitkan!

D. Resolusi

Akan tetapi dari semua problem yang dihadapi oleh Mbak Aminah, ia tetap untuk fokus bekerja. Bekerja membantu orang-orang yang saat ini sedang membutuhkan jasanya. Beberapa pasien yang sudah dinyatakan sembuh memuji Mbak Aminah dan teman-temannya. Katanya, pahlawan itu ternyata kalian. Kalian yang sudah melayani kami dengan baik dan totalitas!

Mbak Aminah berharap, mudah-mudahan dunia kembali seperti semula. Lebih dari itu, ia berharap agar orang-orang mematuhi protokol kesehatan. Peduli akan kesehatan.

E. Koda

Kerja totalitas yang diaplikasikan Mbak Aminah memunculkan keikhlasan. Diuji oleh berbagai ujian, ia tetap kuat. Dia lah salah satu pahlawan yang patut kita apresiasi.

Penjelasan:

Dari dua contoh cerita inspiratif di atas, silakan di bawah ini ada beberapa cerita inspiratif yang silakan adik-adik susun sendiri ya strukturnya. Gampang, kan? AYO!

Contoh cerita inspiratif bertema "Rumahku/ayah"

Contoh Cerita Inspiratif


Rumah adalah tempat tinggal di mana kita pulang sekolah. Rumah adalah tempat tinggal di mana kita pulang kerja. Dan rumah adalah tempat berkumpulnya kita dengan keluarga. Akan tetapi, bagi aku, rumah yang didefinisikan seperti itu malah tidak sama dengan apa yang aku rasakan. Bagaimana tidak, hampir setiap hari aku merasa sumpek tinggal di rumah.

Sesekali aku ingin pergi ke suatu tempat di mana tidak banyak orang yang tinggal di sana. Aku hanya ingin hidup sendirian, atau mungkin ditemani dengan beberapa kucing? Aku sadar bahwa di luar sana banyak orang yang tidak memiliki rumah. Namun, bagiku, saat ini seolah merasa tidak punya rumah karena banyak keresahan tinggal dengan ayahku.

Aku berharap ayahku sadar bahwa rumah yang baik bukan yang bagus dan besar. Namun, rumah yang baik adalah rumah yang dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Lantas, ketika aku berpikiran seperti itu, pertanyaannku sederhana: hidup tanpa ayah? setelah ibu tiada?

Aku kemudian merenung kembali. Mungkin saja alasan ayah membikin rumah mewah seperti itu agar aku nyaman. Mungkin saja rumah itu adalah investasi bagi aku? Oh di balik tidak nyaman tinggal di rumah, ternyata ada sosok ayah yang peduli kepadaku. Hanya saja mungkin aku tidak peka. Sebagai seorang anak, aku harusnya peka terhadap ayahku. Aku harusnya berbakti kepada ayahku. Terima kasih ayah!

Contoh cerita inspiratif bertema "Guru/kesehatan"

Contoh Cerita Inspiratif


Namanya Pak Abdul. Guru Agama yang tinggal di pelosok kampung. Untuk menuju sekolah, guru yang satu ini membutuhkan waktu sekira satu jam lebih. Sebab, ia tidak punya kendaraan pribadi. Jadi ia jalan kaki dari rumah menuju sekolah.

Banyak orang bilang, terutama tetangganya, Pak Abdul ini tinggal pinjam uang saja ke bank lalu beli motor. Namun, bagi Pak Abdul, selama masih punya kaki yaaa jalan saja. Yang penting ke sekolah tepat waktu.

Pernah disuatu ketika, bahkan katanya sering, Pak Abdul diminta antar jemput oleh anaknya. Tapi tetap saja dia menolak. Sampai saat ini, anaknya tidak tahu alasan mengapa ayahnya lebih ingin jalan kaki daripada naik kendaraan.

