5 Cara Memulai Bisnis di Bidang Penulisan bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis di Bidang Penulisan

Cara Memulai Bisnis di Bidang Penulisan – Minggu lalu, setelah saya membahas jenis bisnis di bidang penulisan, ada beberapa orang yang bertanya. Katanya, bagaimana cara memulai bisnisnya? Apa yang perlu disiapkan?

Nah, melalui postingan ini, saya akan membahas tentang cara memulai bisnis di bidang penulisan. Cara ini berdasarkan pengalaman saya selama berbisnis di dunia nulis, dan tentu nantinya dapat teman-teman contoh.

Baik, silakan simak dengan saksama.

Cara Memulai Bisnis di Bidang Penulisan

1. Tentukan Dulu Jenis Bisnisnya

Langkah pertama yang perlu teman-teman pikirkan saat ingin berbisnis di dunia kepenulisan yaitu silakan tentukan dulu jenis bisnisnya.

Untuk menentukan jenis bisnisnya, kira-kira keahlian atau kemampuan teman-teman di dunia nulis, sukanya di bidang apa? Bidang review buku, kah? Ghost writer, kah? Content writer, kah? Penulisan artikel SEO, kah? Atau copywriter? Banyak sekali, kan, kategori bisnis di dunia penulisan?

Jadi, dirasa-dirasa aja, sukanya di bidang apa?

Kalau Media Penulis Garut, awal-awal buka bisnis itu di bidang penulisan artikel SEO sama review buku. Dan alhamdulilah, kedua bisnis tersebut masih berjalan hingga sekarang.

So, silakan tentukan jenis bisnisnya dulu berdasar kesukaan dan keahlian. Coba baca ini: 7 Bisnis Menulis yang Menghasilkan Uang.

2. Buat Website/Blog

Tujuan membuat website atau blog, yaitu supaya terlihat profesional aja. Dan bisa dijadikan juga sebagai portofolio bisnis/personal branding teman-teman sebagai penulis.

Selain itu, dengan membuat website, otomatis bakal lebih efektif. Jadi pertanyaan-pertanyaan yang orang tanyakan terkait bisnis teman-teman, itu bisa dijelaskan dengan detail melalui website. Di website biasanya ada halaman FAQ.

Halaman FAQ adalah kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan atau calon pelanggan. Jadi tinggal share link aja tiap ada orang yang bertanya kayak, proses pengerjaan berapa lama? Berapa biaya jasanya? Dan lain-lain.

Untuk membuat website tidak mencapai 1 jutaan kalau memang ngambilnya yang murah-murah aja.

3. Bikin Akun Sosmed, Minimal Satu Sosmed Aja Dulu

Setelah membuat website, cara memulai bisnis di bidang penulisan yaitu bikin akun sosmed minimal satu sosmed aja dulu. Contohnya bikin akun Instagram.

Saran saya, jangan langsung bikin banyak akun sosmed. Soalnya banyak orang yang buka bisnis, terus bikin banyak akun sosmed, tapi akun sosmednya tidak terurus. Tidak aktif. Itu malah mengurangi kepercayaan calon pelanggan.

Jadi, bikin akun Instagram aja dulu. Terus gedein akun bisnis Instagramnya. Barulah setelah itu, silakan bikin Twitter, TikTok, Facebook, dan lain-lain.

Kecuali kalau teman-teman sanggup ngurus semua sosmed, ya silakan bikin langsung akun sosmed yang banyak.

4. Bangun Sebuah Tim

Berdasar pengalaman saya, kalau bisnis dijalankan secara sendiri/soloan, biasanya perkembangannya bakal agak lama.

Ya namanya juga segala sendiri, pasti capek sendiri. Makanya, penting banget membangun sebuah tim. Dan itu sebabnya kenapa Media Penulis Garut perkembangannya bagus, ya karena saya memiliki Tim Penulis Garut.

Ada orang yang di bagian admin, review, marketing, data entry, dan juga content writer. Semua anggota tim berkontribusi untuk mengambangkan bisnis yang saya kelola.

Nah, untuk membangun sebuah tim, paling tidak awal-awal mah cukup tiga orang aja dulu. Owner, admin, dan marketing.

5. Tentukan Target Klien-nya

Terakhir, cara memulai bisnis di bidang penulisan setelah membangun sebuah tim, yaitu tentukan target klien-nya atau target calon pelanggan. Mulai dengan usia; mau anak-anak remaja? Atau mereka-mereka yang sudah berusia senja?

Setelah usia, targetkan status atau profesi klien; mau pebisnis? Pendidik? Atau mereka-mereka yang masih berstatus sebagai mahasiswa.

Silakan targetkan atau minimal bikin gambarannya aja dulu sasaran utama calon pelanggannya seperti apa.

Begitu kira-kira.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, misal jenis bisnisnya sudah kepikiran oleh teman-teman, tapi tidak ngerti bikin website/blog, nah teman-teman boleh menggunakan jasa pembuatan website kepada Media Penulis Garut.

Terus teman-teman misalnya masih bingung cara membangun sebuah tim itu seperti apa dan cara mendapatkan klien-nya kayak gimana, teman-teman bisa menggunakan jasa konsultasi kepada saya.

Silakan, saya terbuka lebar bagi teman-teman yang hobi nulis dan pengin meraup penghasilan dari aktivitas menulis dengan membuka bisnis.

Hubungi saya melalui nomor WhatsApp 0895635986914.

Begitulah penjelasan saya mengenai cara memulai bisnis di bidang penulisan.

Sekian.

BACA JUGA: Bisnis Ghost Writer, Seberapa Menguntungkan sih?
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url