Berapa Biaya Penerbitan Buku? Kupas Tuntas!

Berapa Biaya Penerbitan Buku

Sampai detik ini, pertanyaan berapa biaya penerbitan buku kerap saya dengar.

Baik itu saat saya mengisi acara literasi di sebuah kampus atau sekolah maupun juga di sosial media, terutama di Instagram, banyak penulis pemula yang menanyakan hal ini kepada saya.

Sama halnya seperti saat saya nerbitin buku pertama pada 2016 lalu, saya pasti nanya demikian ke banyak penerbit.

Sebab, pertanyaan ini memang penting untuk penulis yang ingin naskah bukunya diterbitkan secara mandiri. Alias diterbitkan lewat penerbit indie.

Alasan saya dulu menanyakan ke berbagai penerbit karena untuk membandingkan. Penerbit buku satu dan yang lainnya, biaya penerbitannya itu berbeda.

Ada yang mematok harga 300K, 500K, sampai 1 juta. Sehingga, jelas, saya memilih harga yang lebih murah. Dan ini untuk biaya terbit saja, ya. Berbeda dengan biaya cetak bukunya.

Untuk biaya cetak buku, silakan tengok tulisan saya yang sebelumnya di berapa harga cetak buku novel. Dalam tulisan tersebut, baik itu buku novel atau nonfiksi, rata-rata harga cetaknya sama.

Lantas, berapa sih biaya nerbitin buku?

Mari saya kupas tuntas di bawah ini.

Berapa Biaya Penerbitan Buku?

Perlu digarisbawahi bahwa, seperti yang saya katakan di atas, penerbit indie satu dan yang lainnya, untuk mematok harga penerbitan itu berbeda.

Tapi, saya pastikan, biaya terbit, tidak akan sampai di atas satu juta rupiah. Kalaupun ada, itu masuknya ke paket penerbitan.

Nah, kalau kalian berminat menerbitkan buku, saya pikir, tidak ada salahnya kalian bekerjasama dengan blog penulis Garut ini.

Silakan tengok profil saya di bagian 'tentang'. Saya kerap membantu penulis pemula untuk mewujudkan mimpinya bikin buku.

Dengan bekerjasama bareng blog penulis Garut, kalian hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya penerbitan, setidaknya 500K saja.

Dengan nominal segitu, kalian sudah mendapatkan fasilitas lengkap. Mulai dari editing naskah yang rapi, layout, pembuatan cover (bisa request), dan juga diurus dalam hal pendaftaran nomor ISBN. Plus, untuk promosi dibantu juga. Promosi lewat blog maupun podcast.

500K itu sudah lengkap banget fasilitasnya.

Apa saja fasilitasnya?

Fasilitas penerbitan buku dengan harga 500K

Jasa editing

Jasa edit ini berguna untuk mengedit naskah kalian. Dalam naskah, kami mengoreksi setiap kata-kata yang typo, atau mengedit kalimat yang katakanlah plot hole. Plot yang tidak masuk akal. Itu semua kami edit dengan baik dan saksama.

Apa itu plot hole?

Silakan baca artikelnya berikut ini agar kalian mendapatkan insight baru di dunia penulisan buku/novel: cara mengindari plot hole.

Jadi, 500K itu sudah termasuk jasa editing. Dan jasa ini, sudah pasti tersedia di setiap penerbit. Ada orang yang sebut saja, bertugas, fokus pada edittng naskah.

Jasa layout

Selain ngedit naskah, melayout buku juga pekerjaan yang tidak mudah. Ukuran buku, lalu melayout naskah yang kemudian di convert ke pdf dengan rapi, dan masih banyak lagi.

Penulis kadang tidak paham ukuran kertas atau ukuran naskah di Microsoft Word. Dengan adanya pelayout buku, naskah kalian beres dengan baik pokoknya.

Semua rapi. Dan itu, sekali lagi, harga terbit di penerbit blog penulis Garut, hanya mengeluarkan biaya terbit 500K saja.

Jasa pembuatan cover

Kami akan mengirimkan file satu lembar bagi penulis untuk mengirim atau mengisi gambaran cover novel yang diinginkan. Penulis bisa membuatnya sendiri, lalu kami edit-edit. Atau kalau penulis kurang pandai dalam membuat cover, kami pun akan bantu bikinkan.

Kami akan membuat opsi cover sehingga penulis bisa memilih. Dalam pengisian lembaran cover, penulis boleh menentukan warna, ada gambar-gambar lain, dan masih banyak lagi. Ingat bahwa, betapa pentingnya cover guna kelangsungan sebuah buku.

Cover yang menarik, mampu membuat buku laku atau tidak. Selain personal branding penulis sendiri, tentunya.

Jasa pendaftaran ISBN

Baru-baru ini pendaftaran ISBN terbilang sulit. Sehingga, penulis yang melakukan penerbitan secara self publish, akan kesulitan. Harus ada perusahaan penerbitannya, websitenya, dan lain-lain.

Nah, dengan bekerjasama dengan blog ini, soal daftar ISBN ke Perpusnas, akan kami urus dengan baik sehingga nomor ISBN-nya muncul secara cepat.

Bahkan, akhir-akhir ini, Perpusnas meminta tandatangan penulis yang kemudian mesti dilengkapi dengan materai 10.000. Bagi saya, aturan sekarang ini rumit, jadi penting banget penulis kerjasama dengan penerbit indie yang berkualitas.

Bantu promosi oleh penerbit

Nggak enak gimana coba, kerjasama dengan kami, akan kami bantu promosikan di sosial media. Baik itu di ig, twitter, dan juga podcast. Kami akan mewawancarai penulis yang sudah menerbitkan buku tersebut agar buku, seenggaknya mendapatkan eksposur dari calon pembeli atau pembaca.

Saya rasa, ngeluarin uang 500K itu bener-bener akan mendapatkan paket penerbitan yang kumplit banget. Bahkan, kami siap membuatkan pembatas buku bagi kalian. Kalau kalian ingin ada pembatas bukunya.

-

Jadi, itulah barangkali jawaban atas pertanyaan berapa biaya penerbitan buku.

Semoga artikel ini membantu rasa penasaran kalian terhadap biaya penerbitan buku novel atau nonfiksi.

Terima kasih.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url