Salah satu media online pernah mewawancarainya, katanya, alasan dirinya lebih senang jalan kaki karena jalan kaki itu menyehatkan. Sesederhana itu. Faktanya, di usia Pak Abdul yang sudah senja itu, ia benar masih sehat. Jika dibandingkan dengan orang yang seusianya, beda jauh. Kakinya masih oke. Tubuhnya masih gagah.

Pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah Pak Abdul adalah jangan malu jalan kaki ketika berangkat ke sekolah. Boleh jadi, di usia tua nanti kita masih sehat. Bukan hanya sehat fisik, namun juga pikiran.

Contoh cerita inspiratif bertema "menabung/keuangan/rajin"

Contoh Cerita Inspiratif


Sedari SD, Rena sudah sering membaca kalau menabung adalah pangkal kaya. Ia aplikasikan itu dari SD hingga SMA. Rajin banget lah Dek Rena ini menabung. Uang yang ia simpan kadang di celengan ayam, plastik, dan di celengan-celengan lainnya.

Untuk menabung, bagi Rena, sangatlah mudah. Tapi, ketika keluarganya menghadapi kesusahan maka terpaksa uang yang ia tabung harus dibuka dan diberikan kepada keluarganya. Entah itu kakaknya sedang sakit, ibunya, dan juga ayahnya.

Rena kadang kesal sebenarnya ketika uang yang ia tabung dikasih begitu saja. Tentu agak kesal karena kenapa kakaknya tidak menabung juga seperti dirinya? Kenapa dan apa ibu dan ayahnya tidak punya tabungan?

Pikiran-pikiran itu membuntuti Rena. Tapi, pikiran ia itu ia usir begitu saja. Ia malah lebih rajin lagi menabung. Satu tabungan buat keluarganya jika terjadi hal-hal yang tidak diingankan. Satu tabungan lagi buat keperluan dirinya untuk membeli barang yang ia mau. Itu yang ia lakukan selama ini.

Setelah Rena melakukan itu, apa yang ingin ia beli terbeli juga. Rena percaya bahwa menabung itu emang pangkal kaya. Ia jadi mudah untuk membeli apapun yang dimaunya.

Contoh cerita inspiratif bertema "tokoh", kali ini beserta strukturnya lagi

Contoh Cerita Inspiratif



A. Orientasi

Sejak kecil Jordan memiliki ketertarikan dalam bidang olah raga. Salah satu cabang olah raga kesukaannya adalah bola basket.

B. Kerumitan Peristiwa

Saat baru duduk di bangku SMA, Jordan pernah ditolak saat ingin mengikuti seleksi masuk tim basket sekolahnya. Alasan utama pada saat itu adalah karena badannya yang terlalu pendek. Selain itu, ia juga dinilai kurang mahir dalam permainan tersebut.

C. Komplikasi

Jordan sangat sedih mendengar hal itu, tapi ia tak menyerah. Ia tetap berlatih dengan giat setiap hari di rumah. Tidak hanya tekniknya, ia juga melatih fisiknya dengan sangat keras dan disiplin. Dua tahun berikutnya, ia kembali mengikuti seleksi tim sekolahnya dan diterima.

D. Resolusi

Pada kompetisi SMA tahun 1981 Jordan membuktikan kerja kerasnya. Pada game pertamanya, ia berhasil mencetak 40 angka. Ia juga memiliki statistik yang mengesankan, rata-rata 25 angka per game, dan memenangkan kompetisi SMA di tahun yang sama.

E. Koda

Ia pensiun tahun 2003 dan tercatat sebagai pemain yang mencetak angka terbanyak kedua dalam satu musim. Kini Jordan menjadi pemilik klub NBA, pebisnis, dan salah satu legenda basket sepanjang masa.

Contoh cerita inspiratif bertema "Islami" beserta strukturnya

Contoh Cerita Inspiratif


A. Orientasi

Pada masa keemasan Kekhalifahan Abbasiyah, hidup seorang ulama yang sangat disegani. Suatu hari, seorang pedagang kenalannya berkunjung ke rumahnya.

