Bisnis Penerbitan Buku Tanpa Modal, Apakah Bisa?

Bisnis Penerbitan Buku Tanpa Modal

Bisnis Penerbitan Buku Tanpa Modal – Sebagai salah satu agensi penerbitan buku di Indonesia, Media Penulis Garut membuka bisnis penerbitan buku sejauh ini tanpa modal sama sekali, lho. Tentu modal di sini dalam artian ‘uang’.

Terbukti, sampai sekarang, kami tidak memiliki CV sendiri. Kami hanya menerima naskah, lalu naskahnya kami lempar ke penerbit indie yang sudah bekerja sama dengan kami.

Untuk itu, jika teman-teman kepikiran ingin bisnis penerbitan buku tanpa modal, teman-teman dapat mengikuti cara Media Penulis Garut.

Ingin tahu caranya seperti apa?

Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Bisnis Penerbitan Buku Tanpa Modal

1. Mulai dengan Membuat Website Sendiri

Sejauh ini, website atau blog masih menjadi pondasi utama untuk mengembangkan bisnis di bidang penulisan. Media Penulis Garut sendiri, meski target utamanya adalah penulis lokal, eh ternyata banyak penulis luar Garut yang mau menerbitkan naskahnya kepada kami.

Kenapa?

Ya itu karena peran dari website ini.

Dengan adanya website, apalagi website diisi oleh artikel-artikel terkait dunia penerbitan, itu menjadi salah satu pemicu utama mengapa banyak penulis luar Garut yang menerbitkan naskah bukunya kepada kami.

Jadi, mulai dengan membuat website sendiri.

Akan tetapi, bikin website kan harus ngeluarin modal?

Oh, tentu saja! Tapi konteks ngeluarin “modal” di sini kan bukan soal beli mesin percetakan, ngurus PT/CV, dan lain-lain.

Bikin website mah murah, gaesss. Lagipula, website Media Penulis Garut awalnya bukan untuk bisnis di bidang penerbitan buku, awalnya website ini dikelola secara personal. Milik founder media ini.

Lambat-laun, setelah banyak pembaca yang rata-rata para penulis, media ini pun akhirnya membuka bisnis penerbitan buku.

2. Promosikan Bisnis Penerbitan Buku di Media Sosial

Solusi lain, kalau tidak punya uang untuk membuat website, teman-teman dapat memulai bisnis penerbitan buku di sosial media saja.

Yaps! Bikin aja akun Instagram dengan username suku kata “Penerbit”. Lalu isi konten Instagram dengan membahas dunia penerbitan. Dan mulailah promosi dalam rangka menerima naskah.

3. Kerjasama dengan Penerbit Indie Berkualitas

Akan tetapi, sebelum promosi besar-besaran di sosmed, teman-teman seharusnya kerjasama dulu dengan penerbit indie yang berkualitas. Hubungi saja mereka. Tanya berapa biaya penerbitan dan percetakannya, lalu ambil keuntungan/persenannya sedikit.

Misal, biaya penerbitan 250K, teman-teman dapatkan saja keuntungan 100/150K. Dapatkan juga keuntungan dari biaya cetak, promosi, dan lain-lain.

Dalam hal ini, teman-teman harus sudah menguasai dulu alur penerbitan buku itu seperti apa, sehingga tahu celah keuntungannya dari mana saja.

4. Targetkan Penulis Lokal Dulu

Cara keempat untuk bisnis penerbitan buku tanpa modal, targetkan dulu naskah-naskah yang teman-teman terima itu dari para penulis lokal.

Media Penulis Garut, dulu awalnya begitu. Target kami khusus menerima naskah penulis-penulis asal Garut saja, dan lambat-laun berhubung media ini cukup baik dari segi pemasaran dan pembuatan konten di media, sehingga banyak penulis luar Garut yang juga menerbitkan naskahnya melalui agensi Media Penulis Garut.

Jadi, silakan targetkan penulis lokal dulu.

Misal, teman-teman orang Tasikmalaya, ya targetkan penulis asal Tasik dulu. Barulah setelah itu mulai memikirkan, bagaimana caranya agar penulis luar Tasik tertarik menerbitkan di agensi penerbitan yang teman-teman dirikan.

5. Bikin Penawaran yang Menarik Kepada Para Penulis

Agar bisnis penerbitan buku tanpa modal yang teman-teman dirikan bisa membikin banyak penulis tertarik, maka buatlah penawaran yang menarik dan berbeda dari penerbit-penerbit pada umumnya.

Misal, salah satu keunggulan Media Penulis Garut adalah mengadakan launching untuk penulis-penulis yang menerbitkan naskahnya kepada kami.

Nah, penawaran seperti kami ini dapat teman-teman contoh. Sebab, belum banyak penerbit indie yang membuat penawaran semacam itu. Dan itulah mengapa agensi penerbitan buku kami disenangi banyak penulis, karena ada launchingnya.

Kesimpulan

Barangkali itulah cara membuka bisnis penerbitan buku tanpa modal yang dapat kami share.

Nah, jika teman-teman tertarik membuka bisnis ini dan butuh jasa konsultasi untuk bisnis di bidang penulisan atau penerbitan, teman-teman dapat menggunakan jasa konsultasi kepada Media Penulis Garut.

Silakan hubungi kami melalui nomor WhatsApp 0895635986914.

Sekian.

BACA JUGA: Bisnis Ghost Writer, Seberapa Menguntungkan sih?
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url