10 Contoh Teks Diskusi yang Simple Banget Beserta Strukturnya [TERBARU]

Contoh Teks Diskusi

Halo adik-adik, berjumpa kembali dengan kakak di kolom literasi sekolah.

Jadi, bulan Februari lalu kakak pernah membahas tentang 10 contoh cerita inspiratif yang simple beserta strukturnya. Dan hasilnya tulisan tersebut trending di blog penulis Garut. Dan juga nangkring di posisi kedua halaman pertama Google.

Sedangkan hari ini kakak pengen membahas tentang 10 contoh teks diskusi yang simple banget beserta strukturnya.


Apa itu teks diskusi?

Teks diskusi merupakan bentuk teks yang berisi dua pendapat pada permasalahan yang sedang dibahas. Ada pendapat yang menyatakan setuju (disebut dengan pro atau mendukung) dan ada juga pendapat yang menyatakan tidak setuju (disebut dengan kontra alias bertentangan).

Struktur teks diskusi

Untuk menyusun teks diskusi memerlukan tiga struktur utama. Pertama, isu. Kedua, argumen. Ketiga, kesimpulan.

1. Fungsi isu dalam teks diskusi

Isu adalah masalah utama yang dibahas dalam teks diskusi. Pemilihan isu sangatlah luas. Sebab, hampir di semua bidang dijadikan isu untuk kemudian didiskusikan bersama dan dicari solusinya.

2. Fungsi argumentasi dalam teks diskusi

Argumentasi dibagi menjadi dua bagian; argumen yang mendukung dan menentang.

Argumentasi yang mendukung bentuknya semacam pendapat yang menyatakan dukungan terhadap isu yang sedang didiskusikan, sedangkan argumentasi yang menentang yaitu membantah atas argumen pendukung tersebut.

3. Fungsi kesimpulan dalam teks diskusi

Kesimpulan merupakan hasil akhir dari teks diskusi. Isinya bisa berupa kesepakatan, solusi, dan rekomendasi pembahasan agar masalah yang dibahas ada jalan tengahnya bagi pendapat yang mendukung dan menentang.

Kaidah bahasa teks diskusi

Dalam membuat teks diskusi, ada kaidah-kaidah kebahasaan tertentu yang perlu adik-adik perhatikan seperti; menggunakan kata konjungsi atau kata hubung (misalnya 'tetapi'/sedangkan), menggunakan kata 'harus'/'mungkin'/'akan, dan menggunakan kata baku.

Bahkan, untuk membuat teks diskusi harus diawali dengan kalimat pertanyaan dan menggunakan pronomina alias kata ganti.

Nah agar adik-adik memahami lebih dalam tentang teks diskusi, silakan simak di bawah ini 10 contoh teks diskusi yang simple banget beserta strukturnya. Tulisan ini sengaja kakak bikin untuk adik-adik yang mampir ke blog ini. Mudah-mudahan tulisan kakak dapat membantu tugas adik-adik, ya!

1. Contoh teks diskusi beserta strukturnya tentang kebersihan lingkungan: pro dan kontra terkait daur ulang sampah plastik

Contoh Teks Diskusi


A. Isu

Adanya sampah plastik menjadi sesuatu yang meresahkan. Hal ini disebabkan karena sampah plastik sulit terurai di dalam tanah. Banyak para pegiat lingkungan yang telah menggalakan sampah plastik untuk didaur ulang.

B. Argumen yang mendukung

Sudah banyak orang yang beranggapan bahwa sampah, apa pun jenisnya dapat mengganggu. Hal ini dikarenakan sampah mengakibatkan dampak buruk. Tapi, saya rasa, sampah plastik masih ada gunanya. Ia masih dapat didaur ulang. Asalkan, kita bisa memanfaatkan dengan baik.

C. Argumen yang menentang

Menurut saya, sampah plastik justru sudah tidak perlu dibutuhkan lagi lah. Makanya, sudah sewajarnya sampah harus segera dimusnahkan dengan cara dibakar.

D. Kesimpulan

Bagi penggiat lingkungan, penanggulangan sampah lebih baik dilakukan dengan sistem daur ulang. Caranya mungkin bisa dimanfaatkan ulang menjadi kompos. Lalu, sampah non organik seperti plastik, bisa dilakukan daur ulang. Misalnya disulap menjadi kerajinan.

Masalah penanggulangan sampah memang harus diambil jalan yang tepat. Akan tetapi yang harus diingat sebenarnya beberapa jenis sampah masih bisa dimanfaatkan kembali. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah pada sampah plastik.


