5 Cara Mengirim Naskah Novel ke Penerbit lewat Email

Cara Mengirim Naskah Novel ke Penerbit lewat Email

Apakah kalian ingin tahu cara mengirim naskah novel ke penerbit lewat email supaya nantinya dapat informasi diterima atau ditolak?

Jika ingin tahu, maka melalui postingan ini, saya akan membimbing kalian cara ngirimnya. Mulai dari pencarian email penerbit, penulisan subject & body, hingga mengirimkan file.

Untuk informasi detailnya, simak penjelasan saya berikut ini.

Baca Juga: Cara Membuat Naskah Novel

Apa yang Disebut dengan Mengirimkan Naskah?

Mengirimkan naskah adalah proses di mana seorang penulis akan mengirimkan hasil tulisannya dalam format docx ke editor sebuah penerbitan untuk kemudian mereka baca atau dicek kualitas naskah si penulis itu sendiri.

Jika disetujui, praktis naskah penulis akan diterbitkan dalam bentuk buku maupun bentuk terbitan lainnya. Sebaliknya, jika ditolak, penulis akan mendapatkan email penolakan dan pengembalian naskah dari penerbit ke penulis.

Untuk mengetahui cara mengirim naskah novel ke penerbit lewat email, begini penjelasannya.

Langkah-Langkah atau Cara Mengirim Naskah Novel ke Penerbit lewat Email

1. Cari Penerbitnya dan Baca Ketentuan Mengirim Naskah dengan Teliti

Pertama, cari penerbit yang kalian tuju. Biasanya di website penerbit, akan ada kontak emailnya. Di Instagram pun biasanya ada juga.

Lantas setelah ketemu emailnya, lalu baca ketentuannya.

Pertanyaannya, untuk apa sih kalian harus membaca ketentuan kirim naskah dengan teliti terlebih dahulu?

Tentunya agar kalian tahu bahwa syarat apa saja yang harus kalian lengkapi untuk dikirim bersama draft naskah buku kalian.

2. Penuhi Persyaratan dengan Lengkap

Jika syarat dan ketentuan kirim naskah sudah kalian pahami dengan baik, sekarang saatnya kalian melengkapinya dengan benar.

Jika ada semacam Form Pengajuan Naskah, maka isilah form-nya secara lengkap. Jangan sampai ada yang tertinggal infonya.

Demikian juga, kalian harus penuhi syarat format naskah. Misalnya harus menggunakan font apa, ukurannya berapa, dan seterusnya.

Setiap penerbit, tentu memiliki persyaratan yang berbeda. Jadi harus dipahami dengan saksama.

3. Buat Pembuka Email dengan Ramah 

Jika semua syarat dan juga ketentuan naskah sudah kalian penuhi, maka cara mengirim naskah novel ke penerbit lewat email berikutnya yakni kalian harus menulis email sebagai pengantar naskah buku atau novel.

Layaknya kalian menyerahkan hadiah atau barang apapun kepada orang lain, kan kalian juga mesti bercerita. Dalam rangka apa kalian memberinya hadiah? Maka, begitu juga saat kalian menulis email.

Jangan biarkan badan/body email kosong, tulislah pengantar dengan baik, sopan, dan juga ramah. Mulailah dengan menyapa "Kakak Editor Akuisisi" yang akan menerima naskah buku kalian.

Setiap orang, kan, suka disapa dengan ramah? Ya begitu juga Kakak Editor.

4. Sampaikan Maksud dan Tujuan Mengirimkan Naskah

Selanjutnya, tuliskan apa maksud dan juga tujuan kalian menulis email tersebut dan mengirimkannya. Yaitu, kalian ingin, kan, Kakak Editor membaca naskah buku kalian dan mempertimbangkannya untuk diterbitkan?

5. Akhiri Email dengan Ramah

Setelah kalian selesai mengungkapkan maksud dan juga tujuan kalian mengirimkan email, tutuplah email dengan salam yang ramah.

Ungkapkan bahwa kalian berharap, kalau naskah buku kalian cocok dengan yang dicari oleh pihak penerbit yang kalian tuju.

Contoh & Cara Mengirim Naskah Novel ke Penerbit lewat Email

Kepada: thepenulisgarut@gmail.com

Subject
: Naskah Saatnya Kamu Bahagia

Body email
: Halo, Kak Editor Akuisisi Media Penulis Garut. Bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja, ya! Berikut aku lampirkan naskah berjudul "Saatnya Kamu Bahagia". Semoga judul naskahnya sama seperti keadaan kakak sekarang, ya saatnya kakak editor bahagiaaa!

Maksud dan tujuan aku ngirim naskah ini karena naskahku pengin dibaca oleh Kakak Editor dan kemudian mendapatkan feedback. Baik itu arahan, saran, maupun kritik.

Begitu saja Kak Editor yang ingin aku sampaikan, terima kasih yang sebanyak-banyaknya sudah membaca email ini.

Terima kasih.

Lampirkan file..

Kirim!

Kesimpulan

Barangkali itulah langkah-langkah atau cara mengirim naskah novel ke penerbit lewat email. Dari kelima cara di atas akan mudah direspon oleh penerbit.

Nih, sekadar informasi buat kalian yang pengin nerbitin novel ke agensi Media Penulis Garut, saya punya info penerbitan menarik loh!

Silakan disimak yaaa dan segera hubungi Tim Penulis Garut.

Terima kasih...



Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url