Artikel Terbaru

Contoh Mereview Buku yang Baik dan Simple

Contoh Mereview Buku


Di postingan penulis Garut kali ini saya akan memberikan contoh mereview buku, entah itu sebuah novel, buku cerita, buku fiksi, buku nonfiksi, buku online, buku kuliah, hingga buku pelajaran.

Apa itu review buku?

Review buku adalah aktivas untuk mengulas sebuah buku yang sudah kita baca untuk kemudian dibagikan kepada pembaca. Ini yang disebut dengan riview. Bisa juga untuk riview buku novel.

Salah satu alasan mengapa mereview buku itu penting bagi teman-teman sekalian sebab barangkali, di sekolah maupun di kampus teman-teman ada tugas dari guru maupun dosen untuk mereview sebuah buku.

Maka dari itu, tulisan ini dapat membantu teman-teman untuk menemukan contoh tugas review buku yang baik, singkat, dan juga lengkap.

Saya berharap teman-teman pembaca bisa mengamati tahapan-tahapan postingan tentang cara mereview buku ini dengan baik dan langsung mempraktikannya.

Contoh mereview buku atau yang disebut dengan book review di bawah ini saya kira cukup terbilang baik dan sangat simple sekali. Ini juga bisa kalian aplikasikan sebagai cara mereview buku pelajaran dan juga format review buku.

 

Tulis identitas buku

Langkah pertama dalam mereview buku adalah menuliskan identitas buku. Bagaimana contohnya? Begini.

Judul buku : Man Down

Penulis : Dan Abrams

Penerbit : Lingkar Pena

ISBN : 978602885176-3

Ukuran buku : 14x20 cm

Halaman : xii 208 hlm

Tahun terbit : 2011

Data di atas bisa teman-teman dapatkan di sampul depan, belakang, dan halaman awal buku.

Tulis pendapat kamu apa yang paling suka dari buku itu

Langkah kedua dalam mereview sebuah buku yakni menulis pendapat kita tentang buku tersebut. 

Bagaimana gambarannya?

Pertama, pastikan kamu sudah membaca bukunya dulu secara keseluruhan.

Kedua, simak pertanyaan di bawah ini.

Pertanyaan ini akan membantu kamu dalam proses mereview buku tersebut. Di sini, saya akan menyederhanakannya.
  1. Buku yang kamu baca bercerita tentang apa?
  2. Di halaman berapa kamu merasa bahwa itu adalah halaman favorit kamu, lalu kutip tulisannya!
  3. Siapa tokoh yang paling kamu suka di buku itu dan beri alasannya?
  4. Apa pesan moral yang terkandung dalam buku itu?
  5. Apakah harga buku itu sesuai dengan apa yang kamu rasakan?
Lima pertanyaan saja saya kira cukup.

Bagaimana contoh mengembangkan pertanyaan di atas?

Begini contohnya. Ini pengalaman saat saya membaca buku Man Down karya Dan Abrams. Silakan teman-teman tiru dari buku yang teman-teman baca.

Menjawab pertanyaan pertama

Buku Man Down adalah buku yang memihak kepada perempuan dan sangat kontroversial. Di sampul depannya saja sudah ada kalimat-kalimat yang menyatakan bahwa wanita lebih baik dari pada pria dalam hal mengemudi, menahan rasa sakit, menjadi polisi, dokter, dan hampir dalam segala hal.

 

Menjawab pertanyaan kedua

Halaman terfavorit saya terdapat pada halaman 147 tentang wanita berpenampilan lebih menarik daripada pria. Karena betul, banyak pria yang sudah menikah lalu ketika punya anak mereka bilang, "Terima kasih Tuhan, anakku lebih mirip istriku".

 

Menjawab pertanyaan ketiga

Karena buku Man Down genrenya non fiksi maka tidak ada tokoh-tokoh tertentu. Teman-teman bisa tulis saja begini, "Tokoh paling favorit di buku Dilan adalah Milea. Karena Milea orangnya bla bla bla". Paham ya?

 

Menjawab pertanyaan keempat

Pesan moral dalam buku Man Down yang saya baca adalah kita tidak boleh mendeskripsikan sesuatu tanpa bukti. Setelah saya membaca buku ini percaya bahwa di belakang pria hebat, pasti ada perempuan yang lebih hebat.

 

Menjawab pertanyaan kelima

Buku ini sesuai dengan apa yang saya pikirkan dan cukup menarik. Terlebih, harganya cocok untuk ukuran pekerja.

Nah, itu point kedua dalam contoh mereview buku. Kita masuk ke point ketiga.

 

Tulis gaya kepenulisan sang penulis, setting, kejadian dan alur

Langsung ke contoh saja ya teman-teman. Misalnya:

Gaya kepenulisan: gaya atau teknis kepenulisan sang penulis dalam menulis bukunya lumayan dapat dipahami, itupun harus mikir dulu sebab banyak istilah-istilah asing yang membuat saya berpikir dua kali. Tapi, kesimpulannya enak dibaca.

Setting: tempat yang diceritakan oleh penulis membuat saya seolah-olah ada di tempat tersebut. Jadi seperti sedang berada di Korea walaupun cuma dari imajinasi hehe.

Kejadian: kejadian yang penulis tulis yaitu lompat-lompat ceritanya. Karena di buku ini harus flashback ke masa lalunya, terus pas dia ketemu ibu kandungnya. Dan masih banyak lagi.

Alur: alurnya maju mundur, tapi masuk akal, tidak membuat saya bingung.

Nah itu teman-teman point ketiga contoh mereview buku dari segi gaya kepenulisan, setting, kejadian, dan alur cerita. Teman-teman saya harap lebih panjang lagi menjelaskannya.

 

Tulis kesimpulannya

Terakhir, dalam mereview sebuah buku, adalah menulis kesimpulan. Di antaranya teman-teman merekomendasikan buku itu ke orang lain dengan segmen pembaca kira-kira usia berapa, lalu diakhiri dengan penutup yang berisi harapan teman-teman ke penulis, dan pembaca. Contohnya sebagai berikut.

Kesimpulan saya saat membaca novel A, tentu saja luar biasa sekali ceritanya. Jadi saya mau merekomendasikan buat kalian, khususnya para pelajar, untuk membeli buku ini.

Harapan saya kepada penulis semoga terus berkarya, lahirkan karya-karya lainnya yang jauh luar biasa lagi. Dan buat pembaca, yuk setelah membaca buku ini, kita semangat dalam menjalani hidup.

***

Itulah hasil dari review buku secara singkat yang boleh dikatakan baik dan simple menurut versi saya. 

Baca contoh review buku ini -> Novel Cahaya karya Dini Rusmiati.


Ridwansyah
Pendiri penulis Garut.

6 komentar:

  1. Kebetulan aku juga suka review buku di blog. Terima kasih untuk masukannya kak, akan ditambahkan direview selanjutnya

    BalasHapus
  2. Kalau saya kesulitan mengulas buku emang. Saya izin save artikel ini ya.

    Salam.

    BalasHapus
  3. Terimakasih kak, sangat membantu 🙂

    BalasHapus

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.