B. Kerumitan Peristiwa

‘Tuan sudah tahu kabar yang baru saja kudengar tentang sahabat tuan?’ kata pedagang.
‘Tunggu dulu!’ ujar ulama, ‘Sebelum kau memberitahuku lebih lanjut, aku ingin kau melewati tiga pertanyaan dariku. Aku menamainya ter tiga saringan.’

C. Komplikasi

Pedagang itu bingung. Sang ulama lalu menjelaskan, ‘Sebelum kamu bercerita tentang kawanku, ada baiknya sedikit kusaring dulu informasinya. Tes pertama, apakah kamu bisa menjamin informasi itu benar?’

D. Resolusi

Pedagang menjawab, ‘Tidak, aku baru saja mendengarnya dari seseorang. Tapi…’
‘Oke, berarti kamu tidak bisa menjamin kebenarannya.’ Ulama melanjutkan lagi, ‘Apakah kabar tentang temanku adalah suatu informasi yang baik?’
Pedagang menjawab, ‘Tidak, malah sebaliknya ia…’
‘Oke, berarti kamu akan berbicara tentang keburukan yang belum tentu benar.’ Ulama melanjutkan lagi, ‘Terakhir, apakah mengetahui hal itu memberiku keuntungan?’
‘Tidak ada,’ jawab pedagang itu.

E. Koda

Jika keburukan kawanku belum tentu benar dan tak ada keuntungan apa pun mengetahuinya, untuk apa kamu cerita?’ tanya sang ulama.

Contoh cerita inspiratif diri sendiri bertema "Melepaskan masalah/kehidupan" atau "buat diri sendiri" beserta strukturnya

Contoh Cerita Inspiratif


A. Orientasi

Seorang pria jatuh ke dalam sebuah lubang yang dalam. Dia tidak bisa menarik keledai tersebut keluar, tidak peduli seberapa keras ia mencobanya. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk mengubur keledainya hidup-hidup.

B. Kerumitan Peristiwa

Tanah mulai ditimbun ke lubang tempat keledai berada dari atas. Keledai yang merasa tertimpa tanah, menggoyangkan tubuhnya untuk menjatuhkan tanah di atas tubuhnya, dan melangkah di atas tanah tersebut. Tanah berikutnya ditimbun kembali ke dalam lubang.

C. Komplikasi

Keledai itu mengibaskan kembali tubuhnya dan menaiki tanah tersebut. Semakin tanah ditimbun, semakin tinggi tanah tersebut naik.

D. Resolusi

Menjelang siang, keledai itu dapat keluar dari lubang, lalu merumput di padang rumput hijau.

E. Koda

Setelah banyak ‘mengibaskan’ masalah, Dan melangkah (belajar dari kisah di atas), Suatu saat setelah terlepas dari masalah, anda akan mampu merumput di padang rumput hijau. Anda akan mampu meraih apa yang anda impikan.

Contoh cerita inspiratif bertema "hewan/renungan" beserta strukturnya

Contoh Cerita Inspiratif


A. Orientasi

Seorang pria menemukan kepompong kupu-kupu.

B. Kerumitan Peristiwa

Suatu hari sebuah celah kecil muncul. Dia duduk dan memperhatikan kupu-kupu itu selama beberapa jam saat ia berusaha memaksakan tubuhnya melewati lubang kecil itu.

C. Komplikasi

Sampai tiba-tiba berhenti membuat kemajuan dan tampak seperti macet. Maka lelaki itu memutuskan untuk membantu kupu-kupu itu. Dia mengambil gunting dan memotong kepompong yang tersisa. Kupu-kupu kemudian muncul dengan mudah, meskipun memiliki tubuh bengkak dan sayap kecil yang layu.

Pria itu tidak memikirkan apa-apa tentang itu dan duduk di sana menunggu sayapnya membesar untuk menopang kupu-kupu. Tetapi itu tidak terjadi. Kupu-kupu menghabiskan sisa hidupnya tidak bisa terbang, merangkak dengan sayap kecil dan tubuh bengkak.

