Peluang Bisnis Jasa Penulis Artikel, Seberapa Menguntungkan sih?

Peluang Bisnis Jasa Penulis Artikel

Peluang Bisnis Jasa Penulis Artikel - Topik hari ini yang akan saya bahas—tentu masih berkaitan dengan bisnis penulisan—yaitu tentang peluang bisnis jasa penulis artikel yang wajib dicoba.

Alasan yang melatarbelakangi saya untuk mengangkat topik ini karena di tahun 2024, apalagi di awal tahun begini, banyak orang yang mulai membuka bisnis baru dan mereka biasanya membutuhkan jasa penulis artikel untuk kebutuhan websitenya. Sehingga, usaha ini bisa jadi peluang bagi kalian yang mungkin bisa nulis artikel. Baik itu artikel travel, teknologi, Islami, sport, dan lain-lain.

Baca Juga: Skill Penulis Buku yang Wajib Dimiliki

Peluang Bisnis Jasa Penulis Artikel

Bicara soal peluang usaha, saya biasa menganalisisnya menggunakan analisis SWOT.

Analisis SWOT kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats.

Analisis SWOT adalah metode untuk menganalisis kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman/risiko (threats) bagi suatu perusahaan. Namun, jenis analisis ini biasa saya gunakan juga untuk bisnis/usaha.

Nah, bisnis jasa penulisan artikel dari sisi strength atau kekuatan untuk kita sebagai penulis, dari segi pekerjaan terbilang fleksibel.

Fleksibel dalam arti, kita mau nulis jam berapapun, terserah. Yang penting beres, sesuai deadline. Terus proses pengerjaan terbilang cepat karena kita tinggal melakukan riset, lalu gunakan metode ATM (amati, tiru, dan modifikasi).

Terus kalau buka bisnis ini biasanya klien suka repeat order dengan catatan pengerjaan kita bagus. Tidak copy-paste, pokoknya tulis semanual mungkin. Saya rasa enak sih bagi kami yang udah cukup berpengalaman sebagai penulis artikel SEO.

Weakness/kelemahan: Kelemahannya paling kalau berkarir secara solo/sendiri, bakal sangat melelahkan sih ketika banyak orderan.

Terus kalau nggak punya portofolio yang menarik, atau belum dapat testimoni dari konsumen, ya bakal kalah saing dengan penulis lain yang membuka usaha ini. Maka dari itu, kalian perlu membangun portofolio atau perlu membuat tim lah kayak Media Penulis Garut di bidang SEO Content Writer.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis di Bidang Penulisan

Jadi supaya tidak terlihat lemah, kalian sebagai penulis gabung aja ke agensi penulisan artikel SEO. Karena berkarir secara independen, bakal melelahkan ketika banyak orderan. Jadi kalau gabung di agensi, ada orderan, biasanya tinggal dibagi-bagi saja.

Opportunity/peluang: Jenis usaha ini dibutuhkan sekali oleh banyak owner website. Jadi para owner website biasanya mencari penulis artikel untuk kebutuhan websitenya.

Coba lihat situs-situs freelance kayak Fastwork atau Project.co.id, banyak penulis artikel yang berkarir di sana dan mendapatkan orderan. Bahkan kalau portofolio kita udah bagus, kita bisa menawarkan sendiri ke mereka.

Terus peluang usaha lainnya, di Indonesia sendiri yang buka usaha itu ada di berbagai bidang. Ada bidang transportasi, properti, teknologi, dan lain-lain. Nah mereka pasti kalau websitenya masih kosongan, alias belum ada artikel, pasti butuh SEO Content Writer.

Jadi kalau bicara peluang, sangat besar. Saya pribadi benar-benar full time jadi SEO Content Writer. Dan dari dulu survive dari profesi ini. Katakan lah bisa hidup.

Threats atau ancaman/risiko: Tiap usaha pasti ada risikonya. Jadi risiko usaha ini, kerjaan kalau nggak sesuai deadline pasti klien nggak mau repeat order.

Terus namanya buka jasa, pasti ada pesaing atau kompetitornya. Dan kadang hasilnya nggak tentu, gitu. Tapi kalau kita mau berkembang dan yakin, risiko-risiko tersebut bakal bisa kita hadapi dengan baik.

Okay, singkat saja, paling itu pembahasan tentang peluang bisnis jasa penulis artikel yang wajib dicoba.

Silakan mulai dari sekarang belajar menjadi SEO Content Writer.

Sekian.

BACA JUGA: Bisnis Penerbitan Buku Tanpa Modal, Apakah Bisa?
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url