2. Contoh teks diskusi beserta strukturnya tentang pendidikan: pro dan kontra terkait full day school

Contoh teks diskusi

A. Isu

Full day school adalah program yang diminta agar siswa-siswi mengikuti proses belajar mengajar yang diselenggarakan secara penuh mulai dari pukul 07.00 - 16.00. Sistem ini mengharuskan siswa berada di sekolah selama seharian penuh. Di sini lah kemudian timbul pro dan kontra dengan diberlakukannya program ini.

B. Argumen yang mendukung

Pihak yang mendukung diberlakukannya program ini menganggap full day school semacam solusi tebaik untuk mengantisipasi dampak buruk globalisasi. Full day school dianggap dapat memberikan pelajaran, pendidikan yang baik, dan pelatihan yang cukup agar siswa dapat mencapai program jaminan mutu sekolah.

C. Argumen yang menentang

Pihak yang tidak setuju berpendapat bahwa tingkat konsentrasi anak itu berbeda-beda. Siswa butuh istirahat yang cukup agar konsentrasinya tetap terjaga secara maksimal. Selain itu, full day school memangkas waktu yang panjang sekali dan akan menyulitkan siswa untuk melakukan kegiatan di luar sekolah sesuai minat masing-masing.

D. Kesimpulan

Kalau full day school ingin berjalan lancar maka tergantung pada sarana dan prasarana yang disediakan sekolah. Jika prasarana memadai dan kegiatan sekolah dibuat menarik, program full day school akan berjalan menyenangkan. Sebaliknya, jika prasarana sekolah buruk kegiatan full day school akan membosankan.


3. Contoh teks diskusi beserta strukturnya tentang kesehatan: pro dan kontra terkait minum kopi


Contoh teks diskusi

A. Isu

Dampak minum kopi bagi kesehatan sering menjadi perdebatan. Beberapa studi menyatakan bahwa minum kopi secara rutin dapat memberikan dampak positif, namun studi-studi lainnya berkata sebaliknya.

B. Argumen yang mendukung

Minum kopi dalam jumlah besar memang akan menyebabkan penyakit kanker. Ini kan sudah melakukan penelitian besar-besaran tahun lalu.

C. Argumen yang menentang

Di sisi lain, sejumlah studi menemukan dampak positif minum kopi terhadap kesehatan. Studi yang telah dipublikasikan menyebutkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko kanker kulit, hati, dan uterus.

D. Kesimpulan

Menurut Kebijakan Kesehatan Stanford University, lebih baik bersikap skeptis terhadap hasil studi-studi ini, baik studi yang menyebut dampak negatif maupun dampak positif meminum kopi. Sebab untuk benar-benar mengetahui apakah kopi berdampak positif atau negatif bagi kesehatan, peneliti harus melakukan eksperimen yang sangat terkontrol.

4. Contoh teks diskusi beserta strukturnya - masalah pro dan kontra pergaulan bebas

Contoh teks diskusi

A. Isu

Pergaulan bebas didefinisikan sebagai pergaulan yang buruk bagi seseorang karena melanggar norma-norma aturan yang sudah ditetapkan. Pergaulan bebas identik dengan pergaulan luar batas atau disebut juga pergaulan yang liar.

B. Argumen yang mendukung

Pergaulan bebas memiliki dampak buruk yang sangat meresahkan. Bukan hanya bagi orang tuanya saja, tapi juga masyarakat di sekitarnya. Pergaulan bebas melanggar norma agama, hukum, budaya, dan norma bermasyarakat.

Faktor penyebabnya ada tiga macam yaitu pengaruh lingkungan, perkembangan teknologi yang tidak pandai menyikapinya dengan baik, dan faktor orang tua yang agak kurang memperhatikan sang anaknya.


C. Argumen yang menentang

Sebenarnya, pergaulan bebas merupakan kebutuhan hidup manusia. Sebab, manusia adalah makhluk sosial. Pergaulan setiap individu harusnya dibebaskan karena itulah yang dimaksud dengan HAM (tidak boleh dibatasi) apalagi dengan melakukan diskriminasi. Jadi, pergaulan antar manusia seharusnya bebas saja, tapitetap mematuhi norma-norma yang telah ditetapkan.



D. Kesimpulan

Pergaulan bebas sebenarnya disebabkan oleh segala macam perkembangan yang disalahartikan oleh kaum remaja itu sendiri maupun lingkungannya. Pergaulan padahal mempunyai pengaruh besar dalam pembentukan kepribadian seorang manusia.

Jadi, pergaulan bebas boleh-boleh saja, asalkan itu tetap memegang teguh pada nnorma-norma yang telah berlaku.


5. Contoh teks diskusi beserta strukturnya tentang narkoba - pro dan kontra terkait narkoba

Contoh teks diskusi

A. Isu

Tahun lalu kita dikejutkan dengan adanya penangkapan Arie Sudewarto oleh petugas BNN sebab diketahui secara sengaja telah menanam pohon ganja dengan total sebanyak 39 batang.