D. Resolusi

Meskipun pria itu baik hati, dia tidak mengerti bahwa kepompong yang membatasi dan perjuangan yang dibutuhkan oleh kupu-kupu untuk bisa menembus lubang kecil; adalah cara Tuhan memaksakan cairan dari tubuh kupu-kupu ke sayapnya. Mempersiapkan diri untuk terbang begitu sudah keluar dari kepompong.

E. Koda 

Perjuangan kita dalam hidup mengembangkan kekuatan kita. Tanpa perjuangan, kita tidak pernah tumbuh dan tidak pernah menjadi lebih kuat, jadi penting bagi kita untuk mengatasi tantangan kita sendiri, dan tidak bergantung pada bantuan dari orang lain.

Contoh cerita inspiratif bertema "cinta/perjuangan" beserta strukturnya

Contoh Cerita Inspiratif


A. Orientasi

Perjuangan kita dalam hidup mengembangkan kekuatan kita. Tanpa perjuangan, kita tidak pernah tumbuh dan tidak pernah menjadi lebih kuat, jadi penting bagi kita untuk mengatasi tantangan kita sendiri, dan tidak bergantung pada bantuan dari orang lain.

Perjuangan kita dalam hidup mengembangkan kekuatan kita. Tanpa perjuangan, kita tidak pernah tumbuh dan tidak pernah menjadi lebih kuat, jadi penting bagi kita untuk mengatasi tantangan kita sendiri, dan tidak bergantung pada bantuan dari orang lain.
 
Beberapa waktu lalu, seorang lelaki menghukum putrinya yang berusia 3 tahun karena menyia-nyiakan gulungan kertas pembungkus emas.
 

B. Kerumitan Peristiwa

Uang sangat ketat dan ia menjadi geram ketika anak itu mencoba mendekorasi sebuah kotak untuk diletakkan di bawah pohon. Namun demikian, gadis kecil itu membawa hadiah itu kepada ayahnya keesokan paginya dan berkata, "Ini untukmu, Ayah."
 

C. Komplikasi

Pria itu menjadi malu dengan reaksi berlebihan sebelumnya, tetapi kemarahannya terus berlanjut ketika dia melihat bahwa kotak itu kosong. Dia berteriak padanya; "Apa kamu tidak tahu, ketika kamu memberi seseorang hadiah, seharusnya ada sesuatu di dalam?"
 
Gadis kecil itu menatapnya dengan air mata berlinang dan menangis;
“Oh, Ayah, sama sekali tidak kosong. Saya meniup ciuman ke dalam kotak. Semuanya untuk Anda, Ayah. ”
 
Sang ayah hancur. Dia memeluk gadis kecilnya, dan dia memohon maaf padanya. Hanya beberapa saat kemudian, sebuah kecelakaan merenggut nyawa anak itu.
 

D. Resolusi

Ayahnya menyimpan kotak emas di samping tempat tidurnya selama bertahun-tahun dan, setiap kali dia berkecil hati, dia akan mengeluarkan ciuman imajiner dan mengingat cinta anak yang telah meletakkannya di sana.
 

E. Koda

Cinta adalah hadiah paling berharga di dunia.

Nah adik-adik itu lah 10 cerita inspiratif yang simple beserta strukturnya. Adik-adik silakan bikin sendiri cerita inspiratif yang mungkin bisa lebih inspiratif lagi daripada cerita yang kakak tulis di atas.

Semoga postingan ini dapat membantu adik-adik, ya! Jangan lupa bagikan postingan contoh cerita inspiratif ini kepada teman-teman adik agar mereka dapat membaca dan menulis cerita sendiri.

Halo! Dapat tugas tentang contoh teks diskusi? Silakan baca juga ini 10 contoh teks diskusi yang simple banget beserta strukturnya.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url