Review Aplikasi Lentera dalam Sudut Pandang Penulis

Review Aplikasi Lentera

Review Aplikasi Lentera – Setelah cukup lama ngikutin Lentara di Instagram (lentera.app), akhirnya saya berani mereview aplikasi baca-tulis yang satu ini.

Dulu, followers akun Instagram Lentera masih sedikit. Sekarang, sudah ribuan lho! Dan pantas saja sih followers-nya naik, sebab Lentera menyajikan konten-konten yang sangat menarik.

Pertanyaannya, apakah kalian ingin tahu lebih detail tentang aplikasi Lentera?

Jika ingin tahu, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 3 Keuntungan Menulis di Cabaca

Review Aplikasi Lentera dalam Sudut Pandang Penulis

Apa itu Lentera.app?

Lentera merupakan perpustakaan digital swasta pertama di Indonesia yang memberikan akses membaca gratis bagi kalian yang telah mendownload aplikasinya, namun Lentera tetap memberikan royalti kepada para penulis dan juga penerbit atas setiap halaman buku yang telah dibaca.

Apa Visi Lentera?

Dalam laman websitenya, Lentera menyampaikan bahwa ada tiga alasan mengapa kita mengurungkan niat untuk membaca. Pertama, harga buku mahal. Kedua, repot menenteng-nenteng buku ke sana-sini. Dan ketiga, susahnya memilih jenis bacaan yang sesuai dengan selera kita.

Nah, Lentera hadir untuk menyajikan buku berkualitas baik yang sesuai dengan selera kita. Dan untuk membaca, kita hanya perlu melalui ponsel saja secara gratis.

Apa Saja Buku Bacaan yang Tersedia di Lentera?

Berdasarkan riset yang saya lakukan, ada beberapa jenis buku yang tersedia di Lentera.app. Mulai dari novel-novel populer, sastra, puisi, teks book, self help, dan religi.

Untuk Penulis, Bagaimana Cara Mempublikasikan Karya Kita di Lentera?

Caranya mudah, download aplikasi Lentera atau kunjungi halaman websitenya, lalu klik tautan "Kirim Karya Tulis". Atau bisa juga kirim karya melalui email contact@lentera.app.

Kemudian, pihak Lentera akan melakukan kurasi atas naskah yang kalian kirim. Bila karya tulis kalian lulus kurasi, mereka akan mengirimkan kontrak yang akan ditandatangani secara digital. Lalu, apabila diperlukan, tim editor mereka akan mempercantik naskah kalian. Bila tidak diperlukan, maka naskah kalian bisa langsung dapat ditayangkan di Lentera App.

Mudah, kan?

Jenis Kontrak di Lentera bagi Penulis

Sama seperti aplikasi menulis lainnya—seperti di Fizzo—Lentera pun menyajikan kontrak eksklusif dan non eksklusif.

Kontrak Eksklusif: Jika naskah kalian belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan mereka tertarik untuk mempromosikannya lebih jauh, maka mereka akan menawarkan kontrak eksklusif dengan lebih banyak keuntungan.

Kontrak Non Eksklusif: Jenis kontrak ini kesempatan besar bagi kalian untuk mempublikasikan karya sebanyak mungkin untuk mendapatkan royalti berlapis.

FYI: Bagaimana dengan Penerbit?

Sekadar informasi bahwa kehadiran Lentera bukan untuk menjadi kompetitor penerbit, mereka justru bisa dijadikan sebagai ajang promosi launching buku baru dengan mempromosikan secara digital untuk beberapa bab awal.

Misalnya, menjual buku versi cetak atas buku digital yang disenangi pembaca Lentera; lalu menghidupkan kembali buku-buku yang sudah tidak dicetak ulang, tapi hak ekonominya masih dipegang oleh penerbit.

Lebih dari itu, Lentera mempunyai target jangka panjang untuk bekerjasama dengan berbagai penerbit Internasional untuk menjadikan Lentera sebagai international digital marketplace for e-book.

Hal ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi penerbit untuk menjual hak ekonomi buku terbitannya secara internasional.

Begitu kira-kira.

Pandangan Saya Terhadap Lentera

Setelah ngikutin Lentera cukup lama, jujur saya tertarik untuk mengirimkan karya tulis di sana. Lebih dari itu, naskah hasil editan tim editor Lentera benar-benar cakep sehingga enak dibaca. Tampilan website dan aplikasinya juga nyaman dipandang.

Sedikit saran, bagi kalian yang merasa banyak saingannya di platform menulis novel online lain, coba aja kirim karya ke Lentera. Siapa tahu kalian sukses di Lentera.app.

Okay, barangkali itu saja yang dapat saya share mengenai review aplikasi Lentera.

Sekian.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Kontrak Eksklusif di Fizzo & GoodNovel
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url