Menurut Arie, ia dengan sengaja menanam ganja guna mengobati istrinya yang tengah mengidap penyakit kista yang berisi cairan maupun yang tumbuh pada sumsum tulang belakang. Beragam usaha pengobatan yang sudah ia kerjakan dan ternyata tak membuahkan hasil. Pro kontra pun akhirnya muncul.

B. Argumen yang mendukung

Dari beragam literatur disebutkan jika pemakaian ganja sebagai pengobatan sejatinya sudah dikerjakan oleh manusia paling tidak sudah selama 3000 tahun lamanya.

Beberapa hasil studi telah menunjukkan jika ganja bisa dimanfaatkan untuk pengobatan diantaranya untuk menghilangkan rasa sakit, menghilangkan stress, dan membantu orang yang sudah kecanduan alkohol.

C. Argumen yang menentang

Sementara itu, bagi orang yang tidak setuju ganja dipakai untuk pengobatan medis beranggapan bahwa ganja amat berbahaya. Hal tersebut didasarkan hasil studi yang menggambarkan kalau ganja bisa memicu masalah kesehatan mental, kanker testis, dan bisa membuat pernapasan menjadi terganggu.

D. Kesimpulan

Walaupun ganja bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, tapi hal ini tidak membuat melegalkan pemakaian ganja untuk dijadikan sebagai obat. Khususnya di Indonesia karena ganja masuk ke dalam narkotika yang sudah dilarang penggunaanya menurut UU.

Maka dari itu, dibutuhkan penelitian lebih dalam lagi guna mengkaji dampak pemakaian ganja sebagai obat agar kejadian seperti yang dialami oleh Arie tidak akan terulang lagi.

6. Contoh teks diskusi beserta strukturnya tentang teknologi: pro dan kontra soal gadget

Contoh Teks Diskusi


A. Isu

Hari ini kita melihat gadget sudah sering dipakai oleh anak-anak ketimbang buku dan barang manfaat lainnya. Ini menjadi diskusi yang menarik bagi kebanyakan orang. Pro dan kontra terkait gadget bermunculan.

B. Argumen yang mendukung

Mereka menganggap gadget dibutuhkan oleh anak-anak karena anak perlu dikenalkan kepada teknologi masa kini. Mereka menganggap mengenalkan anak terkait teknologi terbaru merupakan hal penting, mengingat begitu cepatnya perkembangan teknologi. Tidak hanya itu saja, mereka berasumsi gadget dapat membuat anak-anak bisa menjadi lebih pintar. Sebab ada berbagai aplikasi yang dapat menunjang belajar anak.

C. Argumen yang menentang

Sedangkan, mereka yang menganggap anak-anak belum butuh gadget dengan alasan gadget bisa memberikan dampak buruk untuk tumbuh kembang mental si anak. Kehadiran gadget membuat anak-anak seolah tenggelam dengan dunianya sendiri. Merek beranggapan gadget menjadi penyebab kenapa anak terlambat berbicara.

D. Kesimpulan

Mengingat gadget sekarang sudah menjadi gaya hidup serta dapat berdampak negatif juga, maka orang tua butuh untuk membatasi anaknya dalam pemakaian gadget.

Adapun cara untuk membatasi pemakaian gadget pada anak menurut para ahli seperti misalnya menjauhkan gadget, televisi, dan internet dari kamar anak. Lalu mengawasi aplikasi yang diakses oleh anak; sebisa mungkin tidak memberikan gadget ketika si anak menangis serta memakai alasan logis ketika akan membatasi penggunaan gadget kepada anak.

7. Contoh teks diskusi beserta strukturnya tentang covid: pro dan kontra covid

contoh teks diskusi

A. Isu

Covid-19 merupakan penyakit yang dikarenakan adanya virus corona. Virus ini menyebar secara cepat. Penyakit yang satu ini berbahaya, khususnya untuk kalangan lanjut usia.

Virus ini diketahui bisa menyerang paru-paru untuk pengidap berusia lanjut. Hal itu dikarenakan daya tahan tubuh pada kaum lansia. Pada saat virus ini berhasil melumpuhkan paru-paru, maka pengidapnya mempunyai kemungkinan kecil untuk bisa sembuh.

B. Argumen yang mendukung

Tetapi bukan berarti virus ini tidak berbahaya untuk para pemuda. Nyatanya ada beberapa orang yang masih berusia muda tidak berhasil pulih. Di New York seorang pemuda dengan usia 15 tahun meninggal dunia sebab kompilasi Covid-19.

