5 Jenis Bisnis di Bidang Penulisan yang Cukup Menjanjikan

Jenis Bisnis di Bidang Penulisan

Jenis Bisnis di Bidang Penulisan - Untuk teman-teman yang memiliki keterampilan menulis, kini sudah saatnya menulis bukan hanya dijadikan sekadar hobi saja. Namun, jadikanlah menulis sebagai ladang untuk menghasilkan uang.

Saya pribadi sudah cukup lama menggeluti dunia menulis, dan bertahan hidup dari aktivitas menulis. Katakanlah saya adalah seorang full time writer. Semua penghasilan saya, sepenuhnya dari kegiatan menulis.

Nah, melalui artikel ini, saya akan menjelaskan jenis bisnis di bidang penulisan. Hampir semua bisnis di bidang penulisan sudah pernah saya coba, dan hasilnya alhamdulillah cukup menjanjikan.

Jenis Bisnis di Bidang Penulisan

1. Bisnis Jasa Penulisan Artikel SEO untuk Kebutuhan Website

Ini adalah jenis bisnis yang cukup menguntungkan. Para blogger yang memahami penulisan artikel SEO, rata-rata mereka membuka jasa penulis artikel untuk kepentingan website orang lain.

Saya sendiri sudah membuka bisnis ini di Media Penulis Garut, hampir tiap Minggu saya mendapatkan klien baru. Baik itu klien-nya datang sendiri maupun langsung oleh tim marketing media saya yang melakukan penawaran lewat WhatsApp.

By the way, masih banyak owner website yang jarang mengisi artikel pada website usahanya. Maka dari itu, membuka usaha di bidang penulisan artikel SEO merupakan kesempatan besar bagi teman-teman yang mempunyai keterampilan menulis.

Hanya saja, langkah utama untuk membuka usaha ini adalah harus paham dulu penulisan artikel SEO itu seperti apa. Dengan kata lain, bagi teman-teman yang belum mengerti, berarti harus belajar mulai dari sekarang.

Kebetulan, Media Penulis Garut yang saya kelola membuka kelas menulis untuk penulisan artikel SEO bagi orang-orang yang pengin menjadi content writer. Hubungi saja melalui WhatsApp 0895635986914 untuk mengikuti kelas menulis artikel SEO berbayar bersama saya selaku pemilik media ini.

2. Bisnis Jasa Ghost Writer

Ini dia jenis bisnis di bidang penulisan yang tak kalah menjanjikan juga. Bahkan jika saya bandingkan dengan bisnis penulisan artikel SEO, bisnis jasa ghost writer keuntungannya lebih banyak.

Bagaimana tidak?

Berdasar pengalaman saya selama membuka bisnis ini, saya mendapatkan cuan dari berbagai sumber. Mulai dari biaya ngobrol, biaya menulis, biaya penerbitan buku, biaya cetak, hingga biaya promosi. Berarti dari satu bisnis saja, sumber penghasilannya beragam.

Nah, teman-teman dapat menjadi ghost writer untuk kebutuhan menulis novel misalnya, atau untuk menulis pengalaman hidup orang lain. Coba baca artikel ini: jasa menulis buku pengalaman orang lain.

Saya sudah mendapatkan lebih dari 5 klien dalam satu bulan setelah membuka bisnis ghost writer.

3. Bisnis Penerbitan Buku

Berdasarkan riset yang saya lakukan, baik itu di sosmed maupun ngobrol langsung dengan beberapa orang yang membuka penerbitan, bisnis penerbitan buku termasuk jenis bisnis di bidang penulisan yang lumayan oke.

Apakah bisnis penerbitan buku harus memiliki penerbitan dan mesin cetak sendiri? Sebaiknya iya. Namun ada cara lain, yakni teman-teman dapat menjadi agensi penerbit seperti Media Penulis Garut. Sebut saja, posisi media saya sebagai reseller.

Misalnya teman-teman sudah pernah menerbitkan buku di penerbit indie, lantas di luar sana pasti ada orang yang pengin nerbitin buku juga, lalu teman-teman tinggal urus saja segalanya. Keuntungan yang didapatkan yakni dari biaya penerbitan dan juga percetakan.

Baca artikel ini untuk memahaminya: cara menerbitkan novel sendiri lewat agensi penerbitan.

4. Bisnis Kelas atau Kursus Penulisan

Berikutnya, buka kelas atau kursus penulisan.

Untuk teman-teman yang karya tulisnya sudah pernah diterima oleh aplikasi novel online atau penerbit besar, ilmu teman-teman tinggal bagikan saja melalui kursus penulisan.

Kursus dapat dibuat melalui platform Udemy, atau sederhananya buka kelas saja melalui online di Telegram atau grup WhatsApp.

Gampang, kan?

5. Bisnis Jasa Penulisan Buku Biografi

Masih sedikit penulis yang membuka jasa penulisan buku biografi. Padahal, bisnis yang satu ini tergolong jenis bisnis di bidang penulisan yang lumayan menggiurkan.

Saya pernah menulis dua buku biografi tokoh masyarakat asal Garut, dan bayarannya gede banget loh!

Kesimpulan

Jadi, ada lima jenis bisnis di bidang penulisan yang jika ditekuni hasilnya bakal cukup menjanjikan. Mulai dari buka bisnis jasa penulisan artikel SEO, hingga bisnis jasa penulisan buku biografi.

Nah, untuk teman-teman yang memiliki modal atau tertarik membuka bisnis di bidang penulisan, lalu butuh jasa konsultasi kepada saya, silakan hubungi saya melalui nomor WhatsApp 0895635986914.

Saya akan berdiskusi dengan teman-teman, menjawab pertanyaan teman-teman, dan memberikan panduan terkait jenis bisnis yang teman-teman tuju.

Sekian.

BACA JUGA: Macam-Macam Produk Digital Penulis
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url