3 Cara Mendapatkan Kontrak Eksklusif di Fizzo & GoodNovel

3 Cara Mendapatkan Kontrak Ekslusif di Fizzo & GoodNovel

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa saat ini, ada banyak sekali platform menulis novel online. Manfaatnya, penulis novel online jadi punya banyak tempat untuk berkarya. Punya banyak wadah untuk mendokumentasikan tulisannya di berbagai macam aplikasi menulis novel online.

Lebih dari itu, berkarir di webnovel banyak keuntungannya. Salah satunya adalah kita bisa mendapatkan uang saat karya kita dipinang atau istilahnya dikontrak sama platform-platform kayak Fizzo, GoodNovel, dan lain-lain.

Akan tetapi untuk mendulang banyak uang dari platform-platform tersebut tentu tidaklah mudah. Banyak penulis novel online yang menyerah. Maka dari itu melalui postingan ini, saya ingin membahas tentang cara mendapatkan kontrak eksklusif di Fizzo, GoodNovel, dan platform lainnya.

Nggak jauh beda sebenarnya untuk dapetin kontrak eksklusif di semua aplikasi menulis novel online. Rata-rata sama. Untuk itu kalau kalian ingin tahu cara supaya dapat kontrak eksklusif, simak penjelasan saya berikut ini sampai tuntas.

Silakan baca juga pengalaman saya ketika berkarir di Goodnovel melalui tulisan: Pengalaman Menulis di GoodNovel.

Cara mendapatkan kontrak eksklusif di Fizzo & GoodNovel

1. Buat judul yang provokatif

Berhubung kalian sedang berkarir di aplikasi menulis, maka singkirkan dulu mikirin cover novel yang menarik. Novel online kalian tidak diperjualbelikan layaknya buku fisik. Kalau buku fisik, jelas harus mikirin cover yang bagus untuk menarik hati pembeli.

Tapi di aplikasi menulis novel online, langkah awalnya adalah harus bikin judul yang provokatif dulu. Nah, saya yakin kalian sendiri sudah pernah mendengar istilah judul yang provokatif. Udah pernah, kan? Tapi belum begitu mendalami ciri-ciri judul novel yang provokatif itu seperti apa. Oleh sebab itu, saya dengan senang hati akan menjelaskannya.

Oke, maksud provokatif di sini adalah judul yang menggunakan kata-kata nyeleneh. Baik itu menggunakan kata asing atau kata dari bahasa kita sendiri. Contohnya The Bad Wife, Lelaki Bermuka Dua, Pelakor Jahanam, judul-judul kayak gitulah. Kalian pasti paham.

Dengan menggunakan kata-kata nyeleneh dan bombastis pada judul novel, ini akan membuat pembaca tertarik membaca cerita novel karangan kita.

Sebaliknya, judul novel yang tidak provokatif, butuh effort lebih untuk mendapatkan banyak pembaca. Biasanya begitu. Ini sudah semacam teknis. Dan berdasar pengamatan saya, penulis novel online yang sengaja membuat judul provokatif, itu jauh lebih banyak pembacanya daripada penulis yang bikin judul novel biasa aja.

2. Genre novel harus ikut ‘pasarnya’ platform

Saya sudah mendownload aplikasi Fizzo sejak lama, tapi masih belum tertarik menulis di sana karena genre pasarnya rata-rata masalah rumah tangga semua atau lebih ke cerita dewasa yang berunsur sek*sual. Saya belum bisa menulis dengan genre seperti itu. Makanya lebih suka jadi pembaca aja.

Nah supaya cerita novel kalian mendapatkan kontrak eksklusif, cara keduanya adalah ini. Mau nggak mau kalian harus ikut pasar. Seolah kalian dipaksa untuk menulis dengan genre dewasa. Kalau bisa, silakan mulai mengarang. Kalau tidak, cukup jadi pembaca doang dan sebaiknya mengambil manfaatnya, kayak pelajari kosakata yang ditulis sama para penulis novel online, pelajari diksinya, pelajari juga dialog tagnya, dan lain-lain.

Dialog tag itu penting lho kalau kalian berkarir di dunia menulis novel online. Coba baca tulisan saya tentang macam-macam dialog tag. Tulisan saya itu sudah dibaca oleh ribuan penulis novel online.

Jadi, langkah kedua untuk dapetin kontrak eksklusif yang bonusnya gede banget itu, adalah dengan menulis cerita novel yang genre pasanya ikut si platform. Suka ada tuh novel-novel yang trending, nah kalian harus menulis dengan genre yang seperti itu.

Paham, ya?

3. Kualitas karya

Ini dia poin paling krusial ketika nulis di aplikasi menulis novel online. Adalah kualitas karya. Sebagus apapun cover, judul, dan juga genre, jika karya kalian tidak berkualitas (alias alur ceritanya biasa aja, sama kayak penulis lain) susah untuk dapetin kontrak eksklusif.

Untuk membuat kualitas karya yang bagus, kalian mesti banyak membaca dan riset supaya cerita novel kalian berbeda dengan penulis lainnya.

-

Selebihnya adalah promosi, lalu keseriusan menulis cerita novel yang capeknya naudzubillah, terus harus update cerita. Katakanlah mesti sungguh-sungguh, gitu.

Oke, itu saja pembahasan saya tentang cara mendapatkan kontrak eksklusif di Fizzo & GoodNovel.

Sekian.

BACA JUGA: Menulis di Kwikku
Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url