C. Argumen yang menentang

Walaupun kita tidak masuk ke dalam dua kategori yang rentan pada covid, kita tetap harus waspada serta senantiasa mengikuti protokol kesehatan pemerintah. Apabila kita kuat dan bukan berarti tidak harus takut, namun takutlah jika kita menularkannya kepada orang-orang yang rentan pada covid.

D. Kesimpulan

Pada akhirnya nanti kita semua harus berhati-hati. Tidak hanya melihat batas usia, kesehatan tubuh kita harus diperhatikan. Bersama kita lawan virus satu ini dengan cara menjaga jarak, kesehatan, dan kebersihan serta mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah kita.

8. Contoh teks diskusi beserta strukturnya tentang internet atau sosial media - pro kontra terkait sosial media

Contoh Teks Diskusi


A. Isu

Internet sangat membantu manusia dalam segala unsur kehidupan. Internet mempunyai andil penuh bagi kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apapun yang kita lakukan dapat mengakses situs berita sampai menambah wawasan tentang dunia luar.

B. Argumen yang mendukung

Internet baik bagi kehidupan manusia. Manusia bisa terus mengetehui informasi apa saja yang sedang terjadi. Dengan banyaknya media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter itu menambah yang selama ini mungkin tidak kita ketahui.

C. Argumen yang menentang

Akan tetapi, internet sebagai media tetap saja ada pengaruh buruknya. Gadget yang kita pegang untuk berselancar di sosmed justru membuat orang yang dekat terasa jauh. Dan ngobrol dengan teman dekat pun masih terus saja memegang handphone.

D. Kesimpulan

Dari semua hal yang berkaitan dengan internet, ini tergantung pada pemakaian si manusia itu sendiri. Memang ada manfaat dan kekurangannya. Balik lagi kepada kita, kita harus bisa memaksimalkan adanya internet maupun sosial media dengan baik.

9. Contoh teks diskusi beserta strukturnya tentang banjir - pro dan kontra terkait banjir


Contoh teks diskusi

A. Isu

Sampah dinilai sangat menganggu dan juga meresahkan. Sebab dengan banyak sampah yang hampir terlihat di setiap daerah maka memberikan dampak buruk terhadap lingkungan.

Selain itu dengan penumpukan sampah dapat mengakibatkan berbagai penyakit dan juga mengakibatkan terjadinya banjir.

B. Argumen yang mendukung

Saat ini sampah dianggap sebagai permasalahan yang belum dapat ditemukan solusinya. Kemudian untuk memecahkan hal ini bisa dengan cara membuang sampah pada tempatnya agar tidak terjadi banjir.

C. Argumen yang menentang

Akan tetapi, tetap saja meskipun sudah membuang sampah pada tempatnya banjir kemungkinan akan terjadi. Memang semua kuasa Tuhan. Justru solusinya selain harus buang sampah pada tempatnya, masyarakat kita harus menanam pohon sebanyak-banyaknya. Jangan ditebang terus. Setidaknya untuk mengantisipasi banjir.

D. Kesimpulan

Dari semua hal yang berkaitan dengan banjir, tetap lah banjir tergantung pada kuasa Tuhan. Sebagai manusia, kita hanya perlu menjaga bumi ini dengan baik agar alam pun ikut membaik.

10. Contoh teks diskusi beserta strukturnya tentang olahraga yang rutin - pro dan kontra terkait olahraga

Contoh teks diskusi

A. Isu

Olahraga merupakan aktivitas fisik bagi seseorang sehingga berguna untuk menjaga kualitas kesehatan seseorang tersebut. Olahraga ini merupakan aktivitas yang wajib. Dan harus rutin juga agar memiliki tubuh yang kuat dan juga sehat, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

B. Argumen yang mendukung

Benar, olahraga harus rutin dilakukan. Olahraga dianggap ampuh untuk membantu melancarkan peredaran darah.

C. Argumen yang menentang

Namun, jangan keseringan melakukan olahraga. Hidup manusia butuh istirahat. Paling tidak aturannya seminggu sekali lah. Sebab, banyak orang yang rutin melakukan olahraga, sedangkan tubuhnya down.

D. Kesimpulan

Di lain sisi, olahraga baik untuk kesehatan. Tapi, kita harus pandai melihat tubuh kita sendiri. Sekiranya mampu rutin olahraga berarti lakukan. Dan sekiranya olahraga malah bikin down, maka sederhana saja.


***

Barangkali itulah 10 teks diskusi yang simple beserta strukturnya dari kakak. Semoga tulisan ini dapat membantu tugas adik-adik sekalian, yaaa!




Ridwansyah
Pendiri penulis Garut | Penggiat literasi | Follow IG/Twitter: @aaridwan16.



Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url