5 Cara Menerbitkan Novel Romance bagi Pemula

Cara Menerbitkan Novel Romance bagi Pemula

Sebagai penulis pemula, wajar kalian mencari informasi mengenai langkah-langkah atau cara menerbitkan novel romance. Sebab, alasan kalian mencari informasi ini mungkin saja karena kalian berencana ingin menerbitkan novel romance secara independen, alias naskah diterbitkan di penerbit indie.

Nah, untuk mengetahui langkah-langkahnya, simak penjelasan saya berikut ini.

Apa Itu Novel Romance?

Dikutip dari laman Wikipedia, novel romance atau novel romantis adalah novel yang mengisahkan tentang kisah asmara dan kasih sayang yang terjalin antara tokoh-tokoh yang kita buat.

Biasanya, cerita yang dikisahkan pada novel jenis ini lekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga wajar bila novel romance termasuk salah satu genre novel yang diminati banyak pembaca.

Bagaimana Cara Menerbitkan Novel Romance?

Untuk menerbitkan novel romance, langkah-langkahnya mudah saja. Silakan ikuti panduannya di bawah ini:

1. Rampungkan Naskah Novel Romance

Langkah pertama, silakan rampungkan dulu naskahnya.

Lengkapi naskah dengan kata pengantar, daftar isi, isi novel, dan juga biodata penulis di halaman akhir novel.

Usahakan, fokus dulu menyelesaikan naskah daripada mencari penerbit. Untuk mencari penerbit mah gampang. Sebab, ada banyak ratusan penerbit yang siap menampung naskah novel romance kalian.

Pertanyaannya, bagaimana cara merampungkan naskah?

Silakan baca artikel berikut ini: 5 Tips Menyelesaikan Naskah Novel.

2. Mencari Penerbit Novel Romance

Setelah merampungkan naskah, maka cara berikutnya untuk menerbitkan novel romance yaitu mencari penerbit.

Ingat bahwa tidak semua penerbit menerima naskah romance. Ada sebagian penerbit, dengan idealisme-nya, hanya menerbitkan naskah-naskah non-fiksi saja, atau naskah novel fantasy, dan masih banyak lagi jenis naskah khusus.

Untuk mencari penerbit romance, tinggal searching saja di Google atau tanya-tanya kepada penulis lain yang sudah pernah menerbitkan naskah novelnya di penerbit indie.

Nah, bagi kalian yang tertarik menerbitkan buku romance, kalian bisa memaksimalkan agensi Media Penulis Garut yang memang sudah sejak dulu menerbitkan naskah berjenis romance.

Kalian dapat stalking akun Instagram media ini di @penulisgarut, lalu hubungi admin melalui nomor WhatsApp 0895635986914.

3. Siapkan Biaya Penerbitan dan Biaya Percetakan

Cara menerbitkan novel romance berikutnya adalah mempersiapkan biaya penerbitan dan juga biaya percetakannya, hal ini perlu kalian siapkan apabila ingin menerbitkan naskah melalui penerbit indie.

Jika ke penerbit mayor, kalian tidak perlu mempersiapkan biayanya. Tinggal kirim saja.

Pertanyaannya, berapa harga menerbitkan novel?

Untuk gambaran, silakan simak dengan saksama artikel berikut ini: Berapa Biaya Penerbitan Buku?

4. Hubungi Agensi Media Penulis Garut

Untuk diskusi dengan penerbit, kalian sebagai penulis pemula pasti bingung cara berdiskusinya seperti apa. Maka dari itu, sebaiknya kerjasamalah dengan agensi penerbitan buku. Salah satunya Media Penulis Garut.

Banyak fasilitas menarik yang tersedia untuk penulis yang ingin bekerjasama dengan Media Penulis Garut.

5. Promosikan Novel Romance

Katakanlah kalian berhasil menerbitkan naskah, maka langkah berikutnya yaitu mempromosikan novel kalian di berbagai platform agar terjual banyak.

Jika kalian mempromosikan sendiri, target pasarnya mungkin hanya sebatas followers atau teman-teman kalian sendiri.

Berbeda dengan menerbitkan naskah novel melalui agensi, sang agensi bakal berusaha keras untuk mempromosikan novel kalian di berbagai platform-nya.

Berikut infografis yang saya buat untuk kalian yang tertarik atau pengin tahu cara menerbitkan novel romance, khusus bagi penulis pemula.

Cara Menerbitkan Novel Romance?

Kesimpulan

Jadi, ada lima cara menerbitkan novel romance di antaranya rampungkan naskah, cari penerbit, siapkan biaya penerbitan dan percetakan, hubungi agensi penerbitan, dan lakukan promosi secara berkala.

Paling itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini memberikan manfaat besar bagi kalian.

Sekian informasi tentang cara menerbitkan novel romance.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url